Mengenal Indonesia

prediksi pariwisata indonesia

Prediksi Tren Wisata Indonesia 2023, Workation Jadi Favorit!

Share this :

Setelah melewati masa-masa sulit karena pandemi, kira-kira bagaimana ya kondisi pariwisata Indonesia di tahun 2023? Pada Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan laporan data pariwisata tahun 2022 dan prediksi tren wisata indonesia tahun 2023.

Pada Oktober 2022, wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sudah mencapai 3,92 juta kunjungan melampaui target 3,6 juta per tahun. Artinya, target kunjungan tahun 2022 sudah tercapai sebelum tahun baru. Wah, keren banget ya stakeholder pariwisata kita, Sobat MI?

Selanjutnya, Pak Sandiaga Uno memaparkan bahwa tren pariwisata Indonesia tahun 2023 adalah Culture Immersion, Wellness Tourism, Work From Destination, dan Off-Grid Travel.

Tren tersebut bisa diprediksi dari tourish behaviour dan pola perjalanan yang telah berubah semenjak pandemi. Yuk, kita simak apa aja tren pariwisata Indonesia tahun 2023.

1. Culture Immersion

Culture immersion atau culture experience adalah kegiatan wisata dengan datang ke suatu daerah yang asing dan berbeda dengan daerah asal wisatawan. Tujuan utama dari wistaa ini yaitu ingin menyerap, mempelajari dan mengetahui kebudayaan dari masyarakat setempat. Sobat MI bisa mendapatkannya dengan datang ke desa adat dan menginap sehari dua hari untuk menjalani aktivitas seperti warga lokal. Selain asik, bisa dapet banyak ilmu juga, lho!

2. Wellness Tourism

Semenjak pandemi, orang-orang yang berwisata tidak hanya ingin mendapatkan kepuasan hati semata. Kalau bisa sekalian sembuhin penyakit hati dan fisik, kenapa tidak? Wellness tourism adalah wisata yang berfokus untuk tujuan kesehatan. Kayak wisata-wisata healing yang lagi rame itu, lho!

Indonesia berpotensi banget untuk dijadikan destinasi utama wellness tourim. Misalnya seperti pusat-pusat meditasi, pemandian air panas untuk menyembuhkan penyakit, dan sebagainya.

3. Work From Destination

Kalau dulu trennya ctaycation, sekarang udah mau berganti jadi workation. Tpai kalo dipikir-pikir, males juga ya kalau harus bawa-bawa urusan kerjaan pas lagi liburan. Gimana bisa liburan dengan tenang kalo kayak gitu, kan?

Nah, workation itu cocok banget dilakukan oleh para digital nomad, atau orang yang bisa bekerja di mana saja. Biasanya mereka ini kerja di ranah digital yang gak perlu ke kantor, kayak freelancer, atau mungkin pebisnis.

Kalau ngomongin soal membagi waktu antara berwisata dan bekerja, ya itu pinter-pinter kita aja membagi waktunya. Kalian bisa kerja di penginapan, bisa juga kerja sambil nikmatin pemandangan pantai.

Salah satu destinasi yang cocok banget untuk workation adalah Bali, karena wilayah pariwisata di situ banget, ada Kuta, Legian, Seminyak, Kintamani, dan sebagainya. Jarak dari penginapan, objek wisata dan tempat kuliner juga biasanya berdekatan. Jadi habis selesai kerja, bisa langsung melipir refreshing deh!

4. Off-Grid

Sebenernya, belum banyak informasi mengenai wisata off-grid ini. Tapi dirangkum dari beberapa sumber, off-grid itu lebih mengarah ke wisata alam. Jadi, tahun depan diprediksi bahwa wisatawan ingin lebih mengeksplor alam bebas.

BACA JUGA: Rekomendasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023!

Selain empat tren di atas, para pakar pariwisata memprediksi beberapa prediksi tren wisata indonesia tahun 2023. Hmm.. Apalagi, ya?

1. Bleisure

Bleisure adalah singkatan dari bisnis travel. Tahun 2023, pelaku bisnis tidak hanya keluar daerah untuk urus pekerjaan saja, tapi juga sekalian berwisata. Baik hanya dengan rekan, atau mengajak spouse dan keluarganya.

2. Sport Tourism

Selain itu, diprediksi juga banyak wisatawan yang datang ke Indonesia karena ingin melakuakan dan melihat berbagai aktivitas olahraga, misalnya pada event-event olahraga. Dilansir laman indonesia.travel, ada beberapa event olahraga kelas dunia yang diadakan di Indosia pada tahun 2022, contoh Formula E World Championship, World Surf League, Krui Pro, dan Nias Pro.

Selain tren pariwisata di atas, juga akan diadakan ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta pada bulan Februari 2023. Maka diharapkan event MICE juga akan menyumbang banyak pendapatan untuk pariwisata.

Pak Sandiaga Uno juga memprediksi tren ekonomi kreatif tahun 2023, yaitu konten lokal dan film Indonesia, bangkitnya jenama lokal, metaverse era, dan circular fashion.

Nah, itulah prediksi pariwisata Indonesia di tahun 2023, Sobta MI? Kira-kira mana yang akan paling trending? Coba komen di bawah mana yang paling bikin kalian tertarik!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia

Share this :

Leave a Comment