Mengenal Indonesia

kota tua jakarta

5 Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Liburan Hemat dan Irit Budget

Share this :

Siapa bilang kalo mau refreshing itu harus siapin uang banyak? Kalo di Jakarta, Sobat MI gak perlu siapin budget banyak cuman untuk refreshing doang, karena banyak banget tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Bisa jadi pilihan kalau kamu ingin liburan hemat bareng temen-temen atau keluarga. Lumayan kan uangnya bisa Sobat MI pakai buat kulineran!

1. Kawasan Kota Tua Jakarta

tempat wisata gratis di jakarta
Sumber : instagram.com/dito1384

Kota tua merupakan pilihan tempat yang tepat kalau kamu mau liburan hemat di Jakarta. Kawasan ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua bekas peninggalan Belanda. Hal itu lah yang membuat Kota Tua memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Banyak turis lokal atau mancanegara yang kesini untuk wisata sejarah. Lokasi ini seringkali dipakai untuk foto buku tahunan atau pre-wedding.

Sampai saat ini, masuk kawasan Kota Tua tidak dikenai biaya apapun, hanya bayar parkir kendaraan saja.  Kalau mau liburan hemat, Sobat MI bisa naik KRL dan berhenti di stasiun Jakarta Kota.

Walaupun tidak masuk ke museumnya, Sobat MI bisa foto-foto di sekitar kawasan Kota Tua dan taman Fatahillah, gratis kok! Tapi, kalo mau foto sama manusia patung di depan museumnya bayar, ya. Kamu bisa bayar seikhlasnya kok. Selain di depan museum fatahillah, ada banyak spot foto lain yang menarik, seperti toko merah atau kali besar kota tua.

kota tua jakarta
kota tua jakarta

Sumber : instagram.com/wisatakotatua

Kalau punya budget lebih, kamu bisa mengunjungi museum-museum yang ada di kota tua, harga tiket masuknya gak mahal kok. Museum fatahillah dan Museum wayang saja hanya Rp 2000-5000/orang, Museum Bank Indonesia hanya Rp 5000/orang, bahkan Museum Bahari hanya Rp 1000 – Rp 2000/orang. Murah banget kan? Dengan harga tiket segitu kamu bisa dapet banyak pengetahuan, loh.

kota tua jakarta
Sumber : instagram.com/wisatakotatua
Mau ngerasain pengalaman yang lebih asik? Sobat MI bisa menyewa sepeda ontel untuk berkeliling kawasan Kota Tua. Harga sewanya hanya Rp 20.000 untuk 30 menit, kamu sudah dapat bonus topi pantai warna-warni. Jangan lupa juga berkunjung sebentar ke pelabuhan sunda kelapa yang merupakan salah satu pelabuhan tertua di Indonesia. Sobat MI bisa berfoto-foto ria dengan latar belakang kapal-kapal besar.Pokoknya, Kota Tua adalah tempat wisata di Jakarta yang wajib kamu kunjungi kalau ke Jakarta. Mau tau info lebih lengkap tentang Kota Tua dan event-event yang sedang diselenggarakan disana? Langsung aja cek disini, ya!

2. Kawasan Monas

kawasan monas
Sumber : instagram.com/eunoifa

Kalau mendengar nama Jakarta, apa sih yang pertama terlintas dipikiran Sobat MI? Pastinya Monas atau Monumen Nasional jadi salah satunya dong. Monas adalah salah satu landmark kota Jakarta yang sangat iconic dan menjadi kebanggaan warga Jakarta. Monumen setinggi 132 meter ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia.

Monumen Nasional menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, apalagi untuk wisatawan yang belum pernah ke Jakarta sebelumnya. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, masuk ke kawasan Monas tidak bayar kok. Kamu bisa berfoto-foto di sekitar taman Monas yang luas. Selain itu, Sobat MI juga bisa melihat air mancur atau berolahraga.

museum sejarah nasional
Sumber : Kompas.com / Nabilla Ramadhian

Kalau punya budget lebih, gak ada salahnya untuk beli tiket masuk museum sejarah nasional dan ruang kemerdekaan. Disana Sobat MI bisa melihat 48 diorama yang menjelaskan sejarah Indonesia mulai dari zaman prasejarah sampai orde baru. Sementara, di dalam ruang kemerdekaan ada naskah asli proklamasi kemerdekaan, lambang Negara, peta kepulauan NKRI berlapis emas dan bendera merah putih.

Harga tiket masuk museum sejarah nasional hanya Rp 2.000 – Rp 5.000/orang, murah banget kan? Pas banget kalau mau cari tempat liburan murah di Jakarta. Selain irit uang, Sobat MI bisa nambah pengetahuan juga.

Sebenarnya, berkunjung ke Monas gak lengkap tanpa naik ke puncaknya. Disana kamu dapat melihat pemandangan kota Jakarta dengan teropong binokular. Namun biasanya, puncak Monas ramai pengunjung saat hari libur. Harga tiket masuknya juga murah, paling mahal hanya Rp 15.000 untuk orang dewasa. 

Kalau Sobat MI mau tau info lengkap tentang Monumen Nasional, bisa langsung cek disini, ya!

