Mengenal Indonesia

Membuat Rawon Daging Sapi yang Masih Saudara dengan Gabus Pucung

Membuat Rawon Daging Sapi yang Masih Saudara Dengan Gabus Pucung

Share this :

Mengenal Jawa Timur pasti tak pernah lepas dari berbagai variasi adat dan budaya yang melimpah. Misalnya dari sisi seni tari ada Reog Ponorogo yang hampir diklaim oleh negara tetangga. Kemudian ada pula wisata alam yang menegangkan di ujung pulau Jawa Timur, yaitu Alas Purwo yang terletak di Banyuwangi. Tetapi, untuk variasi kulinernya tak mau kalah juga, ada Rujak Cingur dan Pecel Madiun yang menjadi primadona. Tetapi, tahukah sobat MI bahwa ada satu lagi kuliner yang lezat dari Jawa Timur? Yap, rawon daging sapi namanya!

Sesuai dengan judul artikel ini, bisa dibilang rawon daging sapi masih saudaraan dengan gabus pucung. Lho, saudaraan dari mananya? kan gabus pucung bahan dasarnya dari ikan gabus, sementara rawon dari daging sapi? Ya, itu bahan dasarnya yang berbeda. Tetapi, sobat MI harus tau kalau keduanya memiliki bumbu atau bahan dapur yang mirip. Ada yang bisa nebak apa? kalau gak tau, bumbu yang digunakan sama-sama dari kluwek. Nantinya akan membuat kuah hitam dan kental yang membuat nafsu makan meningkat.

Bukan Indonesia namanya kalau masing-masing daerah gak punya kuliner yang khas dan menggoyang lidah. Teruntuk para wisatawan lokal, kalian harus mencicipi rawon daging sapi. Jawa Timur terlalu sempit bila hanya mengenal Rujak Cingur, Pecel Madiun, dan Bakso Malang. Rawon daging sapi memiliki kelezatan yang tak kalah nampol dibandingkan kuliner lainnya. Perpaduan antara daging sapi yang telah dibumbui, kemudian disiram kuah hitam pekat dari campuran kluwek dan rempah-rempah lainnya. Agar sobat MI mengenal lebih dalam mengenai rawon, simak artikel ini sampai habis ya!

BACA JUGA: Menyantap Kerak Telor yang Legend dari Jakarta!

Rawon Sudah ada Sejak 1000 Tahun Lalu

Berdasarkan sejarah yang telah ditemukan, rawon daging sapi sudah ada dan telah dikonsumsi sejak 1000 tahun lalu. Hal ini dapat dibuktikan secara historis, karena telah tercantum dalam prasasti Taji (901 M). Prasasti ini menjelaskan tentang rarawwon (sayur rawon) yang terdapat didaerah Ponorogo Jawa Timur. Hal ini juga membuktikan bahwa rawon menjadi sajian yang lezat bagi keluarga kerajaan setempat.

Selain itu, terdapat anggapan pula bahwa rawon dahulunya adalah sajian makanan rakyat jelata, yang kemudian dinikmati oleh keluarga kerajaan. Bukti lainnya yang membuat rawon menjadi santapan keluarga kerajaan adalah dari catatan Serat Wulangan Olah-olah Warna-warni. Catatan ini merupakan sebuah koleksi resep Istana Mangkunegaran Surakarta yang dicetak pada tahun 1926.

BACA JUGA: Pecak Gurame, Kudapan Asli Betawi yang Nikmat!

Membuat Rawon Daging Sapi yang Masih Saudara Dengan Gabus Pucung
Sumber foto: Fimela.com

Cara Membuat Rawon yang Nikmat

Rawon daging sapi sama seperti gabus pucung, karena identik dengan kuah hitam pekat. Nah, kuah hitam ini berasal dari kluwek yang memiliki aroma khas dan sedap. Kluwek menjadi rempah-rempah dasar yang biasa dipakai oleh masyarakat. Dalam proses yang dilakukan, kluwek harus diolah dengan benar. Jika tidak, maka akan ada zat-zat bahaya yang akan mengkontaminasi rawon dan menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh setelah dikonsumsi.

Agar makan khas ini tambah lezat saat disantap, rawon daging sapi harus disajikan bersama nasi putih hangat. Kemudian wajib ditambahkan dengan tauge pendek atau kecambah dan bawang goreng. Terdapat bahan tambahan yang dapat menjadi opsi agar lebih lezat lagi yaitu disajikan bersama telur asin dan disantap bersama kerupuk udang. Dijamin kamu akan ketagihan makannya apalagi saat makan siang hari.

BACA JUGA: Coto Makassar, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Terkenal dan Legendaris

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Bumbu Rawon

Berikut ini bahan yang harus dipersiapkan dalam membuat bumbu rawon halus:

1 kg g daging sandung lamur sapi

3 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk

2 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan

4 cm lengkuas, memarkan

5 sdm minyak sayur

Bumbu rawon halus:

12 butir bawang merah

8 siung bawang putih

3 buah cabai merah

5 butir kemiri

8 buah keluak, ambil isinya

2 cm kunyit

1 sdt ketumbar

1 sdt merica butiran

1 sdt terasi

2 sdt asam Jawa

2 sdt garam

Pelengkap:

Telur asin

Tauge pendek

Sambal terasi

BACA JUGA: 14 Makanan Khas Makassar, Nikmatnya Cita Rasa Kuliner Sulawesi Selatan!

Membuat Rawon Daging Sapi yang Masih Saudara Dengan Gabus Pucung
Sumber foto: Kreasimasakan.com

Cara Membuat Nasi Rawon

Berikut ini adalah tata cara membuat nasi rawon yang dilansir dari Detik.com:

  1. Langkah pertama adalah potong-potong daging ukuran sedang.
  2. Kemudian panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi.
  3. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk hingga layu.
  4. Masukkan potongan daging, aduk hingga berubah warna agak pucat.
  5. Angkat, masukkan kedalam panci lalu tuangkan air secukupnya.
  6. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah susut.

Angkat dan sajikan hangat dengan pelengkapnya.

BACA JUGA: Menyantap Kerak Telor yang Legend dari Jakarta!

Tips Membuat Nasi Rawon 

Daging sapi bagian sandung lamur yang berlemak, paling cocok untuk diolah jadi rawon. Bisa juga memakai daging iga sapi. Potong-potong daging untuk ukuran sekali suap.

Pilih kluwek yang tua dan benar-benar masak dan warnanya hitam kecoklatan. Jika kluwek masih cokelat muda berarti masih muda. Rasanya pahit.

Cicip semua kluwek yang sudah dikeruk untuk memastikan tak ada yang pahit. Sebelum diulek bersama bumbu lainnya.

Perlu sobat MI ketahui juga, nasi rawon masuk nominasi makanan terenak di dunia, khususnya adalah sup atau makanan berkuah yang dinobatkan oleh Taste Atlas, yaitu situs yang membahas kuliner dunia. Rawon daging sapi menjadi peringkat pertama sup terenak di Asia dan berhasil mengalahkan sup dari negara tetangga, seperti Bulalo dari Philipina yang ada di posisi kedua. Ada juga gulai cincang dari Sumatera Barat yang ada di peringkat ketiga sup terenak.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Pedas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di akun social media mengenal indonesia dan website mengenalindonesia.com.

 

About Post Author

Leave a Comment

Education Template