Mengenal Indonesia

Tempat Wisata

Mengenal 10 Bali Baru, Tempat Wisata Prioritas Indonesia

Share this :

Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan keindahan alam, keramahan penduduk, dan keanekaragaman budaya. Tempat wisata pun terhampar di berbagai daerah di Indonesia. Tak heran perkembangan pariwisata di Indonesia terus mengalami peningkatan. 

 

Selama ini, sektor wisata di Indonesia memang selalu diidentikkan dengan Pulau Bali. Banyak wisatawan asing yang memilih Bali sebagai tempat tujuan wisata mereka di Indonesia. Tercatat jumlah kunjungan wisatawan asing di Bali pada tahun 2016 mencapai 4.927.937 (data didapat dari Badan Pusat Statistik Provinsi Bali). 

 

Sebagai usaha mengenalkan berbagai tempat wisata Indonesia yang tidak melulu soal Bali, maka pada tahun 2016 pemerintah menggiatkan sosialisasi “10 Bali Baru”. Program ini merupakan upaya pemerintah guna mendongkrak destinasi wisata lain yang ada di Indonesia yang tak kalah eksotis. Tentunya program ini dibarengi dengan perbaikan dan peningkatan infrastruktur, layanan, hingga promosi.

 

Frasa “Bali Baru” sendiri  merupakan makna kiasan yang memberi tekanan pada performa masing-masing daerah di Indonesia agar bisa menyamai Bali yang dalam setahun dapat mendatangkan empat juta wisatawan mancanegara. 

 

Selain  mendongkrak destinasi wisata di Indonesia, program ini juga bertujuan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di daerah yang termasuk ke dalam 10 Bali Baru.

 

Lantas, kawasan wisata mana sajakah yang termasuk ke dalam 10 Bali Baru?

1. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Tempat Wisata
Sumber Gambar: Borobudurnews.com

Candi Borobudur adalah kompleks candi buddha terbesar di dunia. Pada tahun 1991 UNESCO telah menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu  situs warisan dunia.

 

Kompleks Candi Borobudur memiliki luas 123×123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya tersusun atas 504 arca dan 72 stupa. Di bagian puncaknya terdapat sebuah stupa induk besar. Keunikan Candi Borobudur terletak pada balok-balok yang dapat tersusun tanpa menggunakan pelekat ataupun semen.

 

Jika dilihat dari atas, Candi Borobudur tampak seperti susunan lego raksasa. Keindahan alam yang mengelilingi kompleks candi ini pun menambah pesona Candi Borobudur. Tak heran, Candi Borobudur menjadi tempat wisata favorit di Jawa Tengah.

2. Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Tempat Wisata
Sumber Gambar: tic.wonderin.id

Bagi yang pernah menyaksikan film Laskar Pelangi pasti tidak asing dengan tempat yang satu ini. Ya, Pantai Tanjung Kelayang yang berlokasi di Bangka Belitung. Sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi batu granit besar nan indah.

 

Akses menuju pantai ini pun tidak sulit. Kamu dapat menggunakan roda dua atau roda empat dari pusat Tanjung Pandan. Hanya butuh waktu 30 menit untuk bisa sampai ke tempat ini. 

3. Gunung Bromo, Jawa Timur

Tempat Wisata
Sumber Gambar: tiket.com

Gunung Bromo merupakan tempat wisata gunung berapi aktif yang berada di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

 

Di sini kamu bisa menikmati pesona alam Gunung Bromo yang berdiri dengan gagah dan dikelilingi kaldera (lautan pasir) dengan luas 10 kilometer persegi. Yang spesial dari Gunung Bromo adalah pemandangan ketika matahari terbit atau biasa disebut dengan golden sunrise.

 

Gunung Bromo dinobatkan sebagai tempat dengan pemandangan matahari terbit terbaik di Pulau Jawa. Namun, tak hanya pemandangan ketika sunrise saja yang memukau. Selepas matahari terbit kamu akan merasakan pemandangan yang tak kalah indah, bak pemandangan negeri di atas awan.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Tempat Wisata
Sumber Gambar: goodnewsfromindonesia.id

Banyak yang mengatakan bahwa Labuan Bajo bak surga tersembunyi di Indonesia bagian timur. Pendapat tersebut rupanya tidak berlebihan. Labuan Bajo menawarkan panorama yang memesona.

