Mengenal Indonesia

Wisata Menarik di Pulau Dewata yang Wajib Dikunjungi

Share this :

Sumber Foto : sebastian pena lambarri

Halo, Sobat MI! Siapa nih yang punya impian untuk liburan ke Pulau Dewata? Pulau Dewata atau yang biasa disebut dengan Pulau Bali memiliki keindahan pantai yang sudah dikenal oleh seluruh negara, loh! Tetapi, apakah kamu tahu bahwa keindahannya bukan hanya pantai saja? Ingin tahu apa saja referensi tepat wisata di Bali selain pantai? Simak artikel ini, yuk!

 

1.          Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Pengunjung dari segala penjuru dunia selalu berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata ini. Taman budaya ini memiliki jarak tempuh yang cukup dekat dari Bandara Ngurah Rai, yaitu sekitar 15 – 20 menit. Apabila kalian mengunjungi tempat ini, kalian dapat membeli dua jenis tiket, yaitu tiket masuk ke dalam area Taman Budaya GWK dan tiket masuk ke dalam patung Garuda Wisnu Kencana.

2.     Bali Safari Marine Park

Bali Safari Marine Park adalah salah satu tempat wisata favorit wisatawan. Tempat wisata ini merupakan kebun binatang yang memiliki jenis satwa yang berasal dari tiga negara di dunia, yaitu Indonesia, India, dan Afrika. Dari tiga negara tersebut, tempat wisata ini memiliki 60 spesies dan 400 satwa langka. Bali Safari Marine Park memberikan beberapa suguhan menarik bagi wisatawan, antara lain atraksi mandi gajah, pertunjukan satwa, dan pengetahuan tentang satwa. Apabila kalian ingin mengunjungi tempat wisata ini, kalian dapat datang pada pukul 09.00 – 17.00 WITA. Adapun kategori harga tiketnya sebagai berikut:

  • Dewasa (umur diatas 12 tahun)                            Rp. 175.000/orang.

  • Anak-anak (umur 3-12 tahun)                               Rp. 135.000/orang.

  • Bayi (umur di bawah 3 tahun)                               Gratis.

       Jarak tempuh dari Bandara Ngurah Rai sekitar 17 km atau 1jam perjalanan. Tetapi, apabila kalian ingin menginap setelah berkunjung ke tempat ini, kalian dapat menginap di Mara River Safari Lodge.

3.     Monkey Ubud Forest

         Monkey Ubud Forest wajib masuk dalam daftar tempat wisata yang harus kamu kunjungi, nih! Objek wisata ini merupakan kawasan hutan lindung yang terdapat pura sakral Hindu di dalamnya. Pura ini bernama Pura Dalem Agung Pandangtegal. Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini dari bandara, kalian akan menempuh jarak kurang lebih 36 km dengan perkiraan waktu 1 jam 15 menit. Tetapi, apabila kalian menginap di area Wisata Kuta Bali, kalian dapat menempuh perjalanan sekitar 43 km dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam 30 menit. Wisata ini dibuka mulai pukul 08.30 – 18.00 WITA. Akan tetapi, waktu terakhir pembelian tiket adalah pukul 17.30 WITA. Waktu terbaik mengunjungi Monkey Ubud Forest ini adalah sekitar pukul 14.00 WITA karena kera sudah pasti kenyang dan membuat sifat agresif kera sedikit berkurang. Adapun harga tiket masuk Monkey Ubud Forest adalah sebagai berikut:

  • Dewasa                               Rp. 80.000/orang.

  • Anak (3-12 tahun)           Rp. 60.000/orang.

Selain tiket masuknya, tempat ini juga memiliki tarif parkir sebagai berikut:

  • Sepeda motor                   Rp 2.000 (1 jam pertama)        Rp 1.000 (1 jam berikutnya).

  • Mobil                                  Rp 5.000 (1 jam pertama)        Rp 2.000 (1 jam berikutnya).

  • Bus kecil                             Rp 10.000 (1 jam pertama)     Rp 5.000 (1 jam berikutnya).

  • Bus sedang                        Rp 15.000 (1 jam pertama)     Rp 7.500 (1 jam berikutnya).

4.     Pura Tanah Lot

         Pura Tanah Lot adalah pura Kahyangan Jagat di Bali. Pura ini ditujukan sebagai tempat pemujaan dewa penjaga laut. Pura ini dibangun di dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar dan satu lagi terletak di atas tebing besar yang menjorok ke laut. Bentuk tebingnya pun memiliki keunikan, lho! Melengkung seperti jembatan. Konon ceritanya, di pura ini terdapat ular yang bernama Ular Suci, ular laut yang memiliki ciri-ciri berekor pipih dan berwarna hitam belang kuning. Kabarnya ular itu merupakan jelmaan dari selendang pendiri pura. Ular Suci ini ditugaskan untuk menjaga pura. Bagaimana, tertarik untuk berwisata ke Pura Tanah Lot?.

5.     Pura Luhur Uluwatu

         Nah, walau berada di daftar terakhir, tetapi tempat ini juga wajib dikunjungi, lho! Tempat wisata ini telah terkenal di seluruh mancanegara. Lokasi pura ini berada di bukit karang dengan ketinggian 97 m di atas permukaan laut. Berbeda dengan Pura Tanah Lot, disini kalian dapat melihat hamparan Samudra Hindia dan ombak yang menghantam kaki tebing. Kalian juga dapat menyaksikan Tari Kecak yang dimainkan oleh 50 – 100 orang. Waktu pertunjukan akan dimulai menjelang sunset, sekitar pukul 18.00–19.00 WITA. Untuk mengantisipasi tiket pertunjukan yang habis, kalian juga dapat membelinya secara online. Sebagai informasi tambahan, sebelum memasuki area pura, ada tata cara yang unik, loh! Kalian diharuskan memakai kain sarung dan selendang yang dikaitkan pada bagian pinggang. Eits, jangan panik apabila tidak memiliki atau membawanya, ya. Selendang ini juga disediakan di konter tiket masuk, kok !.

 

Bagaimana, sudah sepakat belum kalau tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi bukan hanya pantai? Yuk, langsung kunjungi dan list tempat-tempat ini untuk menambah koleksi foto instagramable-mu!

 Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Monkey Ubud Forest

Pura Luhur Uluwatu

Bali Safari Marine Park

Pura Tanah Lot

Sumber foto :

Rehany Mooy
www.balisafarimarinepark.com
https://boardingcallblog.com
https://blog.airpaz.com
https://allindonesiatourism.com

About Post Author

1 thought on “Wisata Menarik di Pulau Dewata yang Wajib Dikunjungi”

  1. Pingback: 10 Tempat Mengagumkan di Sumatera Barat | Mengenal Indonesia

Leave a Comment

Education Template