Mengenal Indonesia

Sunrise Point Cukul

Stress Kuliah? Yuk, Healing ke 4 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits Ini!

Share this :

Sampurasun Akang Teteh dan Sobat MI semua! Gimana nih kabarnya? Udah mulai lelah belum menjalani segala rutinitas sehari-hari? Terutama bagi kalian mahasiswa yang lagi stress ngerjain tugas dan garap skripsi. Duh, udah jangan dibawa pusing. Mendingan kalian cari waktu luang buat healing sebentar. Nih, ada rekomendasi tempat wisata di Bandung yang lagi hits, pas banget buat kalian yang ingin melepas penat dan lagi cari tempat healing di Bandung.

1. Sanghyang Heuleut

tempat wisata di Bandung
Sumber : ayobandung.com/Restu Nugraha

Kalau lagi stress gini, rasanya rileks banget kalau liat pemandangan danau yang tenang dan jernih. Maka dari itu, rekomendasi pertama jatuh pada tempat wisata alam di Bandung yaitu Sanghyang Heuleut. 

Sanghyang Heuleut adalah objek wisata danau purba yang dikelilingi oleh bebatuan berbukit. Warna airnya yang hijau jernih ditambah tebing batu yang indah membuat tempat banyak dikunjungi wisatawan. Sayangnya, lokasinya memang agak tersembunyi dan membutuhkan effort yang besar untuk berkunjung kesini.

Selain panoramanya yang indah, Sanghyang Heuleut juga memiliki mitos dan sejarah yang menarik, loh. Konon katanya, Sanghyang Heuleut adalah danau yang terbentuk karena letusan gunung purba yaitu Gunung Sunda. 

Ada juga masyarakat yang percaya bahwa tempat ini dulunya adalah tempat mandi para bidadari. Hal ini dapat dikaitkan dengan arti nama tempat ini sendiri. Dalam bahasa Sunda, Sanghyang artinya tempat suci, sementara Heuleut artinya jeda atau waktu.

sanghyang poek
Sumber : kompasiana.com/Aryani Leksonowati
Sanghyang Tikoro
Sumber : tempatwisatadibandung.info/dian mardiana
Gak cuman danau, disini Sobat MI juga bisa berkunjung ke Gua Sanghyang Poek dan Gua Sanghyang Tikoro. Sama seperti danaunya, kedua gua ini memiliki panorama yang eksotis serta sejarahnya masing-masing. Jadi, kalau berkunjung ke Sanghyang Heuleut, kalau bisa kalian juga mampir ke dua gua tersebut, ya.Sebelum berkunjung kesini, ada beberapa hal yang perlu Sobat MI perhatikan nih. Pertama, kalau bisa pakai sepatu karena untuk mencapai danau kalian harus treking dulu selama 1,5 jam dan bebatuan disana lumayan licin. Kedua, hati-hati kalau mau berenang. Kedalaman air di danau tersebut mencapai 3 meter. Jadi meskipun kalian bisa berenang, gak ada salahnya untuk pakai pelampung. Kalian harus tau kalau Sanghyang Heuleut bukanlah daya tarik wisata yang dikelola oleh pemerintah. Jadi, maklum saja kalau akses dan fasilitas disana masih kurang memadai. Maka itu, kamu perlu persiapan ekstra sebelum datang kesini.Buat kalian para mahasiswa yang minim budget, jangan khawatir! Sanghyang Heuleut merupakan tempat wisata murah meriah di bandung. Harga tiket masuknya murah dan kalian juga bisa sewa tour guide, loh. Mau liat-liat keindahan lokasi atau tanya-tanya tentang penyewaan tour guide? Bisa langsung cek disini, ya!

2. Gunung Manglayang

gunung manglayang
Sumber : jurnalbandung.com/Ridwan Alamsyah

Buat kamu yang hobi hiking, berkunjung ke Gunung Manglayang adalah keputusan yang tepat. Selain memiliki panorama yang indah dan cocok  buat jadi tempat healing di Bandung, Gunung Manglayang juga memiliki beragam mitos dan sejarah. Penamaan ‘manglayang’ artinya adalah melayang atau terbang.

Batu Kuda
Sumber : liburmulu.com

Konon katanya, ada seekor kuda sakti bernama Sembrani yang dimiliki oleh Prabu Layang Kusumo. Suatu hari, Sembrani terbang dari  Cirebon ke Banten. Namun sayangnya, dia jatuh tersungkur ke dasar lereng Gunung Manglayang. Sembrani terjebak disana selama ribuan tahun, sampai akhirnya membeku menjadi batu. Batu tersebut lah yang sekarang menjadi situs Batu Kuda Gunung Manglayang.

Walaupun gunung ini hanya memiliki ketinggian sekitar 1818 mdpl dan tidak sepopuler gunung lainnya, perjalanan menuju puncak gunung bukanlah hal yang mudah karena Gunung Manglayang tidak memiliki pos pendakian. Waduh, pastikan kondisi kamu lagi fit ya kalau mau berkunjung kesini!

Terdapat 3 jalur pendakian yang biasa dilewati para pendaki, yaitu jalur Situs Batu Kuda, jalur Jatinangor dan jalur Palintang. Jalur paling cepat adalah jalur Jatinangor yang hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit walaupun medan yang dilalui juga tidak mudah, sementara jalur Palintang adalah yang paling lama. Maka dari itu, jalur Palintang jarang dipilih oleh pendaki.

gunung manglayang
Sumber : Instagram.com/prawirahmad

Gunung Manglayang lebih cocok dikunjungi bersama teman-teman biar makin semangat saat mendaki. Harga tiket masuk ke Gunung Manglayang juga sangat terjangkau, cocok untuk mahasiswa atau kamu yang mau irit budget liburan.

