Mengenal Indonesia

Tempat Mengagumkan di Sumatera Barat

Tempat Mengagumkan di Sumatera Barat

Share this :

” Kampuang nan jauh di mato ” . siapa yang ga tau lagu ini ?. Lagu daerah dari Sumatera Barat ini emang bikin kangen kampung yaaa… Semoga pandemi ini cepat selesai ya. Siapasih yang ga kangen liburan dan kangen pulang kampung hehe. Aku mau ngasih tau nih tempat-tempat wisata yang mengagumkan di kampungku Sumatera Barat. Beberapa tempat udah pernah aku kunjungi, nah yang lain aku jadiin list tempat yang mau aku kunjungi setelah pandemi covid-19  selesai.

10 Tempat Mengagumkan di Sumatera Barat :

1. Lembah Harau

Lembah Harau ini berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Selama perjalanan menuju lokasi mata kalian juga sudah dimanjakan oleh pemandangan yang bagus banget. Lembah harau memiliki pemandangan alam indah banget karena lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang tinggi dan terjal, pasti kalian akan terpana melihatnya.

Suasana yang sunyi dan kearifan lokal yang diperkenalkan oleh masyarakat setempat juga menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Lembah harau juga memiliki objek wisata lain yang bisa dijadikan hunting foto seperti air terjun, beberapa gua dan terdapat juga beberapa hewan lindung. Disekitarnya juga ada home stay jadi buat kalian yang mau lebih lama menikmati suasana bisa banget. Buat kalian pecinta panjat tebing bisa menjadi surga nih wajib coba ya kalian hehe. 

Lembah Harau merupakan salah satu tempat mengagumkan di sumatera barat
Sumber foto : monitorriau.com

2. Air Terjun Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai yang memiliki pesona luar biasa ini berlokasi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 35 meter, berada tepat di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang. Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 Mdpl. Lokasi air terjun ini cukup unik karena berada di tepi jalan raya sehingga para pengendara dapat merasakan hembusan angin dan percikan air, sensasinya luar biasa saat kita melewati dibawah air terjun ini.Air terjun ini memiliki debit yang besar, airnya yang jernih dan dingin membuat hawa disekitar sangat nyaman. Buat kalian yang ingin bermain air dan berfoto bisa masuk kedalam dengan membayar tiket sekitar Rp. 2.000 saja, setelah bermain kalian bisa menghabiskan waktu dengan menikmati kuliner sekitar karena banyak sekali yang menjual makanan dan souvernir.
Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu air terjun yang indah di sumatera barat
Sumber foto : datawisata.com

3. Janjang Seribu Great Wall of Koto Gadang

Janjang seribu koto Gadang terdapat di Ngarai Sianok, Kabupaten Agam, Sumatra Barat ini disebut sebagai tembok china versi lokal, dengan tembok mengular panjang sekitar 780 meter dengan jalur trekking sepanjang 1,5 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 15-30 menit serta dikelilingi pemandangan yang sangat indah yaitu tebing Ngarai Sianok dan perbukitan hijau berselimut kabut yang memiliki udara sejuk.

Menurut cerita sebelum diperbaiki dan dijadikan tempat wisata Janjang Saribu digunakan warga setempat sebagai jalan pintas dari Koto Gadang ke Bukittinggi saat hendak mengambil pasir di sungai. Dalam bahasa minang, janjang saribu berarti seribu anak tangga. Disebut demikian, karena ada banyak sekali jumlah tangga. Di pertengahan jalan, kalian akan menemukan jembatan gantung yang sering disebut jembatan merah, , jangan lupa foto ya hehe. Buat kalian yang mau kesini pastikan menyiapkan stamina dan jangan lupa bawa minum ya. 

Janjang Seribu Great Wall of Koto Gadang disebut dengan tembok cina versi lokal yang menghubungkan kota gadang ke bukittinggi

4. Jam Gadang

Pasti kalian semua tau kan ikon kota Bukittinggi ini, nah buat kalian yang mau ke Sumatera Barat jangan lupa kesini ya. Jam gadang merupakan menara jam yang terletak di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Dalam bahasa minang sendiri jam gadang artinya ” jam besar “. Jam gadang memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter. Jam gadang ini dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rookmer. Rookmaker merupakan sekretaris atau controleur Fort de Kock (sekarang Kota Bukittinggi) pada masa pemerintahan Hindia BelandaKalian jangan lupa ya buat hunting foto yang bagus disini. Disekitar jam gadang juga banyak pedagang makanan yang enak dan jajanan khas padang. Kalian juga dapat mengunjungi pasar Bukittinggi di dekat jam gadang karena sangat terkenal dengan harga barangnya yang murah meriah.
Jam Gadang merupakan menara jam yang terletak di kota bukittinggi sekaligus ikon terkenal yang mencerminkan bukittinggi

