Mengenal Indonesia

Padanan bahasa Indonesia untuk bahasa asing yang populer

Share this :

Sumber Foto : sharon-mccutcheon

Haloo Sobat MI! 

     Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering menggunakan atau mendengar bahasa asing dalam berkomunikasi. Kosa kata yang terdapat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) banyak juga yang menyerap dari bahasa asing, salah satunya dikarenakan kemajuan teknologi yang pesat dari luar negeri sehingga membuat masyarakat di Indonesia menggunakan bahasa asing.  Begitu juga adanya kosa kata bahasa asing, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia masih kurang akrab didengar. Contohnya seperti ini:

 


Screenshot 

 
      Dalam bidang teknologi banyak kosa kata yang membuat orang awam menjadi bingung. Banyak juga yang pernah mendengar akan tetapi jarang yang mengetahui artinya,  salah satunya kosa kata screenshot yaitu merupakan langkah untuk mengambil tampilan yang ada pada layar. Dalam padanan kosa kata ini ke dalam bahasa Indonesia ialah tangkapan layar.

 


Install 

 
      Install tersendiri memiliki pengertian yaitu proses pemasangan perangkat keras/lunak agar bisa digunakan oleh sistem. Sebelum menggunakan aplikasi yang ingin digunakan, biasanya kita akan melakukan proses install agar aplikasi tersebut berjalan sehingga dapat digunakan. Dalam padanan kosa kata ini ke dalam bahasa Indonesia ialah pasang.
 
 

 

Update 

 
    Setelah kita menggunakan aplikasi yang telah dipasang, akan adanya update untuk peningkatan terhadap aplikasi. Dengan memperbaruhi data-data agar aplikasi mendapatkan fitur tambahan dari versi terbaru. Dalam padanan kosa kata ini ke dalam bahasa Indonesia ialah pemutakhiran.
 
 


Scan 

 
      Mungkin kita sering melihat pada tempat-tempat yang menjual alat tulis, adanya alat yang bisa scan suatu kertas berisi tulisan yang dapat mengubah tulisan di kertas tersebut menjadi  disimpan ke dalam komputer. Dalam padanan kosa kata ini ke dalam bahasa Indonesia ialah pindai.
 
 


Barcode 

 
      Barcode sering kita jumpai yang tertera di produk-produk kemasan. Barcode ini hanya memiliki susunan garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda-beda, akan tetapi sangat berguna untuk menyimpan data-data agar pada produk memiliki identitas seperti kode produksi yang tersembunyi pada gambar. Dalam padanan kosa kata ini ke dalam bahasa Indonesia ialah kode batang.