3. Kawah Putih Ciwidey

kawah putih
Sumber : liputanjohar.com/Team Liputan Johar

Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah cukup terkenal. Seperti namanya, air danaunya berwarna putih kehijauan karena bercampur dengan tanah belerang putih. Uniknya, warna airnya bisa berubah-ubah, tergantung cuaca, kadar belerang atau suhunya. Jadi jangan heran kalau airnya tiba-tiba berubah jadi warna biru, hijau atau kecoklatan.

Sama seperti tempat wisata alam di Bandung lainnya, Kawah Putih Ciwidey juga memiliki sejarah dan mitosnya sendiri. Terbentuknya Kawah Putih Ciwidey diakibatkan oleh letusan Gunung Patuha di abad ke-10. 

gunung patuha
Sumber : jejakpendaki.web.id

Pada saat itu, Gunung Patuha adalah gunung terbesar di Pulau Jawa Gak cuma itu, gunung ini juga terkenal angker dan dipercaya sebagai tempat sakral oleh sebagian masyarakat Sunda. Saking angkernya, tidak ada masyarakat yang berani mendekati wilayah gunung tersebut. Bahkan, binatang dan burung pun tidak berani melintas.

Dilansir Detik.com, seorang peneliti asal Jerman bernama Franz Wilhelm Junghuhn tidak mempercayai mitos tersebut. Pada tahun 1837, ia melakukan penelitian dan mencari tahu penyebab burung-burung yang tidak bisa melintas diatas Gunung Patuha. Penelitian tersebut membuahkan hasil, karena sesampainya di puncak gunung, Junghuhn menemukan kawah cantik dengan bau belerang yang sangat menyengat.

Selain melihat panorama yang indah, kita juga bisa melakukan berbagai kegiatan di Kawah Putih Ciwidey. Seperti naik kuda atau berfoto-foto. Tempat wisata ini juga sering dijadikan lokasi prewedding, video shooting atau venue wedding outdoor. Biar gak bingung, kamu juga dapat memesan paket tour. Sobat MI bisa langsung pesen tiketnya disini, ya!

4. Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul
Sumber : instagram.com/taufanramdhany

Kalau Sobat MI ingin melihat pemandangan sunrise yang indah, Sunrise Point Cukul adalah pilihan yang tepat. Tempat wisata di Bandung yang lagi hits di kalangan anak muda maupun remaja. Selain cocok untuk tempat healing, tempat wisata ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka fotografi dan ingin berburu spot foto bagus. Jika cuaca sedang bagus, kamu bisa melihat milky way.

Sunrise Point Cukul
Sumber : instagram.com/ishal_hanafi
Sunrise Point Cukul
Sumber : Instagram.com/strangerssss__

Tempat wisata ini terletak di ketinggian 1.600 mdpl, makanya jangan lupa bawa baju hangat ya karena udaranya lumayan dingin. Biasanya, Sunrise Point Cukul sudah mulai dipenuhi wisatawan sejak jam 05.00 WIB. Saat matahari mulai terbit, Kamu bisa mulai berfoto di tengah hamparan perkebunan teh atau di spot foto yang telah disediakan. Sunrise Point Cukul merupakan tempat terbaik untuk berkemah. Namun, jika tidak ingin berkemah, ada penginapan murah juga kok di dekat sini. 

Ingin lihat inspirasi spot foto yang bagus di Sunrise Point Cukul atau mau reservasi jasa travel? Langsung hubungi kesini aja, ya!

5. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung
Sumber : piknikwisata.com

Sayang banget kalau berkunjung ke kota kembang, tapi tidak mampir ke taman bunga beneran. Salah satu tempat wisata di Bandung yang lagi hits karena memiliki panorama yang indah adalah Taman Bunga Cihideung. Wilayah Cihideung sendiri memang dikenal karena budidaya dan pembibitan tanaman hias.

Hamparan kebun bunga yang indah dan cantik dapat memanjakan mata kamu, pas banget buat kamu yang lagi cari tempat healing di Bandung. Dengan luas kurang lebih 50 hektar, tempat wisata ini memiliki ribuan jenis bunga dengan berbagai macam warna. Penataan bunga juga sangat rapi dan dibentuk sedemikian rupa, membuat setiap sudut tempat ini layak dijadikan spot foto. 

Taman Bunga Cihideung
Sumber : direktoripariwisata.id

Gak hanya menikmati keindahan pemandangan, kamu juga bisa membeli bunga hias disini loh. Sekalian mendukung usaha milik warga Cihideung, karena sebagian besar dari mereka adalah petani bunga. Bunga disini dijual mulai dari harga Rp 10.000, murah banget kan? Selain pasar bunga dan taman bunga, kamu dapat mengunjungi tempat budidaya bunga. Disana kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang bunga. 

Gak perlu takut kelaparan kalau berkunjung kesini, karena Taman Bunga Cihideung juga menyediakan fasilitas foodcourt. Suasana Taman Bunga Cihideung juga asik dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau sahabatmu, loh.

Sedikit saran, lebih baik berkunjung ke Taman Bunga Cihideung saat weekday. Karena saat weekend atau hari libur nasional, tempat wisata ini biasanya ramai dipenuhi wisatawan dari dalam maupun luar Bandung. Nanti bukannya healing, malah pusing!

Nah, sekarang gak bingung lagi kan nyari tempat healing di Bandung? Jangan lupa, rekomendasi tempat wisata di Bandung diatas wajib masuk wishlist kalian kalau lagi liburan. Lebih seru lagi kalau ajak sahabat atau pasangan kalian! Jadi, Sobat MI pengen mampir ke mana dulu nih? Coba tulis di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik  disini. Rasakan manfaat, keasikan dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di akun social media mengenal indonesia dan website  mengenalindonesia.com.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template