Mengenal Indonesia

Menggali awalan penamaan pempek di Indonesia

Share this :

Sumber Foto : tribunnews.com

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas favorit oleh kebanyakan masyarakat yang berasal dari kota Palembang. Pempek yang terbuat dari adonan berbahan dasar ikan dan tepung ini memiliki banyak variasi seperti kapal selam, lenjer, adaan dan kulit yang sering disajikan dengan kuah cuko. Pada zaman dahulu bahan utama untuk pembuatan pempek menggunakan ikan belida, namun seiring hari berganti ikan ini menjadi langka dan masyarakat mengganti ikan tersebut dengan ikan tenggiri.

Pempek yang sudah ada pada zaman kerajaan sultan Mahmud Badaruddin II, makanan ini lebih disebut dengan kelesan yang merupakan makanan adat dari rumah Limas yang memiliki arti yaitu keles/tahan disimpan lama. Kemudian pada tahun 1916, kelesan tersebut baru dijual secara meluas oleh orang-orang Tionghoa yang sejak jaman dahulu mereka terkenal dengan bakat berdagang. Mereka berjualan dari kampung ke kampung dengan berjalan kaki yang sering berjualan di kawasan keraton atau pada jaman sekarang berada di lokasi Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang. 

Nama pempek ini berasal dari sebutan untuk penjual yang laki-laki sudah berumur tua di tionghoa yaitu Apek atau pekpek. Setiap orang yang ingin membeli pempek memanggil penjual dengan “pek, empek”, hasilnya karena sering seperti itu kebanyakan orang mengenal nama tersebut dengan pempek tidak lagi menyebutkan kelesan.

Rekomendasi tempat makan pempek di Palembang :

Pempek Pak Raden

Pempek Candy

Pempek Tince

Pempek Saga Sudi Mampir

Pempek Nony

Pempek Sulthan Pindang Agan

Untuk pecinta pempek sekarang sudah mengetahui kan asal mula penamaan pempek, semisal dari kalian ada informasi mengenai tempat makan pempek enak yang tidak tercantum diatas atau ada kurangnya informasi. Dipersilahkan untuk sobat MI memberikan tanggapannya.

Sumber Informasi :


https://kumparan.com/

https://faktualnews.co/

https://www.idntimes.com/

https://travel.kompas.com/

https://palembang.tribunnews.com/

“Sejarah dan Kebudayaan Palembang : Rumah Adat Limas” 

Oleh M. Akrib, RHM.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template