Kisah Inspiratif Mischka & Devon: Peraih 33 Medali Olimpiade Matematika

Kisah Inspiratif Mischka & Devon: Peraih 33 Medali Olimpiade Matematika

Kisah inspiratif kali ini datang dari anak Indonesia yang berprestasi, yaitu Mischka Aoki (12) dan Devon Kei Enzo (11). Kakak beradik ini berhasil menyumbang medali dari Olimpiade Matematika Internasional, World Mathematics Invitational (WMI 2021). 

 

Prestasinya langsung menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, kakak beradik ini berhasil menyabet 33 medali sekaligus dalam kompetisi matematika dan sains internasional.

 

Atas prestasi yang mengagumkan tersebut, masyarakat pun dibuat bertanya-tanya tentang sosok Mischa dan Devon ini. Langsung saja kita simak fakta menarik dari Mischa dan Devon yang telah dirangkum oleh MengenalIndonesia.com

Meraih 33 Medali Selama Pandemi

Kisah Inspiratif
Sumber Gambar: Kompas.com

Selama pandemi, sekolah di Indonesia melakukan pembelajaran secara daring. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala atau hambatan yang dirasakan oleh siswa-siswi di Indonesia ketika melakukan pembelajaran daring. Hal ini pun dirasakan oleh kakak beradik yang satu ini.

 

Mereka mengatakan bahwa salah satu kendala yang dihadapi yaitu kesulitan dalam berkomunikasi. Salah satu faktornya adalah jaringan komunikasi yang tidak stabil, sehingga terkadang menghambat proses belajar mereka.

 

Namun, mereka tidak menjadikannya sebagai alasan untuk tidak berprestasi. Sebaliknya,  mereka tetap memiliki semangat belajar yang tinggi di tengah pandemi ini dan terus berusaha fokus untuk mencapai masa depan mereka masing-masing. Terbukti, mereka mampu meraih sejumlah prestasi selama pandemi. 

 

Prestasi terbaru yang ditorehkan kakak beradik ini adalah membawa pulang medali emas dari ajang World Mathematics Invitational 2021. Pada ajang tersebut, Devon meraih penghargaan terbaik Diamond Medal Olimpiade Matematika Internasional (WMI), sedangkan sang kakak meraih silver medal.

 

Selain itu, dilansir dari detik.com beberapa kompetisi matematika dan sains yang berhasil ditaklukkan oleh kakak beradik ini di antaranya Gold Medals dari Hua Xia Cup Global Round, AIMO, Vanda Science, dan Big Australia Science Competition. 

 

Mengingat banyaknya ajang kompetisi yang mereka ikuti ditambah beberapa di antaranya diadakan dalam waktu yang berdekatan, hal ini membuat mereka terus belajar dan berlatih secara intensif.

 

Hanya butuh waktu 6 bulan bagi mereka untuk membawa pulang 21 medali dari berbagai olimpiade internasional. Total, sepanjang tahun 2021 mereka berhasil membawa pulang 33 medali. Membanggakan bukan?

Tidak Mengikuti Les

Dari deretan prestasi yang mereka capai, masyarakat pasti bertanya-tanya di mana mereka bersekolah dan les apa saja yang mereka ikuti? Mischka dan Devon bersekolah di ACS Secondary School Jakarta.

 

Namun, yang menarik dari kakak beradik ini adalah mereka tidak pernah mengikuti les atau mempunyai guru matematika pribadi lho! Jadi selama ini mereka belajar sendiri. Bahkan, dalam  mempersiapkan diri untuk menghadapi olimpiade pun mereka belajar secara mandiri. Jenius bukan?

Peran Orang Tua di Balik Prestasi Mischka dan Devon

Kisah Inspiratif
Sumber Gambar: Merdeka.com

Rupanya, Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo adalah anak dari desainer ternama di Indonesia, yaitu Winnie Aoki. Sang ibu pun menamai brand fashion-nya dengan ‘Mischka Aoki’ yang juga merupakan nama anak sulungnya. Busana yang diproduksinya menjadi langganan selebriti dunia. 

 

Adapun sang ayah dikabarkan sebagai pengusaha berdarah Jepang. Meskipun keduanya sangat sibuk, tetapi orang tua Mischka dan Devon memiliki peran yang penting dalam mendukung mereka untuk meraih prestasi yang telah dicapai.

 

Dalam diskusi Forum Merdeka Barat Edisi Tangguh Tanpa Mengeluh (FMB 9), Mischka mengungkapkan bahwa orang tuanya selalu memperhatikan dirinya dan sang adik ketika mengerjakan PR. Keduanya pun selalu memberikan dukungan dan semangat yang positif serta tak pernah memaksakan kehendaknya pada anak-anaknya. 

Cita-Cita Mischka dan Devon

Kisah Inspiratif
Sumber Gambar: Haibunda.com

Tentunya keduanya memiliki cita-cita serta tujuan yang ingin diraih khususnya dalam pendidikan. Dilansir dari zigi.id baik Mischka maupun Devon memiliki cita-cita untuk berkuliah di salah satu universitas peringkat atas di Amerika Serikat,  seperti Columbia University, Harvard University, Brown University, Cornell University, Dartmouth University, Pennsylvania University, atau Yale University.

 

Saat kuliah kelak, Mischka tertarik untuk belajar hukum atau politik. Ia juga tertarik dengan desain grafik. Berbeda dengan sang kakak, Devon mengungkapkan bahwa ia belum mempunyai tujuan pasti dan hendak mengambil jurusan apa ketika kuliah kelak.  Namun, Devon mengaku ia suka dengan sesuatu yang berhubungan dengan teknologi.

 

Nah, itu dia kisah inspiratif dari kakak beradik, yaitu Mischka dan Devon yang meraih 33 medali dalam kompetisi matematika dan sains internasional. Semoga berita inspiratif ini dapat menjadi penyemangat dan contoh bagi kita untuk berprestasi sesuai dengan kemampuan pada bidang kita masing-masing. 

Referensi

 

Salendu, Fitzgerald. (2021). Mischka dan Devon, Kedua Kakak Beradik yang Sumbang Medali dari Olimpiade Matematika Internasional. Diakses pada 21 Oktober 2021 dari https://www.google.com/amp/s/www.pramborsfm.com/amp/news/mischa-dan-devon-kedua-kakak-beradik-yang-sumbang-medali-dari-olimpiade-matematika-internasional

 

Wulandari, Trisna. (2021). Dua Kakak Beradik Menang 33 Medali Olimpiade Matematika, Begini Kisahnya. Diakses pada 21 Oktober 2021 dari https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/edutainment/d-5691233/dua-kakak-beradik-menang-33-medali-olimpiade-matematika-begini-kisahnya/amp 

 

Yevina, Anabel. (2021). 5 Fakta Mischka Aoki-Devon Kei, Raih 33 Medali Olimpiade Matematika. Diakses pada 21 Oktober 2021 dari https://hits.zigi.id/5-fakta-misckha-aoki-devon-kei-raih-33-medali-olimpiade-matematika-2668   

Leave a Reply