Mengenal Indonesia

Naikin Art Kenalkan Indonesia Melalui NFT ke Mancanegara

Share this :

Indonesia baru-baru ini digemparkan dengan adanya fenomena Non-Fungible Token (NFT). NFT terutama marketplace Opensea dengan akun bernama Ghazali Everyday berhasil menggemparkan Indonesia dengan postingan foto selfienya yang bisa meraup keuntungan hingga belasan milyar. Foto selfie yang ia kumpulkan selama kurang lebih 4 tahun ternyata berhasil menarik pengguna Opensea untuk memilikinya.

Opensea merupakan suatu marketplace Internasional dimana pemilik NFT atau penjual dan kolektor atau pembeli dapat bertransaksi. OpenSea adalah tempat jual-beli NFT pertama dan terbesar di dunia. Lalu karya apa saja yang bisa diperjualbelikan di Opensea? Contoh hal yang bisa diperjualbelikan di Opensea adalah musik, domain, koleksi unik hingga foto. Marketplace Opensea mulai beroperasi sejak tahun 2017.

Dengan adanya wadah seperti Opensea bisa menyalurkan bakat para seniman untuk menunjukkan hasil karyanya. Namun lain dengan Indonesia, sejak gemparnya fenomena Ghazali everyday banyak yang menyalahgunakan penggunaan Opensea. Salah satunya adalah dengan menyebarkan foto selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Penyebaran informasi pribadi tentu memberikan dampak negatif bagi manyarakat itu sendiri. Karena hal ini menimbulkan peluang besar terjadinya pencurian data dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, membuat fungsi dari marketplace Opensea itu menjadi tak semestinya, bahkan bisa membuat Indonesia terkena Blacklist penggunaan marketplace tersebut.

Disisi lain, terdapat seniman yang bisa memanfaatkan hadirnya fenomena Ghazali tersebut menjadi peluang yang positif. Salah satu akun yang memanfaatkan dengan positif adalah akun Opensea bernama Naikin Art. Pada laman Naikin Art, mereka membuat Collection dengan judul Indonesian Role Model dengan tema memperkenalkan tokoh-tokoh inspiratif Indonesia. Selain itu juga mengenakan kekayaan budaya Indonesia yang dikemas dengan karya digital berbentuk Vector dan kartun.

Founder Naikin, Hermin Setyocahyani mengatakan “Masyarakat Indonesia patutnya menghadapi fenomena ini (NFT) dengan baik, salah satunya dengan cara mengenalkan tokoh, kebudayaan dan kemasyarakatan Indonesia yang sangat kental,”.

“Sudah sepatutnya kita bisa mengharumkan Indonesia di kancah Internasional dengan cara yang positif, karena adanya NFT ini harusnya menjadi wadah untuk memperkenalkan kekayaan Budaya negeri ini. Oleh karena itu, marilah sama-sama mengenalkan budaya Indonesia dengan cara yang positif. Semoga masyarakat Indonesia bisa lebih maju dan terus berkembang” imbuhnya.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template