Pembobolan Tokopedia membuat pengguna menjadi risau

Pembobolan Tokopedia membuat pengguna menjadi risau

Sumber Foto : kabar24.bisnis.com

Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menjadi populer diperbincangkan, dikarenakan adanya kabar pembobolan oleh hacker yang menjual 15 juta data pengguna ke forum penjualan online namun data terbaru dari akun twitter @underthebreach menyebutkan data pengguna yang telah dijual sebesar 91 juta. Data pengguna yang telah tersebar itu ialah nama pengguna, email, hash password, nomor handphone, tanggal lahir, lokasi, beserta waktu  pembuatan akun dan terakhir login yang telah diterbitkan ke forum penjualan online seperti gambar data dibawah ini :

Sumber Foto : kompas.com - twitter @underthebreach

Akan tetapi password yang digambar forum penjualan tersebut masih dalam keaadaan terenkripsi yang membuat sang hacker meminta pertolongan untuk mencari kunci agar dapat membuka enkripsi password tersebut. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa sang hacker belum dapat sepenuhnya data pengguna dalam peretasannya. 

Kemudian Nuraini Razak VP of Corporate Communications Tokopedia menjelaskan “Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia. Namun Tokopedia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password tetap berhasil terlindungi,” dan adanya penambahan “Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi kemanan dan kenyamanan” Jawaban tersebut didapat saat dihubungi Gizmologi di Jakarta (02/5/2020).

Seperti saran diatas untuk pengguna tokopedia sebaiknya mengganti password akunnya secara berkala dan selalu waspada apabila mendapatkan kiriman email karena mungkin pembobolan oleh hacker ini masih berlangsung lama.

Leave a Reply