Mengenal Indonesia

Makanan Pedas

Rekomendasi Makanan Pedas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Share this :

Secara umum masakan Indonesia didominasi oleh makanan pedas. Hal ini didasari  oleh Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan rempah-rempah, sehingga penggunaan berbagai rempah dalam masakannya memberikan cita rasa khas pedas.

 

Mayoritas masakan Indonesia menggunakan cabai sebagai salah satu bahannya. Bagi orang Indonesia, mengonsumsi masakan pedas sudah menjadi makanan sehari-hari. Masyarakat tanah air akan merasa kurang lengkap jika makan tidak ditemani sambal sebagai pelengkap lauk pauknya.

 

Selain sambal, berikut daftar makanan pedas enak khas Indonesia yang memiliki cita rasa pedas yang wajib dicoba untuk kamu pecinta pedas.

1. Mie Aceh

Makanan Pedas
Sumber Gambar: eresepku.com

Sesuai dengan namanya, mie pedas yang satu ini berasal dari Aceh. Mie Aceh adalah sajian masakan yang terdiri dari mie kuning tebal dengan irisan daging sapi dan kambing atau makanan laut seperti udang, kepiting atau cumi, serta tauge yang kemudian disiram dengan kuah kari bercita rasa pedas gurih.

 

Mie Aceh biasa disajikan dengan pelengkap berupa emping dan taburan bawang goreng. Pada dasarnya hidangan ini menggunakan berbagai rempah khas Aceh yang memberikan cita rasa pedas, ditambah dengan penggunaan cabai rawit dan cabai merah yang akan membuat kamu merem melek ketika menyantapnya.

 

Bagi kamu pecinta makanan pedas berkuah, Mie Aceh dapat disajikan dalam bentuk kuah, tetapi juga bisa disajikan dalam bentuk tumis dan goreng, kamu tinggal pilih sesuai selera.

2. Ayam Betutu

Makanan Pedas
Sumber Gambar: resepmasakan.net

Sekilas makanan yang satu ini tidak nampak seperti makanan bercita rasa pedas. Namun, jangan menilai dari tampilannya sebelum kamu coba langsung makanan yang satu ini.

 

Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang memiliki cita rasa pedas. Dari tampilannya memang tidak terlihat warna merah atau irisan dari cabai, tetapi jangan salah, sebelum Ayam Betutu dibakar ia terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu khusus yang pedas.

 

Bumbu tersebut bernama base genep. Apa itu bumbu base genep? Melansir dari kompas.com, bumbu base genep adalah bumbu khas Bali yang terdiri dari campuran bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, kunyit, lengkuas, jahe, laos, daun limau, daun salam, cabai rawit, serai, gula merah, dan minyak kelapa.

 

Selanjutnya, ayam betutu akan dilumuri bumbu base genep, kemudian dibakar hingga mengeluarkan aroma yang khas. Rupanya terdapat pula bahan yang digunakan pada ayam betutu yang cukup bikin bergidik ngeri. Bahan apakah itu?

 

Kemenyan. Ya, kamu tidak salah baca. Ternyata selain digunakan dalam kegiatan spiritual, kemenyan juga biasa digunakan sebagai salah satu bumbu penyedap ayam betutu ini. Meski terkesan mistis, tetapi faktanya kemenyan dapat dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa masakan.

3. Seblak

Makanan Pedas
Sumber Gambar: seblak-jeletot-mpok-adek-wiyung.business.site

Hanya melihat gambarnya saja, dijamin akan membuat para pecinta pedas ngiler. Makanan pedas kekinian yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, terutama bagi penikmat masakan pedas. Ya, seblak adalah jajanan khas Bandung yang memiliki rasa super pedas.

 

Bahan dasar utama seblak adalah kerupuk yang direbus hingga kenyal, kemudian disiram dengan kuah berwarna merah yang sangat pedas. Topping yang disajikan sebagai pelengkapnya pun beraneka ragam. Selain memiliki ciri khas pedas dari cabai, rupanya kencur menjadi kunci utama cita rasa khas seblak.

