Kapan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021?

Kapan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021?

Pandemi covid-19 yang sedang melanda di Indonesia membuat masyarakat bingung akan “kapan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021?”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) menegaskan untuk tahun ajaran baru 2020/2021 tidak adanya kemunduran sehingga berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Kemendikbud menetapkan pada setiap tahunnya kalender pendidikan dimulai hari senin pekan ketiga di bulan Juli dan berakhir pada bulan Juni. 

 

“Tahun ajaran baru biasanya dimulai pada minggu ketiga Juli dan hari Senin. Kemungkinan besar hampir di semua daerah tanggal 13 Juli mendatang,” kata Hamid Direktur Jendral PAUD Dikdasmen Kemendikbud dan menambahkan “Tahun pelajarannya itu mulai akan tetap sama, tapi pola pembelajarannya itu yang mungkin berbeda”. Dalam bincang sore kemendikbud lewat apikasi Zoom, pada Kamis (28/5).

 

Alasan yang diberikan oleh Hamid untuk tidak memundurkan tahun ajaran baru dikarenakan adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) 2020. “Kelulusan SMA, SMP sudah diumumkan. Artinya sudah lulus, kalau diperpanjang, ini mau dikemanakan (lulusannya). Di perguruan tinggi sudah melakukan seleksi seperti SNMPTN, ada juga SBMPTN, ini harus sinkron, “ujar Hamid. Terkait proses pembelajaran tetap dilakukan dengan jarak jauh, Kemendikbud memberikan layanan untuk dapat dimanfaatkan melalui media edukasi dari TVRI begitu juga adanya kuota yang murah untuk pembelajaran online.

 

Menurut Chatarina Mulia Girsang yaitu Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, proses pembelajaran dari rumah membuat siswa mendapatkan pengalaman yang bermakna tanpa terbebani tuntutan untuk menyelesaikan seluruh pencapaian kurikulum. Serta memfokuskan pada pendidikan cakapan hidup terutama dalam pandemi covid-19.

Leave a Reply