MAKANAN INDONESIA YANG MENDUNIA, SUDAH COBA?

MAKANAN INDONESIA YANG MENDUNIA, SUDAH COBA?

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan rempah-rempah. Tak heran jika kekayaan tersebut memberikan ciri khas bagi makanan Indonesia yang kaya akan rempah. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas makanannya masing-masing, tapi secara umum masakan Indonesia memiliki ciri khas pedas, gurih, dan berlemak.

 

Masakan Indonesia dikenal memiliki cita rasa pedas, karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan cabai sebagai salah satu bahannya.Selain itu, karena berkaitan dengan rempah masakan Indonesia pun memiliki ciri khas gurih. Banyak juga masakan Indonesia menggunakan santan sebagai bahannya, sehingga makanan akan terasa berlemak. 

 

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi makanan yang kaya akan rempah sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun, bagaimana bagi orang luar negeri?

Orang luar negeri khususnya orang Eropa barangkali tidak terbiasa dengan aroma dan rasa rempah, mungkin masakan Indonesia akan terasa menyengat dan rasanya terlalu kuat di lidah mereka. Namun, siapa sangka ciri khas tersebut justru membuat mereka ketagihan.

 

Cita rasa masakan Indonesia ternyata banyak dicintai oleh orang-orang di luar Indonesia. Bahkan banyak masakan Indonesia yang telah mendunia dan diakui kelezatannya. Apa sajakah itu?

1. Rendang

Makanan Indonesia
Sumber Gambar: Food.detik.com

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Makanan yang berbahan utama daging ini sangat populer di masyarakat. Rendang berasal dari tanah Minang (Sumatera Barat) dan dikenal sebagai makanan yang rasa rempahnya kuat sehingga memiliki rasa gurih serta nikmat. 

Bahan utama rendang adalah daging sapi dan kelapa atau santan, sehingga membuat masakan ini terasa berlemak, tapi tetap nikmat. Rendang adalah masakan Indonesia yang mendunia. Hal ini dibuktikan dari dinobatkannya rendang sebagai hidangan yang menduduki posisi pertama dalam world’s 50 Most Delicious Foods.

 

Tak heran jika kepopuleran rendang tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga mancanegara. Di balik rasanya yang nikmat, rendang juga menyimpan nilai sejarah dan budaya Suku Minang lho!

 

Dilansir dari inews.id, bagi Suku Minang rendang memiliki filosofi musyawarah dan mufakat yang berasal dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang. Bahan pertama adalah daging yang melambangkan niniak mamak dan bundo kanduang, keduanya dipercaya akan memberikan kemakmuran pada anak pisang.

 

Bahan kedua adalah kelapa yang melambangkan kaum intelektual, yang ketiga adalah sambal yang melambangkan alim ulama yang tegas dalam mengajarkan agama, dan yang terakhir bumbu yang melambangkan masyarakat Minangkabau.

 

Wah, ternyata di balik  kepopuleran dan kelezatannya rendang juga rupanya menyimpan filosofi yang dalam ya!

2. Sate

Makanan Indonesia
Sumber Gambar: tribunnews.com

Siapa di antara kalian yang makanan favoritnya adalah sate? Jika iya, kalianlah bukanlah satu-satunya orang yang jatuh cinta pada kelezatan sate. Pasalnya sate termasuk masakan Indonesia yang mendunia lho!

 

Masakan Indonesia satu ini mendadak viral ketika mantan presiden Amerika Serikat, yaitu Barrack Obama mengaku suka sate ketika dulu ia tinggal di Indonesia. Setelah kejadian itu kepopuleran sate pun melejit bahkan hingga mancanegara,

 

Tak heran makanan berbahan dasar daging yang disajikan dengan cara ditusuk ini mendunia karena memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Di Indonesia kamu bisa menemukan penjual sate dengan mudah, mulai dari pinggir jalan hingga restoran bintang lima pun banyak menyajikan sate dalam menu mereka.

 

Bahan dasar sate biasanya adalah daging sapi, daging ayam, atau daging kambing. Namun, yang paling mendunia adalah daging ayam. 

3. Nasi Goreng

Makanan Indonesia
Sumber Gambar: Kumparan.com

Pasti di antara kalian sudah sering mengonsumsi nasi goreng bukan? Nasi goreng memang dikenal sebagai makanan yang fleksibel. Hal ini karena nasi goreng dapat dikonsumsi dalam kondisi apapun.

