8 Brand Indonesia Go Internasional

8 Brand Indonesia Go Internasional

 

Tanpa sadar sering kali kita memandang brand luar negeri memiliki kualitas yang lebih tinggi dibanding brand dalam negeri. Padahal seiring waktu berjalan semakin banyak brand Indonesia yang berkualitas tinggi bermunculan. Brand- brand ini bahkan diakui kualitasnya bukan hanya di dalam tetapi juga di luar negeri. Brand Indonesia berikut ini tentu punya visi, ciri serta kualitas tinggi namanya terdengar sampai ke luar Indonesia. 

J.CO Donuts and Coffee

Produk J.CO Donuts & Coffee
Foto:instagram.com/jcoindonesia/
Produk J.CO Donuts & Coffee
Foto:instagram.com/jcoindonesia/

Brand Indonesia satu ini sering jadi pilihan makanan manis untuk merayakan ulang tahun, karena tidak perlu memotong bagian kue tiap orang akan dapat bagian yang sama dengan varian berbeda. Pilihan kopi yang ditawarkan juga beragam, restoran ini juga dikenal dengan rasa yogurtnya yang enak dan inovasi menu baru bahkan selain makanan manis atau kopi. 

Ternyata brand ini buatan anak negeri yang didirikan pada 26 Juni 2005 dengan gerai pertama di kawasan Supermal Karawaci, Tangerang. Berkat konsep serta inovasi yang ditawarkan J.Co Donuts and Coffee dapat membuka 16 gerai dengan jumlah karyawan gerai mencapai 450 orang pada 1 tahun pertama. Kini setelah 16 tahun berdiri, gerai J.Co telah mendunia dengan gerai yang tersebar di negara-negara Asia seperti Malaysia, Filipina, China, Singapura, dan Arab Saudi.

 

Make Over

Produk Make Over
Foto: instagram.com/makeoverid/

Bagi kamu yang beauty enthusiast sudah tidak asing dengan brand Indonesia yang satu ini. Banyak yang mengira brand ini berasal dari luar negeri, namun kenyataannya Make Over merupakan salah satu brand kosmetik besutan PT. Paragon Technology and Innovation. Dengan slogan “Leave you worries, and be unstoppable!”  Make Over berhasil menjadi salah satu brand yang memproduksi make up berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Brand ini juga rutin melakukan inovasi yang luas dalam pengembangan produknya agar dapat terus bersaing di pasar kosmetik domestik hingga mancanegara. Brand yang didirikan tahun 2010 ini juga turut ambil bagian dengan mendukung desainer fashion muda Indonesia yaitu Tities Sapoetra pada penyelenggaraan Paris Fashion Show 2018.

Wardah

Produk Wardah
Foto: instagram.com/wardahbeauty/

Selain brand Make Over, brand Indonesia yang punya slogan “Feel the Beauty” yaitu Wardah juga telah mendunia. Wardah menorehkan sejarah pada 2016 lalu sebagai brand kosmetik Indonesia pertama yang menggelar beauty workshop bersama di Amerika Serikat pada ajang New York Fashion Week di Chicago. Mengusung kampanye “Halal dari Awal” juga menjadikan nama Wardah besar di pasaran Indonesia. Brand ini mampu memberikan rasa nyaman konsumen dalam menggunakan kosmetik tanpa khawatir bahan yang digunakan dalam pembuatannya. 

Wardah yang berawal dari usaha rumahan ini pada 2019 lalu telah memiliki 298 gerai di Malaysia dan terus ditingkatkan. Seiring keberhasilannya Wardah. Saat ini dengan luas pabrik mencapai 15 hektar, wardah menghasilkan kapasitas produk hingga 95 juta untuk kategori personal care dan make up. 

The Executive

Produk The Executive
Foto: instagram.com/id_theexecutive/

Brand Indonesia yang berdiri pada tahun 1979 ini dahulunya memfokuskan produksi pakaian kantor pria. Barulah pada 1984 The Executive memproduksi pakaian kantor dan semi formal wanita. Brand Indonesia ini sukses menghadirkan pilihan pakaian kantor dan semi formal untuk wanita. Mulai dari suit, blazer, kemeja, celana panjang hingga blouse mengikuti tren fashion yang berkembang. Pada 2015 The Executive telah memiliki 4 showrooms dan 22 counters di Malaysia. The Executive mengemas produk mereka sekelas brand luar negeri dengan harga yang mampu bersaing.

Indomie

Produk Indomie
Foto: instagram.com/indomie/

Nama brand satu ini tentu tidak asing, terlebih lagi memiliki ciri nama negara Indonesia sebagai identitasnya. Brand Indonesia dengan slogan “Indomie Seleraku” ini terus berinovasi melalui adopsi pilihan rasa yang beragam dari makanan tradisional hingga makanan dari luar negeri.

Brand yang kini telah dipasarkan ke lebih dari 80 negara ini pertama kali mulai melakukan ekspor pada tahun 1992. Mengawali target pasar ke negara dengan jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tinggi, kini Indomie melesat jauh hingga ke negara Afrika. Indomie juga telah memiliki pabrik di beberapa negara, seperti Malaysia, Nigeria, Mesir, Saudi Arabia, dan Suria. Selain cita rasanya yang enak, varian beragam penyajian dan penyimpanannya yang mudah menjadikan Indomie salah satu mie instan yang terkenal bukan hanya di Indonesia. Sangking terkenalnya tidak jarang banyak yang menyebut brand mie instan lain dengan nama brand ini.

