Mengenal Indonesia

film tentang toleransi

Simak Yuk 5 Rekomendasi Film Bertema Toleransi Terbaik Asal Indonesia

Share this :

Menonton film menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi akhir pekan. Tidak hanya itu, dalam dekade terakhir film menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menyampaikan berbagai isu maupun pesan moral.

Nah, menyambut Hari Raya Imlek yang jatuh pada tanggal 1 Februari kemarin, maka kali ini penulis akan membahas beberapa rekomendasi film tentang toleransi yang dapat Sobat MI tonton untuk mengisi akhir pekan nanti.

Selain menghadirkan visual dan pemeran yang menarik, berbagai film di bawah ini juga kaya akan amanat maupun keberagaman. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

1. Tanda Tanya (?)

film tentang toleransi
Sumber: media-amazon.com

Film tentang toleransi yang pertama berjudul Tanda Tanya. Film satu ini disutradari oleh Hanung Bramantyo dengan mengambil latar Semarang, Jawa Tengah. Tanda Tanya berfokus mengenai keberagaman agama dan ras pada masyarakat Indonesia.

Secara singkat film ini bercerita mengenai tiga keluarga yang memiliki agama berbeda, tetapi saling berkaitan satu sama lain. Selain agama, ketiga keluarga ini juga terdiri dari etnis seperti Tionghoa dan Jawa.

Konflik mulai muncul ketika agama dan ras yang berbeda mulai bergesekan satu sama lain. Terdapat juga pergejolakan batin antara memilih kepercayaan atau berperan bagi kemanusiaan. Salah satu film yang Sobat MI wajib tonton sekali dalam seumur hidup.

2. Rumah di Seribu Ombak

film tentang toleransi
Sumber: media-amazon.com

Berikutnya terdapat sebuah film berjudul Rumah di Seribu Ombak. Film tentang toleransi ini diangkat dari novel dengan judul sama karya Erwin Arnada. Rumah di Seribu Ombak sendiri rilis pada 30 Agustus 2012 silam.

Film ini mengangkat kisah persahabatan antara Samihi yang beragam muslim dengan Yanik yang beragama Hindhu. Meskipun keduanya memiliki kepercayaan yang berbeda, tetapi hal ini tidak menjadi penghalang bagi persahabatan mereka yang manis.

Selain bercerita tentang kepercayaan yang berbeda, Rumah di Seribu Ombak juga menuturkan secara apik perjuangan kedua bocah ini dalam menghadapi trauma. Keduanya bahu-membahu untuk membalikkan trauma menjadi sebuah keberhasilan.

3. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta

film tentang toleransi
Sumber: wikimedia.org

Siapa sangka bahwa film tentang perbedaan bisa dikemas menjadi sebuah cerita romansa yang manis sekaligus menggetarkan? Yap, film berjudul 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta karya Benni Setiawan ini mampu merangkum berbagai perbedaan ke dalam kisah romantis sekaligus komedi.

Film ini bercerita mengenai kisah cinta seorang gadis Katolik dengan pemuda Muslim. Di tengah kelimbungan orang tua pemuda-pemudi yang sedang dimabuk cinta ini, gadis Katolik yang bernama Delia serta Rosid sebagai pemuda Muslim justru menghadapi perbedaan dengan cara yang rasional.

3 Hati 2 Dunia 1 Cinta sendiri berhasil menampilkan perbedaan dengan cara cantik sekaligus menarik. Hal ini membuatnya meraih berbagai penghargaan dalam Festival Fim Indonesia pada tahun 2012

4. Ngenest

film tentang toleransi
Sumber: media-amazon.com

Sebagian dari Sobat MI pasti sudah tidak asing dengan nama Ernest Prakasa bukan? Yap, Ernest Prakasa sendiri merilis sebuah film tentang toleransi berjudul Ngenest. Film ini mulai ditayangkan di bioskop tanah air sejak 30 Desember 2015 lalu.

Bercerita mengenai kehidupan pribadi Ernest yang diperankan oleh Kevin Anggara, Ngenest mewakili kisah minoritas Tionghoa di Indonesia. Mulai dari kisah percintaan beda ras, bullying yang sering terjadi pada masyarakat Tionghoa, sampai keinginan kuat untuk berbaur dengan masyarakat, semuanya dirangkum dalam film ini.

5. Cek Toko Sebelah

film tentang toleransi
Sumber: wikimedia.com

Rekomendasi film tentang toleransi yang terakhir berjudul Cek Toko Sebelah. Film yang disutradasi oleh Ernest Prakasa ini didapuk menjadi salah satu film tentang kebhinekaan terbaik asal Indonesia.

Cek Toko Sebelah sendiri mengangkat kisah mengenai keluarga Tionghoa dan kebiasaan-kebiasaan unik di dalamnya. Salah satunya ialah tradisi untuk melanjutkan usaha keluarga secara turun-temurun.

Di dalam film ini juga terdapat berbagai kisah-kisah keberagaman yang seringkali ditemukan dalam masyarakat Indonesia. Oh iya tenang Sobat MI, walaupun bertema tentang Kebhinekaan dan toleransi, tetapi film ini juga kaya akan komedi yang sangat menghibur dan mengundang gelak tawa.

Di atas adalah beberapa rekomendasi film tentang toleransi yang sangat menarik untuk ditonton. Tidak hanya sebagai hiburan, berbagai film di atas juga mengandung banyak amanat untuk lebih tenggang rasa di tengah kemajemukan Indonesia. So, selamat menonton Sobat MI!

About Post Author

1 thought on “Simak Yuk 5 Rekomendasi Film Bertema Toleransi Terbaik Asal Indonesia”

  1. Pingback: Ketahui Yuk 5 Tradisi Imlek di Indonesia yang Paling Unik Sekaligus Menarik – Mengenal Indonesia

Leave a Comment

Education Template