Mengenal Indonesia

Sejarah Pos Indonesia

Share this :

Tahukah kamu, bahwa BUMN tertua di Indonesia adalah PT. Pos Indonesia? Jauh sebelum maraknya perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia, Pos Indonesia telah hadir sejak zaman Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Tepatnya pada tahun 1746, yaitu pada zaman kolonial Belanda, Pos Indonesia lahir dan menjadi bagian dari sejarah negara Indonesia. 

 

Kantor pos Indonesia pertama kali didirikan pada 26 Agustus 1746 di Batavia (Jakarta) oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron van Imhoff. Secara umum, tujuan didirikannya kantor pos adalah untuk menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi orang-orang yang berdagang dari kantor luar Jawa dan juga bagi mereka yang datang dan pergi ke Belanda.

 

Namun, melansir dari The Archives of The Dutch East India Company (VOC) and The Local Institutions in Batavia, pendirian kantor pos dilakukan sebagai jalan keluar untuk memperlancar pelayaran bebas dan kegiatan dagang Hindia Belanda. Pada saat itu, terjadi wabah malaria (1733) dan tragedi pembunuhan besar-besaran terhadap orang-orang Cina (1740) yang merugikan para pedagang.

 

Sejak saat itulah pelayanan pos lahir dan mengemban peran dalam sektor pelayanan publik. Setelah Belanda angkat kaki dari Indonesia, kantor pos Indonesia masih tetap menjadi bagian dari Indonesia dan terus berkembang hingga kini.

 

Selama lebih dari dua setengah abad berdiri, PT. Pos Indonesia beberapa kali mengalami perubahan status. Berikut rangkuman perjalanan karir yang meliputi perubahan status kantor Pos Indonesia yang bersumber dari posindonesia.co.id

 

Baca juga: Berkenalan Lebih Jauh dengan BMKG Sang Peramal Cuaca Yuk!

 

Posten Telegrafdienst (1875)

Pos Indonesia
Sumber Gambar: Solopos.com

Pada tahun 1875, kantor pos berstatus jawatan, yaitu Post Telegraph dan Telephone (PTT) yang merupakan hasil penyatuan dinas pos dengan dinas telegrap. Oleh karena itu, kantor pos bernama “Posten Telegraafdienst”.

Union Postale Universelle (1877)

Sejak pemerintahan kolonial dinas pos Belanda telah melakukan pengiriman surat dan barang secara internasional, statusnya pun menjadi anggota Union Postale Universelle (UPU).

Hari Bakti Postel (1945)

Setelah Belanda pergi dari Indonesia, Jepang datang dan melakukan penjajahan. PTT pun dikuasai oleh pemerintah Jepang, dan pada 27 September 1945 angkatan muda PTT mengambil alih kekuasaan PTT. Kemudian, PTT pun berubah menjadi Jawatan PTT Republik Indonesia. Peristiwa tersebut kemudian diperingati sebagai hari bakti POSTEL.

PN Pos dan Giro (1965)

Tahun 1965, atas dasar terjadinya perkembangan pesat yang dialami sektor pos dan telekomunikasi, maka statusnya pun berganti menjadi Perusahaan Negara dan Giro (PN Pos dan Giro).

Perusahaan Umum Pos dan Giro 1978

Tahun 1978, statusnya berubah lagi menjadi Perusahaan Umum Pos dan Giro (Perum Pos dan Giro). Perubahan status ini sekaligus menjadi bentuk penegasan bahwa pos sebagai badan usaha tunggal guna menyelenggarakan dinas pos dan giro pos, baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri.

PT Pos Indonesia/Persero (1995)

Perubahan status terakhir yang dialami pos adalah menjadi perseroan terbatas. Pada tanggal 20 Juni 1995 pos resmi berubah namanya menjadi PT. Pos Indonesia (Persero)

PT Pos Indonesia Sekarang

Pos Indonesia
Sumber Gambar: cnnindonesia.com

Kini, pos Indonesia masih setia hadir sebagai perusahaan pelayanan jasa. Sebagai pelopor, keunggulan lain yang dimiliki adalah memiliki infrastruktur jejaring yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota atau kabupaten, hampir 100 persen kecamatan, 42 persen kelurahan atau desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

 

Tak ada yang dapat menyaingi jangkauan pos Indonesia. Daerah terpencil sekalipun dapat dijangkau. Digitalisasi pos pun telah dilakukan sebagai jawaban dari perkembangan zaman yang serba digital. Sudah ada 3.800 kantor pos online yang dilengkapi electronic mobile pos di beberapa kota besar di Indonesia.

Pos Indonesia
Sumber Gambar: jabejabe.co

Kamu tak hanya dapat mengirim surat atau barang saja, karena banyak sekali layanan yang disediakan oleh PT POS. Di antaranya transfer antarbank, membayar angsuran motor/mobil, membayar pajak/PBB, PDAM, TV kabel, pembayaran online shop dan masih banyak lagi.

 

Salah satu bentuk produk digital PT Pos adalah PGM Mobile. Merupakan platform digital berbasis rekening yang diberikan kepada pelanggan untuk mengakses layanan giro pos dan layanan transaksi keuangan lainnya secara mandiri melalui smartphone. Aplikasi ini sangat bermanfaat dan praktis, pengguna pun akan merasa dipermudah dengan adanya aplikasi ini. 

 

Sistem kode pos yang diciptakan pun mempermudah proses pengiriman pos. Tiap jengkal daerah di Indonesia pun mampu diidentifikasi secara akurat. Seluruh titik layaknya rantai yang terhubung satu sama lain secara solid dan terintegrasi. 

Museum Kantor Pos Indonesia

Pos Indonesia
Sumber Gambar: tourbandung.id

Jika kamu masih penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai sejarah pos, kamu dapat berkunjung ke museum Pos yang ada di Kantor Pos Bandung. Tepatnya di Jl. Cilaki No. 73, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

Di sana kamu dapat melihat benda-benda pos, seperti timbangan surat, sepeda pos,  hingga perkembangan pakaian dinas pos mulai dari zaman kolonial hingga sekarang. Selain itu, kamu juga dapat melihat ribuan perangko dari berbagai  penjuru dunia. 

 

Nah itu dia sejarah pos di Indonesia. Rupanya, pos adalah salah satu bagian sejarah Indonesia yang masih hadir sampai saat ini dan terus berkembang

Referensi

 

Adam. (2020). Apa Saja Keunggulan Aplikasi POSGIRO Mobile di Indonesia. Diakses pada 5 November 2021 dari https://www.itworks.id/26055/apa-saja-keunggulan-aplikasi-posgiro-mobile-di-indonesia.html

 

Pituluk Media. (2020). Jenis-Jenis Layanan Kurir PT Pos Indonesia. Diakses pada 5 November 2021 dari https://posindonesia.alber.id/2020/01/jenis-jenis-layanan-kurir-pt-pos.html?m=1

 

Pos Indonesia. Sejarah Pos. Diakses pada 5 November 2021 dari posindonesia.co.id 

 

About Post Author

Leave a Comment

Education Template