 

Selain hamparan gradasi laut biru yang dikelilingi perbukitan, di sini juga terdapat hewan purba yang mendunia. Contohnya adalah hewan endemik komodo di Taman Nasional Komodo. Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

5. Danau Toba, Sumatera Utara

Tempat Wisata
Sumber Gambar: Maritim.go.id

Jika destinasi wisata sebelumnya adalah laut dan pantai, kali ini berbeda, yaitu destinasi wisata berupa danau. Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yang terbentuk karena letusan gunung api, yaitu Gunung Toba sekitar 74.000 tahun yang lalu.

 

Danau Toba terbentang sangat luas dan mirip seperti lautan. Pesona alam yang ditawarkan danau ini tidak main-main. Kamu akan merasakan tempat yang menenangkan dan didukung oleh pemandangan alam yang indah. Di dekat danau ini terdapat pulau yang cukup besar, yaitu Pulau Samosir.

6. Kepulauan Seribu, Jakarta

Tempat Wisata
Sumber Gambar: Megapolitan.kompas.com

Seperti yang kita ketahui, wisata asyik tidak melulu harus ke Bali. Masih banyak tempat memesona di sekitaran Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Apalagi kalau bukan Pulau Seribu.

 

Kepulauan Seribu berlokasi di sebelah utara Kota Jakarta, walaupun namanya ‘pulau seribu’ jumlah pulau yang ada tidak mencapai seribu. Namun, di wilayah ini terdapat deretan pulau yang indah dengan daya tariknya masing-masing.

 

Pulau Seribu cocok bagi kamu yang hendak berlibur menikmati pesona pantai yang indah tanpa harus jauh-jauh dari sekitaran jabodetabek. Pulau terdekat di Kepulauan Seribu berjarak 45 km dari Kota Jakarta. Meskipun terletak di Kota Jakarta, kamu tidak perlu khawatir terjebak macet. Pasalnya, perjalanan menuju Kepulauan Seribu ditempuh melalui jalur laut. 

7. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Tempat Wisata
Sumber Gambar: oleholehkhaslombok.net

Keindahan alam Indonesia bagian timur memang tidak diragukan lagi. Mandalika menjadi salah satu destinasi prioritas yang ada di Indonesia. Mandalika terletak di Kabupaten Lombok Tengah dan memiliki luas 1.035 hektar.

 

Di sini tak hanya menawarkan pesona laut yang indah, infrastruktur penunjangnya pun tak kalah lengkap. Sebut saja Pelabuhan Lembar, ruas jalan Penunjak-Kuta, bandara internasional, bahkan terdapat sirkuit internasional yang direncanakan menjadi tempat ajang MotoGp 2022

8. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Tempat Wisata
Sumber Gambar: Tribunnews.com

Indonesia rupanya pantas berbangga diri, pasalnya salah satu surga bawah laut terindah di dunia berada di Indonesia. Tepatnya di Taman Nasional Wakatobi yang berada di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. 

 

Melansir dari gotravelindonesia.com nama ‘Wakatobi’ merupakan singkatan dari empat pulau utama yang ada di wilayah tersebut. Nama pulau tersebut di antaranya Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko.

 

Keindahan Wakatobi telah diakui dunia, terbukti pada tahun 1996 Wakatobi ditetapkan sebagai taman nasional oleh UNESCO. 

9. Tanjung Lesung, Banten

Tempat Wisata
Sumber Gambar: liputan6.com

Tanjung Lesung adalah kawasan wisata di pesisir Banten yang memiliki pantai berpasir putih yang indah. Tanjung Lesung merupakan kawasan resort pantai terbesar yang bisa diakses melalui jalur darat dari Kota Jakarta. Kawasan Tanjung Lesung berstatus kawasan ekonomi khusus yang sedang dikembangkan oleh PT Jabeka Tbk.

 

Tidak hanya keindahan pantai, terumbu karang, serta flora fauna yang memesona, di sini kamu juga bisa merasakan berbagai fasilitas yang lengkap dan berkelas. Tersedia juga berbagai sajian kuliner hasil laut yang segar.

10. Pulau Morotai, Maluku Utara

Tempat Wisata
Sumber Gambar: RedDoorz.com

Pulau Morotai merupakan pulau yang berada di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku, Provinsi Maluku Utara. Keindahan pulau ini tidak diragukan lagi. Keunikan lain dari pulau ini adalah memiliki 33 pulau kecil yang mengelilinginya. 26 pulau di antaranya tidak berpenghuni, artinya hanya 7 pulau yang berpenghuni.

 

Pulau Morotai juga telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2014. Selanjutnya, pada tahun 2016 pulau ini ditetapkan sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia.

 

Nah itu dia destinasi wisata yang termasuk 10 Bali Baru. Melalui program tersebut, kita mengetahui bahwa tempat wisata Indonesia sangat kaya dan indah.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template