Edward Forrer

Produk Edward Forrer
Foto: https://edwardforrer.co.id/

Brand yang namanya diambil dari nama sang pemilik, yaitu Edward Forrer mungkin terdengar asing di telinga. Namun brand sepatu yang berdiri tahun 1989 di kota Bandung ini telah melakukan ekspansi ke Australia, Hawaii, dan Malaysia. Berawal dari usaha sepatu custom sesuai permintaan pembeli dan beberapa kali mengubah strategi penjualan, kini Edward Forrer  menjadi salah satu brand Indonesia yang berhasil Go Internasional. Kini bukan hanya memproduksi sepatu, brand yang pada 2005 mulai membuka sistem waralaba ini juga telah memproduksi tas.

Kopiko

Produk Kopiko
Foto: Cuplikan Episode 15 Drama Vincenzo (2021)
Produk Kopiko
Foto: instagram.com/kopiko.id/

Beberapa waktu lalu brand permen asal Indonesia yang memiliki slogan “Kopiko gantinya Kopi” menghebohkan penggemar drama Korea dengan muncul sebagai salah satu brand yang mendukung drama Vincenzo. Bukan hanya tampil dibagian credits drama, namun brand Indonesia ini juga muncul pada beberapa episode sebagai pilihan cemilan untuk pemeran utama maupun pendukung. 

Kopiko sendiri merupakan brand permen kopi pertama di Indonesia dipelopori PT Mayora Indah Tbk (Mayora). Brand yang dirilis pada era tahun 1980 an ini pun menjelma menjadi salah satu Brand Indonesia yang mendunia melalui drama Korea Vincenzo dan muncul dalam frame di serial drama berjudul Mine. Produk permen ini juga telah diekspor ke 100 negara di seluruh dunia, seperti Amerika, Italia, Portugal, Spanyol, Jerman, Australia, Taiwan, dan Korea Selatan. 

Tampilan Iklan Erigo di Times Square NY
Foto: instagram.com/sadaad/
Produk Erigo
Foto: instagram.com/erigostore/

Ini dia brand Indonesia yang ambil bagian pada perhelatan New York Fashion Week 2022. Brand asal Indonesia yang didirikan 2011 di Depok kini iklannya terpampang di Time Square New York.  Diawali dengan menggunakan strategi penjualan sistem online, Erigo sukses menjadi salah satu brand fashion Indonesia yang go internasional. Pada 2019 Erigo memfokuskan penjualan melalui sistem online bekerja sama dengan perusahaan e-commerce. Strategi ini berhasil mengantarkan Erigo memperoleh pencapaian besar pada penjualannya di platform e- commerce sebagai  Top Local Brand dan Top Fashion Brand di Shopee Super. Pada acara New York Fashion Week 2022 nanti, Erigo siap mendunia dengan menampilkan koleksinya dengan tema “Fashion Meets Function”. 

10 Artis Korea Jadi Brand Ambassador Produk Indonesia, Ada Hyun Bin! Klik Disini!

Referensi

Merdeka.com. (2021). 12 Brand Asli Indonesia yang Sukses Mendunia, dari Indomie sampai J.Co. https://www.merdeka.com/gaya/12-brand-asli-indonesia-yang-sukses-mendunia-dari-indomie-sampai-jco.html [diakses 4 Sept 2021]

DoviRiandy, M Firhad (2017). Inovasi The Executive Menuju Pasar Internasional. https://www.kompasiana.com/firhadovi/58859456597b6188048b4573/inovasi-the-executive-menuju-pasar-internasional [diakses 4 Sept 2021]

Cahya, Putriana (2018). Tahukah Kamu 7 Brand Asli Indonesia Ini Sering Dikira Merek Impor?. https://www.idntimes.com/business/economy/putriana-cahya/7-brand-asli-indonesia-dikira-impor [diakses 4 Sept 2021]

Maxmanroecom (2014). Melihat Sejarah Bisnis J.Co Donut & Coffee. https://www.maxmanroe.com/melihat-sejarah-bisnis-j-co-donut-coffee.html [diakses 5 Sep. 2021].

‌Nadya, Novi (2016). Kosmetik Lokal Ini Cetak Rekor Pertama di Amerika. https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/2605898/kosmetik-lokal-ini-cetak-rekor-pertama-di-amerika [diakses 5 Sep. 2021].

HadiPTD (2011). Enterpreneur Global Indonesia “Edward Forrer.” http://www.syuhadi.my.id/2011/03/enterpreneur-global-indonesia-edward.html [diakses 7 Sept 2021].

Juliati, Sri (2017). 3 Alasan Kenapa Indomie Populer hingga Luar Negeri, Bahkan jadi Makanan Sejuta Umat di Nigeria. [online] Tribun Travel. https://travel.tribunnews.com/2017/08/02/3-alasan-kenapa-indomie-populer-hingga-luar-negeri-bahkan-jadi-makanan-sejuta-umat-di-nigeria [diakses 8 Sept 2021]

Grid.ID. (2021). Dari Depok ke New York, Kisah Sukses Brand Lokal Erigo Rambah Negeri Paman Sam. https://www.grid.id/read/042621779/dari-depok-ke-new-york-kisah-sukses-brand-lokal-erigo-rambah-negeri-paman-sam?page=all  [diakses 8 Sept 2021]

Kusumo, Rizky (2021). Muncul di Drakor Vincenzo, Begini Cara Kopiko Kuasai Pasar Dunia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/06/11/muncul-di-drakor-vincenzo-begini-cara-kopiko-kuasai-pasar-dunia [diakses 12 Sept 2021]. 

Telkom Indonesia, Pertamina, Astra Internasional, dan 10 perusahaan lainnya masuk dalam jajaran “Perusahaan – Perusahaan Besar Asli Milik Indonesia” Baca Selengkapnya!

Leave a Reply