5. Lobang Jepang

Wisata sambil belajar sejarah pasti makin seru nah buat kalian yang pergi ke Sumatera Barat, jangan lupa mampir ke lobang Jepang ya karena kalian bisa dapetin cerita sejarah dan pengalaman baru. Lokasi lobang Jepang ini bersebelahan dengan janjang seribu dan jam gadang. Saat membangun lobang ini, Jepang memperkejakan orang-orang Indonesia secara paksa, tetapi tidak ada orang yang berasal dari Bukittinggi dengan alasan untuk menjaga kerahasiaan. Tempat ini menjadi penjara dan tempat pertahanan Jepang. Lobang ini merupakan lobang terpanjang di Asia yaitu mencapai 6 kilometer. Pintu masuk lobang jepang berada di Taman Panorama, biasanya untuk para wisatawan akan ditemani pemandu untuk menjelaskan ruangan dan bagian-bagian yang ada di dalam lobang Jepang. Didalam lubang jepang ini juga sudah terdapat alat pendeteksi gempa jadi kalian ga perlu khawatir keamanan terjamin.

Lobang Jepang adalah tempat penjara dan pertahanan jepang yang dikerjakan oleh orang indonesia secara paksa
Sumber foto : travel.kompas.com

6. Kelok Sembilan

Jalanan kelok 9 ini unik banget deh. Jalan yang menghubungkan provinsi Riau dengan Sumatera Barat, yang berada di kota payakumbuh sumatera barat, mengapa di namakan kelok 9 ? ? menurut panduduk asli daerah, di beri nama kelok 9 di karenakan jalan yang berkelok-kelok di perbukitan nagari sarilamak, dan jembatan di kelok 9 sudah beroprasi selama 4 tahun silam, tidak perlu khawatir untuk melewati jembatan tersebut karena jembatan tersebut memiliki konstruksi yang kuat. Di kelok 9 ini kita dapat berhenti sesaat untuk sekedar berfoto atau sekedar menikmati hidangan yang kita bawa sambil menikmati indahnya pemandangan di kelok 9, di kelok 9 ini ga kalah keren dari tempat wisata lainnya, kelok 9 menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan lebatnya pepohonan hijau yang menyejukan hati dan fikiran. 

Di kelok 9 ini juga merupakan salah satu spot foto terbaik yang ada di sumatera barat loh, ga kalah keren dari spot-spot foto di tempat lain, dan kelok 9 bisa di bilang spot foto yang intagramable banget, kelok 9 ini udah jadi tempat yang wajib di datangi oleh pendatang, bisa di bialng destinasi utama saat berlibur di sumatera barat selain jam gadang yang juga terletak di sumatera barat. Bagi kalian yang suka fotografer ini bisa di jadiin spot yang keren buat foto di malam hari dengan mengambil angle panorama di kelok 9.

Kelok Sembilan merupakan jalan yang menghubungkan provinsi riau dengan sumatera barat yang berada di kota payakumbuh sumatera barat
Sumber foto : instagram.com/cengiz.topelb

7. Danau Singkarak

Danau singkarak adalah danau yang membetang di dua kabupaten di sumatera barat, Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatra setelah danau toba di Sumatra Utara. Danau singkarak ini terbentuk karena adanya cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar Sumatra. Cekungan dari danau ini terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan oleh aktivitas pergerakan Sesar Sumatra. Cekungan besar ini terbendung oleh material vulkanik dari letusan gunung api sekitarnya. Danau singkarak semakin terlihat indah di karenakan di kelilingi bukit-bukit di sekitarnya, bukan hanya danau yang dapat kita nikmati pemandangannya tapi juga bukit-bukit yang mengelilingi danau tersebut, danau ini sangat amat cocok bagi para pecinta bukit dan danau, dan danau ini memiliki air yang sangat jernih air yang sangat jernih dengan di jaganya kebersihan di danau ini secara tidak langsung menjaga spesies makhluk hidup yang berada di danau tersebut, di karenakan di danau ini masih banyak spesies makhluk hidup, seperti ikan, dan masih banyak jenis ikan yang berada di danau singkarak ini. 

