Mengenal Indonesia

Budaya

upacara kerik gigi

7 Tradisi Unik di Indonesia yang Kelewat Ekstrim, Serem Banget!

Kalo ngebahas hal-hal unik di Indonesia emang gak ada habisnya! Hampir semua daerah di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing, terutama soal budaya dan tradisi. Bukan cuman unik, ada juga beberapa suku pernah melakukan ritual ekstrem. Kira-kira se-ekstrem apa, ya? Inilah sederet tradisi unik di Indonesia yang paling menyeramkan bikin bulu kuduk merinding! 1. Ma’ Nene, Sulawesi …

7 Tradisi Unik di Indonesia yang Kelewat Ekstrim, Serem Banget! Read More »

suku sasak

Pakaian Adat Suku Sasak, Lambang Pengabdian Terhadap Masyarakat dan Tuhan

Dalam bidang pariwisata, Lombok menjadi destinasi yang tepat jika kamu mau melakukan wisata budaya. Selain memiliki daya tarik wisata yang menarik, budaya masyarakat Lombok, yaitu suku Sasak juga menarik untuk dipelajari. Salah satu daya tariknya adalah baju adat yang unik dan penuh filosofis. Emang apa aja sih keunikannya? Baca artikel ini sampai habis kalau kamu …

Pakaian Adat Suku Sasak, Lambang Pengabdian Terhadap Masyarakat dan Tuhan Read More »

kain tenun sasak

Asal Usul Suku Sasak Lombok dan Kebudayaannya yang Unik!

Hai Sobat MI! Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang salah satu suku di Indonesia yang terkenal banget dengan kerajinan kain tenunnya, bahkan sudah sampai mendunia, lho. Yap, suku Sasak Lombok di Nusa Tenggara Barat! Selain kain tenunnya yang indah, ternyata suku Sasak sasak memiliki beragam fakta menarik lain. Tertarik untuk kenal lebih dekat …

Asal Usul Suku Sasak Lombok dan Kebudayaannya yang Unik! Read More »

mata pencaharian suku baduy

Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Luar, Bukan Cuma Pakaiannya Saja!

Sobat MI pasti udah pada tau dong kalau suku yang satu ini terkenal masih memegang teguh adat dan istiadatnya. Namun, mungkin banyak hal unik dan fakta lain yang kalian belum tau, terutama tentang perbedaan suku Baduy Dalam dan Luar. Jadi, kalau mau tau lebih banyak tentang suku Baduy, baca artikel ini sampai habis, ya! BACA …

Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Luar, Bukan Cuma Pakaiannya Saja! Read More »

suku baduy dalam

Baju Adat Suku Baduy, Sederhana Namun Penuh Makna

Indonesia adalah negara yang kental akan budaya, suku, agama dan bahasa.  Kalau ngomongin suku yang masih kental dengan adat istiadat, gak lengkap rasanya tanpa menyertakan suku Baduy. Salah satu ciri yang paling mencolok dari suku ini adalah pakaian adat nya yang terlihat sederhana, namun penuh makna. Kira-kira, apa aja ya keunikan dan filosofi yang tersembunyi …

Baju Adat Suku Baduy, Sederhana Namun Penuh Makna Read More »

warna baju adat sulawesi selatan

Mengenal Baju Bodo Sulawesi Selatan, Pakaian Adat Tertua di Dunia

Indonesia memiliki beragam pakaian adat yang unik dan menarik, salah satunya adalah Baju Bodo. Kalau dilihat-lihat, design baju nya memang simple dan sederhana, namun ternyata Baju Bodo Sulawesi Selatan memiliki sejarah panjang dan fakta menarik, lho. Pengen tau lebih banyak tentang Baju adat Sulawesi Selatan ini? Yuk, kita baca artikelnya sampe abis! Sejarah Baju Bodo …

Mengenal Baju Bodo Sulawesi Selatan, Pakaian Adat Tertua di Dunia Read More »

Rumah Honai Papua, Sangkar Burung dari Timur!

Rumah Honai Papua, Sangkar Burung dari Timur!

Indonesia kaya akan adat istiadat serta budayanya. Masyarakatnya pun akan selalu berpegang teguh pada budaya yang telah melekat sejak lahir. Pulau-pulau yang mengelilingi Indonesia, mempunyai karakteristik dan ciri khas yang menunjukkan kebudayaan asal. Seperti di provinsi paling timur Indonesia misalnya, terdapat rumah honai Papua yang memiliki bentuk paling unik. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa rumah …

Rumah Honai Papua, Sangkar Burung dari Timur! Read More »

Arsitektur Unik Rumah Adat Badak Heuay dari Bumi Pasundan

Arsitektur Unik Rumah Adat Badak Heuay dari Bumi Pasundan

Suku Sunda mempunyai keberagaman yang sangat luas, mulai dari tarian, norma dan perilaku, adat istiadat, kuliner, dsb. Selain itu juga, rumah adat suku Sunda juga mempunyai berbagai macam bentuk dan rupa. Ada yang terinspirasi dari perahu yang terbalik seperti cerita Tangkuban Perahu, kemudian ada yang menyerupai hewan anjing saat duduk, dan ada juga yang atapnya …

Arsitektur Unik Rumah Adat Badak Heuay dari Bumi Pasundan Read More »

Mengenal Rumah Joglo Jawa, Bangunan Khas dari Pulau Jawa

Jawa mempunyai beberapa nilai penting mengenai etika dan estetika. Nilai penting tersebut terwujud dalam berbagai kearifan lokal budaya yang sudah mendarah daging bagi masyarakat Jawa. Salah satu nilai etika dan estetika adalah rumah joglo jawa yang memiliki beragam makna serta nilai adat istiadat yang sangat kental. Rumah joglo Jawa dapat merepresentasikan mengenai sikap dan pembawaan …

Mengenal Rumah Joglo Jawa, Bangunan Khas dari Pulau Jawa Read More »

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto

Indonesia memiliki begitu banyak kota-kota yang indah, sehingga menarik wisatawan untuk mengunjungi. Misalnya ada Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bandung yang sama-sama menjadi destinasi pilihan wisatawan untuk menikmati suasana yang hangat. Selain kedua kota tersebut, ada juga Kota Semarang yang didalamnya juga memiliki tempat wisata yang tak kalah asik. Kalau sobat MI datang ke Semarang pastinya …

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto Read More »

Education Template