3. Bus Jakarta Exploler

bus jakarta exploler

Kalau yang satu ini sebenernya bukan tempat wisata di Jakarta sih, tapi bisa jadi solusi kalau kamu lagi mau refreshing keliling kota Jakarta dengan gratis. Gak perlu sewa motor, sewa mobil atau naik bajaj, Sobat MI bisa naik bus Jakarta Explorer. Bus ini lebih dikenal dengan nama bus tingkat Jakarta, karena memang bus ini memiliki 2 tingkat, loh.

Sejak tahun 2014, bus ini dikelola oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Bus ini memiliki 7 rute wisata yang berbeda dan menelusuri ikon yang ada di kota Jakarta. Rute BW 1 (Sejarah Jakarta) melewati balai kota, museum nasional, gedung arsip serta museum BI, BW 2 (Jakarta Modern) melewati Sarina, Plaza Indonesia, Sarinah dan Juanda, BW 3 (Art & Culinary) melewati balai kota, masjid Kebon Jeruk, Juanda dan IRTI.

BW4 (Jakarta Skyscrapers) melewati Thamrin, Sarinah, FX Sudirman, Bundaran Senayan, GBK sampai Monas , BW 5 (Jakarta Open Space) melewati Bundaran HI, Sarinah dan balai kota, BW 6 (Jakarta Heritage) melewati IRTI, balai kota, Sarinah, Tosari, Istiqlal dan Monas, sementara BW 7 (Jakarta Shopping) melewati Plaza Indonesia, Sarinah, Sudirman, Senayan City dan Istora Senayan. 

Bus Jakarta Explorer dilengkapi dengan audio yang menjelaskan sejarah dan latar belakang dari tempat-tempat penting. Kadang juga ada tour guide nya, loh. Jadi gak cuman refreshing tapi bisa nambah pengetahuan juga. Mau tau info lebih lanjut tentang Bus Jakarta Explorer, langsung cek disini aja ya!

4. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan nasional
Sumber : sintiaastarina.com

Tempat satu ini juga sebenarnya bukan tempat wisata di Jakarta, cuman bisa jadi pilihan kalau Sobat MI ingin refreshing dan cari tempat liburan murah di Jakarta. Jauh dari kesan membosankan, Sobat MI akan betah berlama-lama di Perpustakaan Nasional, apalagi bagi kamu para pecinta buku.

perpustakaan nasional
Sumber : sintiaastarina.com

Lantai 24 adalah bagian yang paling banyak dicari oleh pengunjung, terutama yang ingin mencari spot foto instagramable. Sobat MI bisa membaca buku dan melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian 126,3 meter, saat cuaca sedang cerah Sobat MI bahkan bisa melihat Teluk Jakarta.

perpustakaan nasional
perpustakaan nasional
perpustakaan nasional

Sumber : sintiaastarina.com

Walaupun baru sekali mengunjungi perpusnas, sangat dianjurkan untuk memiliki kartu anggota. Kamu bisa mendaftar secara offline atau online disini, ya. Untuk koleksi bukunya juga sangat lengkap, mulai dari buku fiksi, komik dan novel di lantai 7, sampai koleksi buku langka. Setiap Selasa dan Kamis, Sobat MI juga bisa nonton di mini theater di lantai 8, loh.

Fasilitas disini juga cukup lengkap, diantaranya seperti smoking room, ruang multimedia, kantin, musholla, cafe dan tentunya WiFi. Perpustakaan Nasional buka setiap Senin-Jumat 08.00 – 16.00 WIB dan Sabtu-Minggu 09.00 – 15.30 WIB. Ingin tau info lebih lengkap? Langsung cek aja di perpusnas.go.id atau disini, ya!

5. Pantai Pasir Putih PIK 2

pantai pasir putih PIK 2
Sumber : instagram.com/putri.febriel

Kalau kamu jenuh dengan hiruk pikuk Kota Jakarta, berwisata ke pantai adalah pilihan yang sangat tepat. Gak perlu keluar uang banyak buat ke Bali atau Lombok, Jakarta juga punya pantai yang cantik, yaitu Pantai Pasir Putih PIK 2 yang merupakan salah satu tempat wisata gratis di Jakarta.

Apa aja sih kegiatan seru yang bisa Sobat MI lakukan di Pantai Pasir Putih PIK 2? Sobat MI bisa jalan-jalan santai atau jogging sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Ada jogging track dan fasilitas yang lumayan oke untuk olahraga. Selain itu, piknik di pinggir pantai bareng keluarga atau sahabat juga asik.

pantai pasir putih PIK 2
Sumber : instagram.com/ummu.dambila

Jika Sobat MI datang kesini, kalian wajib melipir ke food court-nya. Terdapat berbagai macam jajanan dan hidangan dari seluruh penjuru Nusantara. Selain itu, kamu juga bisa menemukan makanan khas Asia seperti makanan Jepang dan Korea. Pantai Pasir Putih PIK 2 buka setiap hari dari jam 15.00-21.00 WIB. Walaupun tiket masuknya gratis, tetap dikenakan biaya parkir kendaraan ya.

Nah, Sekarang Sobat MI gak perlu ragu lagi kalau mau cari tempat wisata di Jakarta tapi lagi gak punya budget lebih, karena kamu bisa liburan hemat dengan mengunjungi sederet tempat wisata gratis di Jakarta. Jadi, tempat wisata mana yang pingin Sobat MI kunjungi? Yuk, komen dibawah!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di akun social media mengenal indonesia dan website  mengenalindonesia.com.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template