Danau singkarak ini juga punya keunikannya tersendiri loh, danau singkarak ini danau terbesar di sumatera barat, bukan hanya terbesar danau singkarak ini memliki spesies ikan yang hanya ada di danau singkarak yaitu ikan bilih, ikan bili ini tidak dapat hidup di tempat lain maupun aquarium sekalipun, di karenakan ikan sangat sulit di kembang biakan selain di danau singkarak, ikan bilih ini menjadi salah satu olahan khas yang biasa di bawa pulang oleh pendatang-pendatang danau singkarak. Buat kalian yang mengunjungi danau singkarak dan ingin mengelilingi danau, kalian bisa menggunakan perahu yang disediakan masyarakat setempat, sembari menikmati suasana, hembusan angin dan percikan-percikan air danau yang dingin. 

Danau Singkarak
Sumber foto : jejakpiknik.com

8. Istana Pagaruyung

Istano basa yang lebih di kenal istana pagaruyung adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Istana pagaruyung ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari pusat kota Batusangkar. Istana ini merupakan objek wisata budaya yang terkenal di Sumatra Barat. Istana pagaruyung yang berdiri pada saat ini sebenarnya adalah replika dari istana yang asli istana pagaruyung yang asli terletak di atas bukit Batu Patah dan dibakar habis pada tahun 1804 oleh kaum paderi yang kala itu memerangi para bangsawan dan kaum adat. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Dengan kita mendatangi istana pagaruyung kalian dapat melihat langsung rumah adat minangkabau, melihat koleksi senjata pusaka asli kerajaan yang masih tersisa, di antaranya tombak, pedang, dan senapan peninggalan Belanda dan replika furnitur dan artefak antik khas Minang. Di istana pagaruyung ini juga merupakan tempat wisata yang sangat hits, di istana pagaruyung ini kalian juga berfoto-foto untuk di abadikan di instagram atau sosial media lainnya. 

Istana pagaruyung adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana pagaruyung ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari pusat kota Batusangkar.
Sumber foto : minews.id

9. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih dalam bahasa Minang adalah pantai yang terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang. Lokasinya Berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil, memiliki panorama yang indah di sisi utaranya dan legenda Malin Kundang. 

Kalian udah ga asing kan denag  cerita malin kundang, nah kalian bisa lihat di tempat ini terdapat batu yang terkenal dengan cerita malin kundang, dan pantai ini juga menyuguhkan pemandangan laut yang sangat indah dengan pasir putih di tepinya, bagi pencinta pantai yang sedang mengunjungi sumatera barat pantai ini bisa jadi destinasi yang bagus untuk para pecinta ataau penikmat pantai di karenakan pantai ini kebesihannya masih amat angat terjaga, jadi jangan lupa untuk mengunjungi pantai ini, dan jangan lupa buat jaga kebersihannya ya.

Pantai Air Manis adalah pantai yang terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat kota padang
Sumber foto : kompas image/RODERICK ADRIAN MOZE

10. Wisata Mandeh

Destinasi wisata Mandeh yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat dari Sumatera, disebut demikian karena memiliki pemandangan yang sama yaitu lautan dan pulau-pulau kecil disekitarnya, kini mulai menjadi sorotan masyarakat. Kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat semakin dikenal dengan gencarnya promosi yang dilakukan Pemprov maupun Menpar. Pada Tahun 2019 jalan di wisata mandeh ini menjadi salah satu jalur di  ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2019, jalurnya yang berbelok-belok, mendaki dan menurun cukup menantang bagi pebalap dan sekaligus mempromosikan wisata mandeh. Kawasan wisata Mandeh  mempunyai area seluas 18.000 Ha.

Wilayah ini meliputi 7 desa dari 3 nagari. Kawasan ini merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau – pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Setiap pulau memiliki masing-masing keunikan yang berbeda. Pulau yang bisa dikunjungi di kawasan wisata mandeh yakni pulau Taraju, pulau Setan atau sutan, pulau Sironjong besar, pulau sironjong ketek, Pulau Marak, Pulau Kapo–kapo. Wisata mandeh ini memiliki wisata bawah laut yang sangat indah, sangat cocok untuk snorkling, untuk menikmati betapa indahnya bawah laut wisata mandeh ini.

Wisata Mandeh atau biasa disebut sebagai raja ampat dari sumatera merupakan kawasan wisata yang memiliki area seluas 18.000 Ha.
Sumber foto : Antara/Iggoy el Fitra

About Post Author

1 thought on “Tempat Mengagumkan di Sumatera Barat”

  1. Pingback: Wisata di Yogyakarta yang ramai dengan pengunjung | Mengenal Indonesia

Leave a Comment

Education Template