3 Tempat Wisata Paling Seram di Indonesia

3 Tempat Wisata Paling Seram di Indonesia

Biasanya berekreasi dilakukan ke tempat wisata yang menyenangkan dan membuat hati gembira, tapi bagaimana dengan mengunjungi tempat wisata seram yang malah bikin bulu kuduk kamu merinding?

Indonesia kaya sekali akan tempat wisatanya. Dari Ujung Sabang hingga Merauke tersuguh destinasi wisata yang menarik dan memanjakan mata. Pesona alam Indonesia tidak dapat diragukan lagi, bahkan banyak di antaranya yang mendunia. Contohnya saja Borobudur yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia, dan Ubud sebagai daerah wisata surganya para bule.

 

Alih-alih memilih tempat wisata yang memiliki pesona keindahannya, kamu bisa memilih tempat wisata yang memacu adrenalin lho! Terutama bagi kamu yang memiliki jiwa pemberani tempat wisata seram ini akan cocok denganmu.

 

Tempat wisata ini bukanlah theme park yang menyediakan berbagai wahana yang menegangkan, melainkan tempat wisata seram yang ada di Indonesia. Namun, tempat horor ini sama-sama bisa bikin jantung kamu dag dig dug layaknya naik roller coaster. Tempat apa sajakah itu?

 

1. Gunung Kawi

Sumber Gambar: Phinemo.com

Tempat seram pertama adalah Gunung Kawi. Tempat horor ini bukan sekadar tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam, tapi sarat akan hal mistis di dalamnya. Dilansir dari idntimes.com tempat seram ini terletak di Malang, Jawa Timur dan sudah terkenal akan hal-hal yang berkaitan dengan pesugihan dan ritual-ritual lainnya.

 

Gunung Kawi biasa dijadikan tempat ziarah Pasarean. Tak jarang masyarakat juga datang ke Gunung Kawi untuk meminta kekayaan melalui jalan pintas, atau biasa dikenal dengan ritual pesugihan dan tumbal. Menyeramkan bukan?

 

Jika kamu ingin benar-benar merasakan langsung  pengalaman mistis dan hal horor di sini, kamu bisa datang pada Jumat Legi dan tanggal 12 bulan suro. Biasanya pada Jumat Legi diadakan ritual pemakaman Eyang Jugo, sedangkan di tanggal 12 bulan suro adalah hari perayaan wafatnya Eyang Sujo.

 

Gunung Kawi cocok masuk ke dalam tempat wisata paling seram di Indonesia, karena tempat ini memiliki hal mistis yang sudah terbukti melalui berbagai kegiatan ritual mistis dan pesugihan yang dilakukan oleh masyarakat di sana. Jadi Gunung Kawi bukanlah tempat yang sengaja dibuat seram, alias no settingan

 

Gunung Kawi tidak hanya menawarkan tempat wisata seram saja, tapi juga keindahan tempatnya. Contohnya adalah bangunan batu seperti candi  yang konon katanya dijadikan tempat ritual pesugihan. Kamu bisa jadikan tempat tersebut dan suasana alam sekitar sebagai latar berswafoto.

 

Sumber Gambar: Phinemo.com

Tidak jauh dari lokasi gunung Kawi, tepatnya di ketinggian 700 meter terdapa bangunan yang cukup ikonik. Bangunan tersebut merupakan Petilasan Prabu Sri Kameswara. Menurut naskah Smaradhana (sebuah karya sastra Jawa Kuna) Prabu Sri Kameswara adalah Raja Kediri titisan Bathara Kamajaya yang dikenal sebagai tokoh pewayangan Jawa.

 

Namun, jika keberanian kamu menciut sebelum datang ke Gunung Kawi terlebih karena cerita dan mitos yang berseliweran, kamu bisa coba datang ke rumah padepokan Eyang Sujo. Padepokan ini berada di Blitar, Jawa Timur. Dikabarkan padepokan ini memiliki hubungan atau koneksi dengan pesugihan Gunung Kawi.

 

Di padepokan Eyang Sujo kamu bisa melihat peninggalan milik Eyang Sujo, bahkan di sini kamu bisa melihat tombak pusaka peninggalan masa perang Dipenogoro.

 

2. Lawang Sewu

Tempat Wisata Paling Seram di Indonesia
Sumber Gambar: travel.kompas.com

Tempat wisata seram selanjutnya adalah Lawang Sewu. Banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan nama tempat ini. Tentu saja banyak masyarakat yang telah mengenal tempat ini karena pernah dijadikan lokasi syuting uji nyali oleh sebuah program televisi.

