Mengenal Indonesia

Faye Simanjuntak

Faye Simanjuntak, Anak Muda Inspiratif yang Masuk Forbes!

Share this :

Indonesia tak pernah kehabisan anak muda inspiratif yang membanggakan karena ide serta inovasi yang dilakukan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Apalagi dengan adanya surplus demografi pada 2045, mengharuskan generasi zilenial bersaing dan berkompetisi untuk bersama-sama memajukan Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan anak muda inspiratif yang mampu mendorong bangsa ini.

Anak muda inspiratif tak bisa diukur dari satu bidang saja, misalnya menjadi figur yang terkenal agar bisa meng-influence sekitar. Tetapi, remaja berbakat dengan beragam ide karena isu terkini berdasarkan keresahan, sehingga membentuk sebuah organisasi atau komunitas. Hal ini dilakukan oleh Faye Simanjuntak, cucu Menteri Luhut Binsar Pandjaitan yang mendirikan “Rumah Faye”.

Apa yang telah dilakukan oleh Faye Simanjuntak membuat kita sadar bahwa privilege itu harus digunakan sebagaimana mestinya. Ia lahir dari latar belakang keluarga yang benar-benar luar biasa. Hal ini tak membuat Faye menjadi sosok yang dianggap kontroversial sebagai seorang keluarga pejabat negara.

Penasaran dengan kisah Faye dan lembaga filantropi? Yuk, simak artikel berikut ini.

BACA JUGA: Kisah Inspiratif Mischka & Devon: Peraih 33 Medali Olimpiade Matematika

Latar Belakang Faye Simanjuntak

Faye Simanjuntak, Anak sInspiratif yang Masuk Forbes!
Sumber foto: kompas.com

Cucu Menteri Luhut ini bernama lengkap Faye Hasian Simanjuntak. Ia lahir pada 10 April 2022. Sibuk dengan kegiatan organisasi yang didirikannya, Faye tetap melanjutkan pendidikannya ke Goerge University’s School of Foreign Service, Amerika Serikat. Sebelumnya ia bersekolah di SMA Jakarta International School.

Ayahnya adalah Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang diangkat menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), sementara ibunya bernama Paulina Simanjuntak yang merupakan anak dari Menteri Luhut. Sejak usia 9 tahun, Faye telah memiliki minat dan mempelajari isu tentang perlindungan anak. Bersama ibunya, ia mendirikan Rumah Faye pada usia 11 tahun.

Rumah Faye mempunyai tujuan untuk melindungi anak-anak Indonesia dari perdagangan manusia, eksploitasi, dan juga kekerasan. Berkat ini lah, Faye berhasil masuk Forbes 30 Under 30 pada Februari 2020. Selain itu juga ia masuk nominasi 30 and Under: Young Asians to Watch dan Gen. T Leader of Tomorrow. Tak hanya ini, Faye juga berhasil menjadi tiga finalis teratas pada penghargaan International Children’s, Peace Prize oleh Kids Rights.

BACA JUGA: ‘Nicole’ Album Niki Zefanya yang Terbaru, Ada Cerita Cinta Pertama sampai Patah Hati

Lembaga Filantropi Rumah Faye

Sejak kecil, Faye terkenal menjadi aktivis HAM yang bergerak pada gerakan perlindungan anak. Ia juga aktif di UNESCO untuk menjalankan kegiatan sosial. Rumah Faye mempunya visi “Membebaskan anak Indonesia dari Perdagangan Anak, Kekerasan, dan Eksploitasi”. Sementara itu misi dari Rumah Faye adalah melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi, menerima laporan dari masyarakat, serta asesmen, pendampingan kasus, dan rehabilitasi.

Dikutip dari Rumah Faye, lembaga filantropi ini mempunyai tugas pencegahan untuk meningkatkan kesadaran perdagangan anak dan kekerasan seksual terhadap anak-anak, pembebasan dengan menyelamatkan korban perdagangan anak dan anak-anak dari kekerasan seksual, serta pemulihan dengan menyediakan tempat aman, termasuk konseling, pendidikan, keterampilan hidup, untuk para korban perdagangan anak dan anak-anak korban kekerasan seksual.

Rumah Faye merilis artikel mengenai kejahatan kekerasan seksual terhadap anak. Artikel tersebut mencatat bahwa Indonesia melakukan amandemen UU Perlindungan Anak melalui UU No. 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dari kekerasan seksual. Sekitar 2.556 anak menjadi korban kekerasan seksual pada 2020 melalui data Kementerian PPA. Menurut Komnas Perempuan pada tahun 2020 sebanyak 55% kasus kekerasan seksual dialami oleh perempuan dan anak perempuan.

BACA JUGA: Perjalanan Karir Farel Prayoga, Penyanyi Cilik Viral yang Dulunya Pengamen Jalanan

Program Rumah Faye

Program-program yang dijalankan meliputi Pencegahan, Pembebasan, dan Pemulihan. Berikut ini adalah cara yang dilakukan dari masing-masing program.

Program Pencegahan

  1. Sosialisasi komunitas dan sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat umum, orang tua, guru, dan anak tentang bahaya kejahatan terhadap anak-anak. 
  2. Pelatihan hardskill yaitu memberikan pepengetahuan teknis kepada survivor dan anak rentan melalui kelas masak, kelas kreatif dan pottery.
  3. Jaringan dengan memperkuat jaringan di tingkat nasional dan regional untuk advokasi perdagangan anak dan segala bentuk kekerasan anak lainnya.
  4. Beasiswa dengan memberikan bantuan biaya pendidikan untuk anak yang didampingi.
  5. Pembentukan jaringan perlindungan anak di tingkat kelurahan.
  6. Kampanye dan advokasi kebijakan yang melindungi anak bersama para stakeholder.

Program Pembebasan

  1. Sistem rujukan melalui kerjasama dan koordinasi antara pemerintah, LSM, dan APH
  2. Pendampingan kasus korban dalam proses hukum.
  3. Asesmen lapangan ke kantor polisi dan wilayah rentan.

Program Pemulihan

  1. Layanan rumah aman untuk korban anak perempuan
  2. Layanan kesehatan dan bantuan akses kesehatan dengan pemeriksaan HIV, AIDS, dan IMS.
  3. Pemulihan Psikososial dengan layanan konseling individu dan kelompok kepada survivor.
  4. Pendidikan dan psikoedukasi tentang perlindungan tentang anak-anak.
  5. Terapi dan pemberdayaan keterampilan seperti pendidikan skill ringan (kerajinan tangan)
  6. Reintegrasi dan monitoring pasca rehabilitasi agar survivor tidak menjadi korban kembali.

BACA JUGA: Kenalan Yuk dengan Founder Bye-bye Plastic, Selamatkan Lingkungan Sejak Dini

Itulah kisah dan perjuangan anak muda inspiratif kita yaitu Faye Simanjuntak sekaligus cucu Menteri Luhut yang berhasil mendirikan “Rumah Faye” sebagai tempat pencegahan, pembebasan, dan pemulihan bagi para korban kejahatan terhadap anak-anak. Indonesia memerlukan sosok seperti Faye Simanjuntak yang memberikan kontribusi bagi masyarakat

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik  disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia

About Post Author

Leave a Comment

Education Template