Mengenal Indonesia

Pecak Gurame, Kudapan Asli Betawi yang Nikmat!

Pecak Gurame, Kudapan Asli Betawi yang Nikmat!

Share this :

Panas terik siang hari, paling nikmat makan yang berat-berat. Apalagi setelah beraktivitas yang cukup lelah untuk mengisi tenaga. Pecak gurame dari Betawi atau Jakarta sangat cocok untuk menemani siang hari. Dibalut dengan nasi putih hangat dan minum bersama es teh manis. Kuliner ini sangat terkenal, sama seperti Bir Pletok dan juga Gabus Pucung. Ketiganya tetap menjadi andalan kuliner Betawi. 

Tentunya, masing-masing kuliner memiliki keunikan dan ciri khas dalam bumbu, proses pengolahan, dan cara penyajiannya. Pecak gurame ini mirip dengan pecel lele Jawa Timur yaitu ikan goreng yang akan dilumuri bumbu kacang. Nah, bumbu kacang pada pecak gurame dicampur terlebih dahulu dengan santan kemudian dimasak hingga matang supaya lebih gurih dan sedap.

Untuk memperkuat citra rasa pecak gurame, santapan ini harus ditambahkan cabai merah agar memiliki rasa pedas yang nampol. Tak lupa, bumbu kunyit dan jahe agar ikan yang dihidangkan memiliki rasa yang tidak amis dan tidak mengandung bau yang menyengat. Biar ga lama-lama lagi, langsung baca aja nih penjelasannya di bawah!

BACA JUGA: 14 Makanan Khas Makassar, Nikmatnya Cita Rasa Kuliner Sulawesi Selatan!

Berikut ini adalah Penjelasan Lengkap Pecak Gurame!

Ikan Gurame yang Diguyur Bumbu Pecak

Pecak Gurame, Kudapan Asli Betawi yang Nikmat!
Sumber foto: tiktak.id

Sesuai namanya, ikan gurame goreng atau bakar yang telah dibumbui dengan beberapa rempah-rempah, wajib disiram dengan bumbu pecak. Sama seperti gabus pucung yang disiram kuah pucung atau hasil olahan dari kluwek yang telah direbus bersama bumbu untuk disiram di atas ikan gabus yang telah digoreng atau oven. Bumbu pecak ikan bisa berupa sambal ataupun kuah.

Pada dasarnya, bumbu pecak ikan mirip dengan sambal merah biasa. Untuk memperkuat atau membedakan rasanya akan ditambahkan dengan gula merah dan santan. Tentunya, rasa yang dihasilkan semakin gurih dan sedikit ada rasa manis. Bumbu pecak sangat cocok disajikan bersama olahan ayam, ikan, dan aneka lauk pauk lainnya. Sambal pecak ini biasa digunakan oleh masyarakat Sunda dan Betawi.

BACA JUGA: Unik dan Lezat, Berikut 6 Makanan Khas Banyuwangi yang Selalu Bikin Ketagihan!

Bahan-Bahan membuat Pecak Gurame

Pecak Gurame, Kudapan Asli Betawi yang Nikmat!
Sumber foto: endeus.tv

Dibutuhkan beberapa bahan-bahan dasar yang mudah ditemukan, baik di pasar, ataupun minimarket. Berikut ini adalah bahan yang digunakan.

  1. Siapkan 10 buah cabai merah besar, lalu dibakar;
  2. Siapkan 5 buah cabai merah keriting, lalu dibakar;
  3. Siapkan 3 siung bawang putih yang telah bersih;
  4. Siapkan 8 butir kemiri, kemudian disangrai;
  5. Ambil 300 ml santan dari 1 butir kelapa (bisa tanpa santan untuk sambal pecak bening);
  6. Ambil 1 sdt garam;
  7. Ambil 1 sdm gula merah yang sudah disisir.
  8. Siapkan 1 ekor ikan gurame besar dan potong menjadi 4 bagian.
  9. Siapkan 1 buah jeruk nipis.

BACA JUGA: Coto Makassar, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Terkenal dan Legendaris

Cara Mengolah Sambal Pecak Gurame

Pecak Gurame, Kudapan Asli Betawi yang Nikmat!
Sumber foto: rasamasa.com

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dijalankan untuk menyiapkan sambal pecak gurame yang mantap.

Pertama, haluskan cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang putih, kencur, dan kemiri bersama minyak goreng.

Kedua, masak bumbu yang sudah dihaluskan, seperti santan bersama garam, dan gula merah di atas api kecil.

Ketiga, siapkan ikan gurame yang telah dibersihkan. Kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Lanjut dengan goreng hingga matang dan tiriskan.

Kemudian, tunggu bumbu-bumbu yang telah dimasukkan di atas api sampai mengandung minyak. Jika sudah berminyak, tandanya bumbu pecak sudah siap disiram di atas ikan gurame goreng.

BACA JUGA: Berkunjung ke Sumatera Barat? Berikut 5 Rekomendasi Makanan Khas Padang yang Wajib Kamu Coba!

Begitulah proses pengolahan pecak gurame. Terbilang sangat simple dan mudah untuk diolah. Ikan gurame yang hidup dan berkembang biak di air tawar, menjadi bukti bahwa daerah Betawi dulunya sebagian rawa-rawa. Kemudian memanfaatkan habitat alami untuk diolah menjadi makanan yang lezat. 

Gimana sobat MI? tertarik untuk membuat pecak gurame? Oh iya, jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di akun social media mengenal indonesia dan website mengenalindonesia.com.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template