 

Membuat nasi goreng pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan nasi sebagai bahan utamanya, dan bumbu halus lainnya seperti bawang putih dan bawang merah yang sudah diulek, kemudian dicampurkan dan digoreng menggunakan sedikit minyak. 

 

Cara membuat yang praktis dan bahan yang ekonomis membuat nasi goreng disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan penjual nasi goreng, dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lama.

 

Meskipun bahan pembuatannya sederhana, tapi nasi goreng sudah mendunia lho! Dilansir dari kompas.com Pusat Kajian Kuliner dan Gastronomi Indonesia (PKKGI) menyatakan bahwa nasi goreng adalah salah satu masakan Indonesia yang layak mendunia.

4. Bakso

Makanan Indonesia
Sumber Gambar: Liputan6.com

Siapa sih yang akan menolak jika disuguhi bakso? Bahkan hanya melihat gambarnya saja bakso mampu membuat ngiler. Ternyata bakso termasuk ke dalam masakan Indonesia yang terkenal di dunia lho!

 

Bakso memang makanan yang dicintai sejuta umat di Indonesia. Semua kalangan di Indonesia menyukai bakso. Makanan yang terbuat dari gilingan daging yang dicampur tepung tapioka ini biasanya dilengkapi dengan mie dan kuah kaldu yang lezat.

 

Kenikmatan bakso akan bertambah berkali lipat jika dikonsumsi pada saat hujan. Di bawah rintikan hujan sambil menyeruput kuah bakso yang hangat, oh sungguh sedap!  Kepopuleran bakso pun sudah tidak dapat diragukan lagi.

Kamu dapat menemukan penjual bakso dengan mudah, mulai dari lapak yang menetap, hingga abang-abang bakso yang berkeliling, atau jika ingin merasakan sensasi bakso ala restoran ternama pun bisa.

 

Variasi bakso semakin hari pun semakin banyak. Dulu yang biasanya dikenal hanya bakso urat dan cincang saja, kini ada bakso mercon, bakso beranak, bakso mozarella, bakso barbel, dan masih banyak lagi. 

5. Soto

Makanan Indonesia
Sumber Gambar: Lemonilo.com

Masakan Indonesia yang terkenal di dunia yang terakhir adalah soto. Semua orang pasti sudah mengenal makanan berkuah yang satu ini. Ya, soto memang populer di masyarakat. Hampir semua daerah di Indonesia pun memiliki ragam soto. Bahkan soto menjadi simbol kesatuan Republik Indonesia.

 

Indonesia memiliki beragam soto yang memiliki ciri khas masing-masing pada setiap daerah. Salah satunya adalah makanan khas Betawi, yaitu soto Betawi. Soto Betawi terkenal dengan sajian jeroannya yang dipadukan dengan santan atau susu.

 

Soto Betawi adalah menu yang tepat untuk ditemani dengan nasi. Kuah yang gurih serta rasa asam dari perasan jeruk limau menambah sensasi segar. Biasanya soto Betawi disajikan dengan emping sebagai pendampingnya.

Itulah tadi sederet menu makanan Indonesia yang mendunia. Apakah ada di antara makanan tersebut yang belum kamu coba? Jika belum, ayo segera coba, dan buktikan sendiri kelezatannya!

TEMUKAN FAKTA UNIK RUMAH GADANG DI SINI: MENGINTIP KEUNIKAN RUMAH ADAT MINANGKABAU: RUMAH GADANG

 

Daftar Pustaka

 

Agmasari, Silvita. (2021).  Makanan Indonesia yang Layang Mendunia Versi PKKGI. Diakses pada 12 September 2021 dari kompas.com/food/read/2021/04/08/160800975/7-makanan-indonesia-yang-layak-mendunia-versi-pkkgi. 

Dimyati, Vani. (2019). Mengenal Sejarah Rendang Kuliner Tanah Minang yang Terkenal di Mancanegara. Diakses pada 12 September 2021 dari www.inews.id/amp/travel/kuliner/mengenal-sejarah-rendang-kuliner-tanah-minang-yang-terkenal-di-mancanegara

Fitriani, Annisa Nur. (2021). 10  Makanan Indonesia yang Popularitasnya Telah Mendunia, Apa Saja?. Diakses pada 12 September 2021 dari www.idntimes.com/food/diet/amp/annisa-nur-fitriani-1/makanan-indonesia-yang-popularitasnya-telah-mendunia-c1c2

Leave a Reply