Mengenal Indonesia

8 Langkah Aman Berobat ke RS di Masa Pandemi

8 Langkah Aman Berobat Ke RS di Masa Pandemi

Share this :

Rumah sakit merupakan fasilitas pelayanan kesehatan berskala lebih besar dibandingkan puskesmas atau klinik. Saat ini banyak masyarakat yang menunda pengobatan dikarenakan takut tertular virus Covid 19 saat berobat ke Rumah Sakit. Bahkan beberapa Rumah Sakit memberikan alternatif pelayanan konsultasi dokter secara daring. Jika penyakit yang diderita tergolong dapat diatasi melalui konsultasi dokter secara daring pilihan konsultasi daring memang tepat. Namun bagi penyakit yang membutuhkan pemeriksaan hingga tindakan lanjutan tentu memerlukan kehadiran pasien secara fisik. Untuk itu simak 8 Langkah Aman Berobat Ke Rumah Sakit di Masa Pandemi berikut ini

1. Patuhi Protokol Kesehatan

Penggunaan masker
Sumber gambar: beritasatu.com
Mencuci tangan, salah satu protokol kesehatan
Sumber gambar: popmama.com
Pembatasan jarak sosial
Sumber gambar: antarafoto.com

Menurut Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 beberapa jurnal internasional menyebutkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan mencapai 35%. 

Dengan menggunakan masker kain kita telah menurunkan  45% risiko penularan dan 70% jika menggunakan masker bedah. Sikap tertib menjaga jarak minimal 1 meter juga dapat menurunkan risiko penularan hingga 85%. Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku membantu kita mencegah penularan saat berobat atau berkunjung ke Rumah Sakit. Jadi jangan lupa untuk terus patuhi protokol kesehatan 3M agar dapat berobat ke Rumah Sakit dengan rasa aman.

2. Gunakan Fitur Perjanjian Daring

Tampilan aplikasi RSCMKU, salah satu aplikasi perjanjian konsultasi.
Sumber gambar: Youtube RSCM

Banyak Rumah Sakit yang bukan hanya membuka pendaftaran perjanjian melalui luring, tetapi juga daring. Dengan adanya fitur perjanjian secara daring diharapkan dapat mengurangi interaksi antara pasien dan petugas. Selain itu fitur ini juga dapat memudahkan pasien memilih tanggal konsultasi sesuai keinginan dan jadwal yang tersedia. Menggunakan fitur ini juga menjadi langkah pencegahan penularan Covid 19, karena dapat mengurai antrean pasien yang ingin berobat ke Rumah Sakit.

3. Menyiapkan Masker Cadangan

Tempat penyimpanan masker cadangan.
Sumber gambar: dailysia.com

Berada di luar rumah lebih dari 4 jam, disarankan untuk mengganti masker kain. Untuk menggantinya akan lebih efisien jika Kamu telah mempersiapkan masker ganti. Meskipun menggunakan masker bedah, waktu penggunaan yang terlalu lama juga tidak disarankan. Dalam membawa masker pun tidak dapat disimpan langsung dalam tas bawaan, tetapi sebaiknya menggunakan wadah khusus. Saat ingin membuka atau mengganti masker sebaiknya Kamu memastikan bahwa tanganmu telah bersih, lalu buka masker tanpa menyentuh bagian tengah. Layaknya pepatah “sedia payung sebelum hujan” membawa masker cadangan saat bepergian apalagi ke Rumah Sakit dapat menjadi salah satu langkah pencegahan penularan Covid 19 di Rumah Sakit.

4. Membawa Bekal

Bekal Makanan
Sumber gambar: popmama.com

Dalam upaya menjaga imunitas untuk berperang melawan virus Covid 19, asupan makanan dan menjadi salah satu amunisi dalam berperang. Oleh karena itu, membawa bekal saat berobat ke Rumah Sakit adalah salah satu langkah pencegahan penularan Covid 19. Namun harus diperhatikan tempat Kamu mengonsumsi makanan, pastikan tidak ada kerumunan dan segera gunakan maskermu setelah selesai makan dan minum. Beberapa Rumah Sakit memiliki taman di ruang terbuka dengan meja yang berjauhan untuk memberikan jarak antar pengunjung atau pasien.

