Mengenal Indonesia

Bahaya, Inilah Berbagai Dampak Sampah Plastik

Share this :

Sampah plastik merupakan salah satu faktor yang menyebabkan masalah besar bagi beberapa aspek penting. Dampak sampah plastik bisa menjalar dari mulai mencemari lingkungan, kesehatan, bahkan perekonomian.

Memang dengan berbagai kemasan yang dikemas menggunakan plastik terlihat praktis dan ringan, namun kita jangan sampai tergiur dengan hal itu, karena dengan kenyamanan yang diberikan oleh plastik akan menimbulkan permasalahan besar di kemudian hari.

Baca Juga: Artikel Tentang Jurnalisme Online

Sobat MI! Berikut Berbagai Dampak Sampah Plastik Yang Harus Kamu Ketahui

1.Sampah Plastik Sulit Terurai

Dengan rantai karbon yang panjang, sampah plastik sangat susah untuk diurai oleh mikroorganisme. Plastik akan terurai dengan sangat lama, yaitu bisa mencapai ratusan tahun untuk kemudian bisa terurai. Dengan begitu, sampah plastik sangat mudah untuk mencemari lingkungan.

2.Sampah Plastik Akan Sangat Mudah Untuk Mencemari Lingkungan

Dalam hal kemasan, plastik sifatnya bahan sekali pakai. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak tahu aturan seringkali membuang kantong plastik di sembarang tempat, yang pada akhirnya menimbulkan pencemaran lingkungan.

3.Dampak Sampah Plastik Bagi Manusia

Plastik yang dibakar sembarangan akan menjadikannya sebagai polusi kotor yang sangat berbahaya. Bahaya dari polusi kotor tersebut akan sangat berdampak kepada pernafasan kita selaku manusia. Tidak hanya itu, kantong plastik yang dijadikan tempat makanan juga akan menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia karena racun yang ada di dalam kantong plastik bisa bisa berpindah ke makanan yang kita konsumsi.

4.Berpengaruh Terhadap Perubahan Iklim

Dari awal produksi, konsumsi, sampai pada pembuangannya, plastik akan menghasilkan emisi karbon yang tinggi yang akan berpengaruh terhadap perubahan iklim, karena kondisi bumi memanas. Plastik yang dibakar akan menimbulkan gas metana yang mengakibatkan emisi karbon ke udara

5.Berbahaya Bagi Hewan Laut

Bukan hanya mencemari air laut, sampah plastik bisa mengakibatkan hewan laut menjadi cacat dan mati. Hewan yang ada di laut ketika ada sampah plastik akan sulit untuk membedakan antara makanan atau plastik. Dengan begitu akhirnya sampah plastik yang ada di laut akan termakan. Ketika sampah plastik termakan, maka hewan laut akan sulit untuk mencerna plastik tersebut dan pada akhirnya membuat hewan laut cacat bahkan mati

6.Sampah Plastik Berdampak Ke Pertanian

Tidak hanya untuk laut, sampah plastik juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi pertanian. Sampah plastik yang ada di sawah misalnya, itu akan menghalangi peresapan air dan sinar matahari, yang berakibat pada kesuburan tanah. Dengan tanah yang kurang subur, akan berdampak kepada hasil panen yang diterima oleh para petani.

Baca Juga: Cara Menjadi Wartawan Online

Itulah 6 dampak sampah plastik yang bisa membahayakan kita semua. Supaya terhindar dari permasalahan yang disebabkan akibat sampah plastik. berikut cara mengurangi penggunaan sampah plastik:

a.Bawa Botol Isi Ulang

Sobat MI harus membiasakan membawa botol minum isi ulang, selain hemat, akan berguna juga untuk mengurangi sampah plastik.

b.Jangan Menggunakan Sedotan Plastik

Ketika misal Sobat MI memesan sebuah minuman, silahkan untuk dipikirkan kembali, apakah benar-benar membutuhkan sedotan plastik? kalo tidak, jangan minta sedotan plastik untuk mengurangi penggunaannya.

c.Hindari Kemasan Makanan Yang Berlebihan

Saat belanja di supermarket atau di pasar. pasti Sobat MI akan selalu mendapatkan kantong plastik sebagai kemasannya. Untuk menghindari hal itu, silahkan bawa tas belanja sendiri dari rumah

d.Jangan Gunakan Peralatan Makan Plastik

Biasanya pedagang-pedagang untuk membungkus makanannya menggunakan bahan plastik. sebaiknya Sobat MI membawa tempat makan sendiri dari rumah.

Itulah Sobat MI beberapa dampak sampah plastik yang pasti berbahaya bagi kita. Semoga Sobat MI semua bisa lebih bijaksana dalam hal penggunaan sampah plastik supaya tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari, karena banyak sekali permasalahan besar yang ditimbulkan oleh sampah plastik.

About Post Author

1 thought on “Bahaya, Inilah Berbagai Dampak Sampah Plastik”

  1. Pingback: Simak Yuk 5 Gaya Hidup Zero Waste, Langkah Sederhana Menyelamatkan Lingkungan! – Mengenal Indonesia

Leave a Comment

Education Template