Mengenal Indonesia

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto

Share this :

Indonesia memiliki begitu banyak kota-kota yang indah, sehingga menarik wisatawan untuk mengunjungi. Misalnya ada Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bandung yang sama-sama menjadi destinasi pilihan wisatawan untuk menikmati suasana yang hangat. Selain kedua kota tersebut, ada juga Kota Semarang yang didalamnya juga memiliki tempat wisata yang tak kalah asik.

Kalau sobat MI datang ke Semarang pastinya selalu terngiang-ngiang tentang kuliner bandeng presto dan lumpia basah. Gak cuma itu, kamu juga wajib tempat ikonik di Semarang yaitu Lawang Sewu yang merupakan destinasi wisata horor. Selain itu, kamu juga wajib mengunjungi museum di Semarang. Ada banyak museum aesthetic di Semarang dan museum baru di Semarang. Yuk, simak beberapa rekomendasi museum di Semarang!

BACA JUGA: 5 Tempat wisata jogja untuk keluarga yang wajib di jelajahi bersama si buah hati

6 Rekomendasi Museum di Semarang yang Wajib Dikunjungi!

Semarang Contemporary Art Gallery

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto
Sumber foto: Sonora.id

Pilihan pertama museum di Semarang yang harus didatangi adalah Semarang Contemporary Art Gallery yang merupakan salah satu museum aesthetic di Semarang. Museum ini bernuansa modern dan minimalis, terlihat dari interior bangunan yang dominan berwarna putih. Terletak di Jalan Taman Srigunting Nomor 5-6, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Museum ini biasa disebut Galeri Semarang. Bangunan ini dikelilingi bangunan kolonial. Awalnya gedung tersebut merupakan tempat ibadah umat katolik pada tahun 1882. 

Seiring berjalannya waktu, gedung ini diambil alih oleh pengusaha terkemuka di Semarang yaitu Chris Darmawan dan pada tahun 2007 melakukan konservasi pada gedung tersebut. Tahun 2008, Galeri Semarang diresmikan. Setiap dua bulan sekali selalu memamerkan karya seni yang berbeda-beda, mulai dari seniman lokal dan seniman luar. Museum aesthetic di Semarang ini buka tiap Selasa – Minggu pukul 10.00-16.30 WIB dan tiket masuknya seharga Rp20.000

Old City 3D Art Museum Semarang

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto
Sumber foto: Wisatakaka.com

Pilihan wisata berikutnya merupakan museum aesthetic di Semarang bernama Old City 3D Art Museum Semarang. Salah satu museum di Semarang yang bisa buat kamu betah untuk hunting foto. Letaknya ada di Kawasan Kota Lama Semarang dan berjarak 50 meter dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting. Museum ini masih satu satu area dengan Semarang Contemporary Art Gallery.

Museum di Semarang ini mempunyai 108 latar foto tiga dimensi yang terbagi dalam empat ruangan dengan konsep yang berbeda satu sama lain. Konsep ruangannya berupa bangunan khas Semarang, tokoh nasional dan dunia, budaya Semarang, dan beberapa karakter dalam dunia perfilman. Museum ini buka setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB dan tiket masuknya seharga Rp30.000.

BACA JUGA: Stress Kuliah? Yuk, Healing ke 4 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits Ini!

Museum Ranggawarsita

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto
Sumber foto: Ksmtour.com

Jika sebelumnya adalah museum modern, pilihan museum di Semarang selanjutnya Museum Ranggawarsita yang cocok buat pecinta sejarah. Jangan kaget, Museum Ranggawarsita punya koleksi barang antik lebih dari 50 ribu! Museum ini terletak di Jalan Abdulrahman Saleh No. 1, Kota Semarang. Museum di Semarang ini mempunyai koleksi sejarah, arkeologi, kebudayaan, alam, dan era pembangunan serta wawasan nusantara.

Museum Ranggawarsita memiliki koleksi 59.802 buah dalam sepuluh jenis, mulai dari biologika, arkeologika, historika, geoglogi, numismatic, filologi, teknologika, kramalogika, heraldika, etnografika, dan seni rupa. Museum ini memiliki empat gedung pameran yang tiap gedungnya memiliki koleksi yang berbeda. Museum Ranggawarsita buka setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB dan tiket masuknya Rp4.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.

Museum Jamu Nyonya Meneer

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto
Sumber foto: MerahPutih.com

Selanjutnya adalah museum yang bertujuan untuk menjaga warisan leluhur agar menjadi tempat atau sarana edukasi serta rekreasi kaum muda yaitu Museum Jamu Nyonya Meneer. Museum ini adalah museum jamu pertama di Indonesia yang didirikan pada 15 Januari 1984 di Semarang oleh istri Gubernur Jawa Tengah yaitu Ibu Ismail. Terletak di Jalan Raden Patah No.191 -199, Rejomulyo. Semarang Timur, Kota Semarang,.

Ide pendirian Museum Jamu Nyonya Meneer diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto untuk menyimpan segala hal yang berharga warisan dari Nyonya Meneer. Museum di Semarang ini menyimpan koleksi barang-barang tentang jamu serta potret Nyonya Meneer serta cara pembuatannya lengkap dengan alat tradisionalnya. Buka tiap Senin – Jumat pukul 10.00-15.30 WIB dan gratis untuk dikunjungi

BACA JUGA: 4 Museum di Jakarta yang Instagramable, Bikin Feeds Makin Kece!

Museum Kota Lama Semarang

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto
Sumber Foto: Hops.ID

Rekomendasi berikutnya adalah museum baru di Semarang yang diresmikan pada Rabu, 09 Februari 2022 oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Museum ini cocok untuk pecinta sejarah kota lama di Semarang mulai tahun 1547 sampai saat ini. Letaknya berada di Jalan Cendrawasih No. 1A, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Museum baru di Semarang ini dibangun oleh Kementerian PUPR

Di dalamnya akan memperlihatkan benda-benda kuno seperti artefak dengan teknologi modern, yaitu layar 3D yang menggambarkan kota Semarang. Museum aesthetic di Semarang ini disebut menjadi museum berteknologi imersif pertama di Indonesia yang membawa pengunjung masuk dalam simulasi dunia nyata dan dunia digital. Sementara waktu tiket masuknya gratis dan hanya perlu registrasi online. Buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB

Museum Lawang Sewu

Jalan-Jalan di 6 Pilihan Museum di Semarang untuk Hunting Foto
Sumber foto: Heritage – Kereta Api Indonesia

Museum Lawang Sewu paling wajib kamu datangi karena sangat ikonik di Semarang. Terletak di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Dahulu, gedung ini merupakan bangunan yang difungsikan untuk Kantor Pusat Perusahaan Kereta Api Swasta zaman Belanda. Luasnya mencapai 18.232 meter persegi dan terdapat lima bangunan yang dibangun bertahap sejak 1904 sampai 1918.

Keunikan dari Lawang Sewu adalah memiliki jendela dan pintu yang sangat banyak untuk sirkulasi udara. Hal tersebut membuat gedung ini disebut Lawang Sewu atau seribu pintu oleh masyarakat sekitar. Selain itu juga terdapat keunikan pada ornamen kaca patri yang memiliki banyak sejarah. Museum ini buka buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB dan tiket masuknya mulai dari Rp20.000

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Liburan Hemat dan Irit Budget

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di akun social media mengenal indonesia dan website mengenalindonesia.com.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template