Kuliner Khas Bandung yang Harus Dicoba

Kuliner Khas Bandung yang Harus Dicoba

Sumber Foto : www.alinea.id

Halo Sobat Foodies, sudah tidak asing lagi jika kita menyebutkan kota Kembang. Yaps!! Julukan kota Kembang ini pasti orang-orang sudah mengetahui maksudnya yaitu kota Bandung. Tentunya yang ada di benak kita juga kota Bandung merupakan salah satu surganya kuliner di Indonesia. Banyak jajanan-jajanan atau makanan khas kota Bandung ini wajib dicoba oleh wisatawan domestik maupun turis asing. Nah, kira-kira apa saja ya aneka kuliner khas bandung yang wajib dicoba ketika liburan ke sini?

Berikut ini daftar kuliner khas Bandung yang wajib dicoba, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Batagor

Baso Tahu Goreng alias Batagor adalah jajanan yang wajib di coba saat berkunjung ke Bandung. Makanan ini terbuat dari Tahu dan Baso yang biasanya dicampur dengan ikan tenggiri atau sari daging sapi untuk baksonya. Biasanya batagor disajikan dengan saus bumbu kacang, sambal, kecap manis dan perasan jeruk sebagai pelengkapnya. Selain itu batagor juga bisa dijadikan oleh-oleh juga loh!

Berikut beberapa tempat batagor yang terkenal kelezatannya:

Batagor Riri, Batagor Abuy dan penjual batagor di sepanjang lapangan Gasibu Bandung.

 

2. Seblak

Makanan khas Bandung ini memang tidak ada duanya. Yups…Seblak! Makanan yang memiliki cita rasa gurih dan pedas yang bisa dipilih tingkat kepedasannya membuat kita tegiur untuk mencicipinya. Apalagi para pecinta makanan pedas wajib mencoba makanan ini!! Saking populernya Seblak sudah menjamur di beberapa kota lainnya, tentunya Seblak yang paling enak jelas masih di Bandung ya.. 

Seblak dengan berbahan dasar kerupuk mentah disajikan dengan kuah yang pedas dengan kandungan kencur, cabai, bawang dan garam. Seblak juga dibuat dengan berbagai campuran bahan seperti mie kuning, telur dan sayur. Biasanya juga ditambah dengan beberapa topping lainnya yaitu ceker ayam, sosis, bakso dan lain sebagainya. Jenis Seblak yang ditawarkan ada dua jenis yaitu basah dan kering.

Ingin tahu seblak-seblak mana saja yang terenak di Bandung?

Berikut beberapa tempat makanan yang bisa dikunjungi untuk mencicipi Seblak di Bandung: 

Seblak Oces

Seblak Basah Deu Tjeunghar

Seblak Jebred

Seblak Abdul

Seblak Sultan

3. Tahu Susu

kuliner khas bandung murah
Sumber: pergikuliner.com

Tahu susu khas kota Kembang Bandung ini berbeda dengan tahu lainnya. Memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut. Hal yang membuat ciri khas tahu dari Bandung ini adalah bahan yang dicampurkan dalam pembuatan tahu. Tahu susu terbuat dari campuran susu sapi murni, kacang kedelai, mentega, garam, biang tahu, air, bawang putih dan kunyit. Jenis tahu susu yang ditawarkan ada dua jenis yaitu tahu kuning dan tahu putih. Secara umum, rasanya sama saja.

 

Di Bandung, tahu susu ini terkenal berada dikawasan Lembang, Jayagiri. Disini kita tidak hanya menikmati sajian olahan tahunya saja, tatapi kita juga bisa melihat proses pembuatan tahu susu juga. Tahu susu Bandung ini bisa juga dijadiin oleh-oleh loh!

4. Surabi

kuliner khas bandung malam hari
Sumber: @setiawa5

Makanan tradisional ini merupakan salah satu jajanan yang dicari oleh wisatawan apabila sedang berlibur ke kota Bandung. Dulu jajanan ini hanya memiliki 2 varian rasa yaitu manis dengan gula aren dan asin dengan bumbu oncom yang pedas diatasnya. Sekarang surabi sudah mulai mengikuti perkembangan zaman yang memiliki banyak varian rasa dengan coklat susu, keju, telur, daging ayam, green tea dll.

5. Siomay

Pasti di daerah kalian jajanan ini juga sudah ada yang penjualnya sering berjualan disekitar sekolah atau kampus. Akan tetapi di setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda-beda, untuk jajanan yang satu ini memang paling terkenal dengan kota Bandung.  Siomay yang terbuat dari bahan adonan ayam dan ikan yang dicampur dengan tepung tapioka ini, sering di tambahkan dengan telur, pare, kentang dan tahu sebagai bahan pelengkapnya yang menghasilkan rasa yang nikmat. 

6. Basreng

kuliner murah di bandung
Sumber: buatkitchensetbandung.blogspot.com

Bakso goreng atau masyarakat biasa menyebutnya dengan basreng, jajanan ini merupakan olahan dari bakso ikan yang  berbentuk gepeng dan ada juga yang segi empat ini diiris tipis-tipis kemudian digoreng. Jajanan kering ini biasa sajikan dengan pedas yang kebanyakan sekarang sudah dikemasan, sehingga bisa dibeli melewati online tidak hanya di sekitar jalanan.

7. Bandrek

kuliner malam bandung
Sumber: id.tastemade.com

Selain makanan yang enak, dikota Bandung juga terkenal minumannya yang dapat menghatkan tubuh di cuaca yang dingin. Salah satunya adalah Bandrek. Minuman khas sunda ini terbuat dari gula merah, jahe dan rempah-rempah. 

8. Bajigur

kuliner khas bandung yang terkenal
Sumber: travel.kompas.com

Yups! Bajigur juga bisa menjadi minuman yang dapat menghatkan tubuh juga. Selain itu, Bajigur biasanya dihidangkan dengan ubi rebus, pisang rebus dan kacang rebus. Wedang khas Bandung ini juga bisa dinikmati ditengah cuaca dingin kota Bandung saat malam hari sambil menemani kalian bercengkrama dengan kerabat ataupun keluarga kalian. 

One thought on “Kuliner Khas Bandung yang Harus Dicoba

Leave a Reply