Mengenal Indonesia

Kampus Merdeka

Apa Aja Sih Program di Kampus Merdeka?

Share this :

Kampus merdeka adalah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan bakatnya dengan cara terjun langsung ke dalam dunia kerja. Program ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar dan sebagai bentuk persiapan karier masa depan. 

 

Apa aja sih faktor yang membuat mahasiswa harus mengikuti program ini? Faktor pertama tentunya sesuai dengan tujuan program yaitu sebagai usaha mempersiapkan karier di masa depan. Mahasiswa yang mengikuti program ini dapat merasakan secara langsung praktik di lapangan yang hasil kegiatannya dapat dikonversikan menjadi sks. 

 

Melalui program-program yang disediakan, mahasiswa mendapat kesempatan mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama satu semester. Jadi, secara tidak langsung mahasiswa telah memperluas jaringan mereka di luar kampus asal. Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan menimba ilmu secara langsung dari mitra yang berkualitas.

 

Lantas, apa aja sih program-program yang ada di Kampus Merdeka?

1. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kampus Merdeka
Sumber Gambar: Scholarsofficial.com

Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah program bagi mahasiswa berupa kesempatan untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus perguruan tinggi manapun yang ada di Indonesia.

 

Melalui Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan mereka, dan memiliki rasa toleransi dan kebhinekaan. Hal ini mengingat program yang dilaksanakan berupa pertukaran mahasiswa antarkampus, antarwilayah, bahkan antarkepulauan.

2. Magang/Praktik Kerja

Sumber Gambar: edukasi.kompas.com

Merupakan program magang bersertifikat berupa pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan terjun langsung di tempat mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills sebagai bekal nanti saat memasuki dunia kerja.

 

Apakah selama magang mahasiswa akan mendapatkan gaji? Tenang saja, di program ini mahasiswa akan mendapatkan uang saku dari kementerian atau mitra. 

3. Studi/Proyek Independen

Studi independen merupakan program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan, tetapi tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menguasai kompetensi yang spesifik dan praktis yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri.

 

Kegiatan studi independen ini berlangsung selama 1 hingga 2 semester. Kegiatan merdeka belajar selama 1 semester akan disetarakan dengan 20 sks. Dari 20 sks yang didapat, nantinya akan dinyatakan dalam bentuk kompetensi teknis (hard skills) ataupun kompetensi non-teknis (soft skills), menyesuaikan dengan aturan capaian pembelajaran.

4. Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik

KAmpus Merdeka
Sumber Gambar: tribunmakassar.com

Merupakan program bagi mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, dengan cara berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah, serta mengembangkan potensi yang telah ada di desa atau daerah tersebut.

 

Dengan kata lain, program ini tak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga desa atau tempat pelaksanaan kegiatan. Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan, dan desa yang terpilih pun akan mendapatkan bantuan tenaga terdidik dalam perencanaan pembangunan desa

5. Kegiatan Wirausaha

Kegiatan kewirausahaan di kampus Merdeka adalah kegiatan belajar di luar perguruan tinggi berupa aktivitas berwirausaha mandiri. Bagi mahasiswa yang telah memiliki usaha dapat mengikuti program ini dengan capaian akhir pengembangan usahanya.

 

Aktivitas usaha mandiri ini dapat dikonversi ke mata kuliah yang memiliki kompetensi sama dengan aktivitas kewirausahaan yang sedang dijalani mahasiswa tersebut.

6. Kampus Mengajar

Kampus mengajar adalah program bagi mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah di tingkat SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran karena terdampak pandemi.

 

Melalui program ini, kepemimpinan dan kreativitas mahasiswa akan dilatih melalui inovasi yang diciptakan langsung di lapangan ketika mengajar. Bagi yang berpartisipasi dalam program ini, memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan biaya hidup dan UKT dengan catatan tidak sedang menerima bantuan dari pemerintah lainnya.

7. Penelitian/Riset

Bagi mahasiswa yang berminat menjadi seorang peneliti wajib mengikuti program yang satu ini. Rupanya, merdeka belajar dapat juga diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di lembaga riset/pusat studi.

 

Lembaga riset terkadang kekurangan asisten peneliti saat mengerjakan suatu proyek riset, mahasiswa dapat berpartisipasi menjadi asisten peneliti dengan jangka waktu yang bervariasi. Jangka waktu terpendek adalah 1 semester, ada juga jangka waktu yang panjang hingga 1 tahun.

8. Proyek Kemanusiaan

Kampus Merdeka
Sumber Gambar: surya.co.id

Proyek kemanusiaan merupakan program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam melaksanakan dan mengembangkan kegiatan kemanusiaan secara mandiri yang dibuktikan melalui penjelasan pada proposal kegiatan kemanusiaan. 

 

Proyek kemanusiaan ini dapat berbentuk kegiatan sosial untuk sebuah yayasan ataupun organisasi kemanusiaan lainnya yang telah disetujui oleh perguruan tinggi baik yang ada di dalam maupun di luar negeri.

 

Itu dia program-program yang ada di Kampus Merdeka. Bagi kalian mahasiswa yang berminat atau ingin tahu lebih mengenai program ini, dapat langsung mengunjungi website resminya untuk mengetahui Program Kampus Merdeka 2021. 

Referensi

Admin Sevima. 2021. Kegiatan Kampus Merdeka. Diakses pada 19 November 2021 dari sevima.com 

kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Kampus Merdeka Indonesia. 2021. Panduan Operasional Baku (POB) Pertukaran Mahasiswa Merdeka. 

Share this :

Leave a Comment