 

Nama ‘seblak’ pun ternyata memiliki arti khusus lho! Melansir dari kumparan, seblak berasal dari bahasa Sunda, yaitu diambil dari kata ‘nyeblak’ yang memiliki arti ‘mengagetkan’. Mengagetkan yang dimaksud adalah perasan kaget yang timbul ketika menyantap seblak yang memiliki rasa super pedas.

 

Seiring dengan berkembangnya zaman, penyajian seblak pun sangat bervariasi. Kini, seblak hadir dengan berbagai level. Kamu berani coba seblak level berapa?

4. Ayam Taliwang

Makanan Pedas
Sumber Gambar: orami.co.id

Ayam Taliwang adalah makanan khas dari Nusa Tenggara Barat berupa daging ayam yang dibakar. Biasanya penyajian ayam  taliwang ditemani dengan pelecing kangkung dan beberuk terung, yaitu lalapan terong dan kacang yang ditambah dengan sambal tomat.

 

Mengutip dari situs Kemdikbud, kemunculan pertama kali ayam taliwang adalah ketika terjadi perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali. Pasukan Taliwang membantu Kerajaan Selaparang dengan berusaha melakukan pendekatan dengan Raja Karangasem sesuai dengan tugasnya masing-masing.

 

Tim juru masak bertugas menyiapkan logistik dan memasak berbagai masakan salah satunya adalah ayam taliwang. Tak heran terdapat julukan ‘Kuliner Juru Damai’ bagi ayam taliwang ini.

5. Rendang

Makanan Pedas
Sumber Gambar: food.detik.com

Rendang adalah salah satu makanan Indonesia mendunia yang memiliki cita rasa pedas. Rendang berasal dari tanah Minang (Sumatera Barat) dan dikenal sebagai makanan yang rasa rempahnya kuat sehingga memiliki rasa gurih dan nikmat. Walaupun rasa pedasnya tidak dominan, tetapi cukup untuk membuat kamu berkeringat ketika memakannya.

 

Bahan utama rendang adalah daging sapi dan kelapa/santan, ditambah dengan berbagai rempah khas Sumatera Barat dan tak lupa cabai rawit.  Bahan-bahan tersebut membuat rendang terasa berlemak, tapi tetap nikmat.

 

Rendang adalah masakan Indonesia yang mendunia. Hal ini dibuktikan dari dinobatkannya rendang sebagai hidangan yang menduduki posisi pertama dalam world’s 50 Most Delicious Foods. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan pedas dari berbagai daerah di Indonesia. Manakah yang menjadi makanan pedas favoritmu?

Referensi

 

Kompas. (2019). Ayam Betutu Punya Bumbu Rahasia, Mau Tahu? Diakses pada 12 Oktober 2021 dari https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/06/29/084100927/ayam-betutu-punya-bumbu-rahasia-mau-tahu-

 

Travel, Viral Food. (2020). 5 Fakta Unik seblak, Jajanan Pedas yang Sudah Ada Sejak 1940-an. Diakses pada 12 Oktober 2021 dari https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/viral-food-travel/5-fakta-unik-seblak-jajanan-pedas-yang-sudah-ada-sejak-1940-an-1srHpKLp2UI

 

Kemdikbud. (2015). Sejarah dan Perkembangan Kuliner Ayam Taliwang. Diakses pada 12 Oktober 2021 dari https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbbali/sejarah-dan-perkembangan-kuliner-ayam-taliwang/

About Post Author

1 thought on “Rekomendasi Makanan Pedas dari Berbagai Daerah di Indonesia”

  1. Pingback: 10 Aneka Sambal Enak Khas Indonesia, Makan Jadi Makin Lahap!

Leave a Comment

Education Template