Mencoba Kuliner di Kota Bogor

Mencoba Kuliner di Kota Bogor

sumber foto : cimanggubogor.com

Kota Bogor atau yang dikenal dengan kota hujan merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota yang setiap tahunnya memiliki curah hujan yang sangat tinggi dibanding dengan kota lainnya. Selain itu, Kota Bogor juga memiliki tempat yang sangat indah dan nyaman yang membuat siapa saja ke kota bogor tidak ingin meninggalkannya. Selain dengan tempat yang indah dan nyaman, Kota Bogor memiliki kuliner yang begitu banyak. Jadi, disini aku bakal menjelaskan beberapa kuliner di Kota Bogor.

Macam-macam kuliner di Kota Bogor :

1. Toge Goreng

Toge goreng merupakan makanan khas Kota Bogor yang sangat banyak penggemarnya. Isi dari toge goreng sendiri bervariasi loh! Ada Toge, daging sapi, tahu, dan mie yang dicampur dengan kuah yang dibuat dari gula aren.

Toge Goreng merupakan Kuliner khas Kota Bogor
Sumber Foto : travel.kompas.com

Toge goreng yang sangat terkenal yaitu “Toge Goreng Pak Gebro”. Lokasi Toge Goreng Pak Gebro berada di daerah Jalan Pengadilan, Pasar Anyar Kota Bogor. Toge Goreng Pak Gebro sudah berdiri sejak tahun 1967. Setiap hari sabtu dan Minggu tempat sangat ramai dikunjungi pada wisatawan dari luar kota. Jadi, kalian harus banget nih coba toge goreng di Kota Bogor!. Karena toge goreng ini merupakan salah satu kuliner di kota bogor yang harus dicoba.

2. Asinan Bogor

Asinan Bogor merupakan makanan ter legendaris di Kota Bogor. Apalagi kalau bukan asinan Bogor! Yaps, makanan ini sangat populer di kalangan pecinta kuliner loh. Perpaduan rasa asam manis yang begitu sempurna dengan buah-buahan dan sayuran yang masih segar membuat makanan ini sangat dicintai oleh kalangan pecinta kuliner.

Asinan bogor merupakan salah satu Kuliner di Kota Bogor
Sumber Foto : tripzilla.id

Banyak sekali yang menjual asinan Bogor di Kota Bogor. Oleh karena itu, aku akan memberikan rekomendasi ke kalian semua toko atau tempat makanan yang menjual asinan Bogor yang sudah sangat melegenda di daerah Bogor.

a) Asinan Asli Bogor Kebun Raya Bogor

Berada di jalan Ir. Juanda nomor 90, Kota Bogor dekat dengan kebun raya Bogor. Lokasi ini sangat strategis dan mudah untuk ditemukan. Jadi buat kalian yang sedang mengunjungi kebun raya Bogor aku rekomendasikan untuk membeli asinan Bogor di lokasi ini.

b) Asinan Dewi Sri

Tempat rekomendasi lainnya yang sangat terkenal yaitu berada di Jalan Raya Padjajaran, Baranangsiang, Kota Bogor. Lokasi ini benar-benar dekat dengan pintu keluar tol Kota Bogor. Toko yang menjual asinan Bogor ini bernama “Asinan Dewi Sri”. Tetapi, sayangnya kalian tidak bisa makan di lokasi, karena toko ini menggunakan sistem take away.

3. Kue Lapis Sangkuriang Bogor

Siapa sih yang tidak tahu kue fenomenal yang sangat terkenal ini? Kue lapis Sangkuriang Bogor sudah berdiri sejak tahun 2011. Sudah seperti kewajiban bagi para wisatawan jika pulang dari Kota Bogor pasti harus membeli kue lapis ini. Rasa dari kue lapis ini sangat bervariasi. Mulai dari rasa talas, coklat keju, pandan keju, dan lainnya. Harga kue lapis dapat dibeli mulai dari harga Rp 29.000 saja. Selain itu juga, outlet dari kue lapis Sangkuriang Bogor sangat banyak. Hampir di setiap jalan pasti akan menemukan outlet kue lapis Sangkuriang Bogor. 

Kue Lapis Sangkuring merupakan Kuliner yang wajib di coba ketika sedang di kota bogor
Sumber Foto : www.tokopedia.com

Bagi kalian yang benar benar sangat memperhatikan bahan dari suatu makanan, tidak perlu takut karena bahan kue lapis Sangkuriang Bogor terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak memakai bahan pengawet, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Dikarenakan bahan-bahan kue lapis sangkuriang Bogor menggunakan bahan alami, kadaluwarsa dari kue ini hanya bertahan selama 5-7 hari saja jika meletakkan kue tersebut diluar kulkas. Jika sedang di bogor, wajib nih kalau mencoba salah satu kuliner di kota bogor yang sangat enak ini hehehe.

4. Sate Tegal Laka-laka

Nah ini rumah makan yang setiap harinya sangat ramai oleh pengunjung atau wisatawan. Sate Tegal laka-laka memiliki menu andalan yaitu sate kambing dan sop kambing. Jika aku harus  memberikan nilai untuk rasa dari sate kambing dan sop kambingnya, aku akan memberikan nilai 10/10 karena memang seenak itu!! Ini benar-benar sangat aku rekomendasikan. Yaps! Beginilah penampakannya :

Rasa sate kambing dan sop kambing yang benar-benar lezat mampu menghipnotis para pecinta sate dan sop kambing. Sate Tegal Laka-Laka di daerah Kota Bogor memiliki 2 buah cabang, yaitu berada di daerah Jl. Sholeh Iskandar No.25 dan Jl. Pandu Raya No.42 RT. 02/ RW.14. Aku jamin kalian pasti akan suka banget sama sate yang disediakan oleh Sate Tegal Laka-Laka.