5. Membawa Peralatan Kebutuhan Pribadi

Peralatan hygenis
Sumber gambar: cosmeticsdesign-europe.com
Peralatan Ibadah
Sumber gambar: suara.com

Membawa kebutuhan pribadi saat bepergian juga menghindari potensi perpindahan virus, karena tidak terjadi pinjam meminjam. Kebutuhan pribadi meliputi hygiene kit bekal makanan dan minuman, alat makan, alat ibadah serta kebutuhan lainnya. Rumah sakit dapat menjadi tempat yang berpotensi menularkan virus jika kita tidak cermat dalam melakukan pencegahan. Mengingat situasi saat ini dan cepatnya virus Covid 19 berevolusi, menggunakan barang pribadi dalam keseharian adalah pilihan yang tepat. Untuk itu Kamu juga harus rutin membersihkan berbagai barang pribadi yang membantu aktivitas sehari-hari.

6. Hindari Menyentuh Benda yang Tidak Perlu

Penggunaan lift tanpa menyentuh tombol lantai
Sumber gambar: metro.tempo.co
Mencuci tangan tanpa menyentuh keran air
Sumber gambar: detik.com

Berada di tempat yang memiliki potensi tinggi dalam penularan, sudah pasti harus diikuti kewaspadaan yang lebih tinggi. Saat berada di Rumah Sakit sebaiknya jangan menyentuh benda atau fasilitas yang sebenarnya tidak perlu disentuh. Jika tidak sengaja menyentuh usahakan segera mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Beberapa fasilitas kesehatan utamanya Rumah Sakit juga telah menerapkan sistem penggunaan alat tanpa menyentuh. Teknologi ini biasanya diaplikasikan untuk alat cuci tangan, juga sistem tombol pada lift. Sehingga tanpa melakukan sentuhan, alat-alat tersebut dapat berfungsi sebagaimana seharusnya.

7. Usahakan Cashless

Cashless
Sumber gambar: tribunnews.com

Uang yang merupakan alat pembayaran dalam transaksi keuangan, juga dapat berperan menyebarkan virus Covid 19 utamanya di Rumah Sakit. Menyiapkan pembayaran dengan cashless atau tanpa uang fisik dapat menjadi pilihan pencegahan penularan Covid 19 di Rumah Sakit. Namun pastikan di Rumah Sakit maupun tempat sekitarnya seperti kantin Rumah Sakit yang Kamu datangi dapat memproses pembayaran secara cashless. Jika belum mendukung pembayaran cashless, kamu tetap dapat mencegah penularan Covid 19 di Rumah Sakit dengan menyiapkan uang dalam jumlah tertentu pada amplop atau tempat pemisah. Sehingga tidak perlu terlalu lama memegang uang saat dibutuhkan transaksi. 

8. Segera Pulang dan Bersihkan Barang Bawaan

Bersihkan barang bawaan
Sumber gambar: detik.com
Bersihkan barang bawaan termasuk HP
Sumber gambar: heathline.com

Setelah menyelesaikan proses pengobatan, usahakan tidak berlama-lama di Rumah Sakit. Untuk mengurangi potensi penularan Covid 19 dan penyakit lain di Rumah Sakit, pasien disarankan segera pulang. Saat sampai dirumah lakukan pembersihan menyeluruh pada badan dan barang bawaan untuk menghindari kemungkinan kontaminasi. Gunakan sabun pada benda yang dapat dicuci, dan desinfektan bagi barang-barang tertentu.

Itulah 8 Langkah Aman Berobat ke Rumah Sakit di Masa Pandemi yang dapat menjadi acuan bagi Kamu yang harus ke Rumah Sakit di masa pandemi ini. Kekhawatiran yang muncul di benak masyarakat mengenai bahaya mendatangi Rumah Sakit di masa pandemi agaknya dibarengi dengan pertimbangan urgensi pengobatan yang diperlukan. Dengan melakukan 8 langkah tersebut, kamu telah menjadi seseorang yang berperan turut  mencegah penularan Covid 19 di Indonesia. 

About Post Author

Leave a Comment

Education Template