Lawang Sewu berlokasi di Kota Semarang. Dulunya gedung ini adalah kantor perusahaan kereta api milik Hindia Belanda yang didirikan pada tahun 1904. Nama Lawang Sewu (pintu seribu) diambil karena memiliki jumlah pintu yang banyak.

 

Terdapat mitos bahwa di tempat ini sering muncul penampakan noni Belanda, bahkan ada yang mengatakan kuntilanak pun kerap menampakan dirinya. Jika mitos itu benar, akan menyeramkan sekali bukan?

 

Di samping mitos yang belum tentu kebenarannya, terdapat fakta yang wajib kamu ketahui mengenai Lawang Sewu. Fakta apa itu?

 

Lawang Sewu ternyata merupakan bangunan bersejarah. Gedung Lawang Sewu menjadi lokasi pertempuran 5 hari di kota Semarang (15-19) Oktober 1945, yang terjadi antara Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) dan pihak Jepang (Kempetai & Kidobutai). Oleh karena itu, Lawang Sewu menjadi tempat yang dilindungi oleh pemerintah Kota Semarang.

 

Bagian terseram di Lawang Sewu terletak di ruang bawah tanah. Kamu dapat mengunjungi tempat seram di Semarang ini pada malam hari untuk merasakan suasana yang menegangkan. Kamu bisa mengunjungi tanpa masuk ke dalam ruang bawah tanah, jika dirasa kamu tidak cukup berani. Bagian luar Lawang Sewu pun tak kalah menarik dan iconic kok!

3. Taman Nasional Alas Purwo

Sumber Gambar: anekatempatwisata.com

Jika sebelumnya tempat wisata seram berada di daratan, kali ini tempat seram tersebut berbentuk pulau dan dapat diakses melalui jalur laut. Tempat tersebut adalah Taman Nasional Alas Purwo.

 

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat ini sering dianggap sebagai tempat yang horor dan identik dengan mistis. Anggapan itu berlandaskan dari fakta bahwa kawasan ini adalah tanah tertua di Pulau Jawa.

 

Jika dilihat sekilas Taman Nasional Alas Purwo tidak nampak seperti tempat horor, karena memiliki keindahan alam yang memesona. Di sini kamu dapat mengunjungi berbagai tempat, diantaranya candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit, Savana Sadengan yang menawarkan pemandangan binatang-binatang liar, kawasan hutang mangrove Bedul, wisata Goa, dan berbagai pantai yang indah.

 

Mungkin tempat ini terasa seram karena terdapat makam Gandrung yang biasa dijadikan tempat ritual. Para nelayan biasa memanjatkan doa di tempat ini, dan setiap tanggal 15 Muharam diadakan upacara Petik Laut.

 

Terlepas dari tempat-tempat wisata seram yang telah disebutkan, masih banyak lagi tempat wisata lainnya di Indonesia yang dianggap menyeramkan. Jadi, bagi kamu yang memiliki jiwa pemberani, sudahkah menentukan tempat wisata seram yang hendak kamu kunjungi?

Klik Disini! Fakta dan Keunikan Rumah Adat Minangkabau Rumah Gadang

 

Daftar Pustaka

 

Iqbal, Reza. (2021). 7 Wisata Ini Dianggap Paling Horor di Indonesia, Kamu Berani Coba?. Diakses pada 8 September 2021, dari https://www.idntimes.com/travel/destination/amp/reza-iqbal/wisata-terhoror-di-indonesia.

 

Nurhayati, Endang. (2010). Karya Sastera Jawa Kuna Yang Berbentuk Tembang. Jurnal Terjemahan Alam & Tamadun Melayu 2:1 110-112.

 

Pratama, Surya Alvin. (2016). Tahukah Kamu Soal 7 Fakta Mistis Mengenai Pesugihan Gunung Kawi Ini?. Diakses pada 8 September 2021. https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/amp/alvin-surya-pratama/fakta-mistis-tentang-pesugihan-gunung-kawi

Ullen Sentalu : Wisata Pegunungan yang Dapat di Jumpai di Yogyakarta, menyimpan berbagai koleksi dan peninggalan budaya bangsawan Jawa pada masa kerajaan Mataram. Baca Selengkapnya!

Leave a Reply