Jl. Sholeh Iskandar No.25

Jl. Pandu Raya No.42

5. Macaroni Panggang

Restoran yang terletak di jl. Salak No.24 Bogor Tengah ini adalah salah satu restoran yang sangat terkenal di Bogor. Bangunan restoran yang berbentuk bangunan khas belanda berwarna putih membuat restoran ini tampak klasik. Tempat dari restoran Macaroni Panggang ini pun sangat strategis karena berada di pusat Kota Bogor.

Restoran macaroni panggang memiliki menu utama yang sangat terkenal yaitu menu makaroni panggang dengan jamur shitake dan daging asap. Makaroni panggang di restoran ini cukup unik, karena dilapisi dengan aluminium foil diluarnya. Masalah rasa tidak perlu diragukan lagi! Karena aku jamin kalian pasti suka banget makaroni panggang ini. Macaroni panggang ini merupakan kuliner di kota bogor yang sangat rekomendasi jika kalian sedang berada di kota bogor.

Selain memiliki menu makaroni panggang, restoran ini memiliki beberapa menu lainnya yang tidak kalah enak. Seperti lasagna gulung, sup makaroni, pancakes, dan lainnya. Yuk kunjungi restoran Macaroni Panggang, pasti kalian akan ketagihan untuk mengunjungi restoran ini.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi makanan yang bisa kalian coba di Kota Bogor. Mulai dari makanan asin, manis, khas bogor, hingga jajanan Bogor. Selamat mencoba! Jika kalian ada rekomendasi kuliner Bogor lainnya, boleh tulis di kolom komentar ya guys!

6. Soto Mie Mang Ohim

Rasanya kurang lengkap kalo kita lagi berada di Kota Bogor belum ngerasain Soto Mie Khas asal kota hujan ini.  Salah satu tempat makan Soto Mie Khas Bogor yang paling terkenal yaitu adalah Soto Mie Mang Ohim yang terletak di Jl. Taman Cimanggu Raya No.22, RT.02/RW.02, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat. Bangunan tempat makan Soto Mie Khas Bogor Mang Ohim ini cukuplah sederhana, seperti pada tempat makan umumnya di pinggir jalan yang ramai dilewati orang-orang.

Tempat makan Soto Mie Mang Ohim buka hampir setiap hari, dari pukul 08.00 pagi sampai dengan jam 17.00 sore WIB. Terkadang mereka libur atau tutup di hari-hari tertentu, seperti tanggal merah ataupun hari raya lainnya. Tempat makan ini selalu rame pelanggan Ketika masuk di jam makan siang dan juga Ketika hari libur seperti sabtu dan minggu, nah jadi kalo kalian gamau terjebak antrian silahkan datang di waktu-waktu yang tidak ramai dikunjungi pelanggan. Soto Mie Mang Ohim ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi ya guys. Karena soto mie mang ohim ini merupakan salah satu rekomendasi yang bisa di coba dan di nikmati dari macam-macam kuliner di kota bogor.

Soto Mie Mang Ohim merupakan tempatnya soto mie yang harus dikunjungi
Sumber foto : idntimes.com

7. Cungkring Pak Jumat

Kalian pasti jarang nih denger nama makanan ini, karena makanan ini udah jarang bisa ditemuin bahkan di tempat asalnya sekalipun yaitu di Kota Bogor itu sendiri. Cungkring merupakan kuliner yang bisa dibilang  sebagai kuliner Legendaris dari Kota Bogor. Yang paling terkenal adalah Cungkring Pak Jumat yang sudah bertahan sekitar 40 tahun lebih lamanya.

Cungkring adalah masakan olahan yang berasal dari kaki sapi yang di tambahkan dengan saus kacang. Makanan ini cocok dipadukan dengan irisan lontong, ataupun gorengan seperti tempe dan tahu. Kalian bisa menemukan Kuliner Legendaris ini di Jl. Suryakencana No.285, RT.04/RW.02, Babakan Ps., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Kuliner ini dijajakan pangulan dan di teruskan ke anak laki-lakinya yang bernama Deden atau biasa dipanggil mang Deden.

Cungkring Pak Jumat merupakan tempat yang menyediakan makanan enak di kota bogor
Sumber Foto : travel.kompas.com

8. Laksa Bogor Pak Inin

Untuk kuliner yang satu ini juga pasti jarang kalian denger sebelumnya, dan pasti juga banyak diantara kalian yang belum tau. Laksa Bogor juga merupakan kuliner legendaris yang jarang bisa kalian temui, sekalipun kalian sedang berada di kota asal makanan tersebut lahir. Warung Laksa Bogor yang terkenal legendaris dan sudah berdiri dari tahun 1965 sampai saat ini yaitu lebih dari 60 tahun adalah warung Laksa Bogor Pak Inin.

Laksa Bogor adalah masakan yang berbahan dasar ketupat, tauge, bihun, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus yang disajikan dengan kuah kuning yang berbahan dasar oncom. Buat kalian yang udah penasaran banget, kalian bisa kok dateng langsung di Jl. Palasari, Palasari, Kec. Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Warung Laksa Bogor Pak Inin buka setiap hari, kecuali di hari jum’at libur dan buka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan jam 16.00 sore WIB.

Laksa Bogor Pak Inin merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika sedang di kota bogor
Sumber foto : food.detik.com

One thought on “Mencoba Kuliner di Kota Bogor

Leave a Reply