Labuan Bajo: Pelesiran ke Tempat Wisata Paling Populer

Labuan Bajo: Pelesiran ke Tempat Wisata Paling Populer

Liburan ke Labuan Bajo bagi wisatawan merupakan sebuah liburan impian. Banyaknya artis dan influencer yang mengunjungi, membuat Labuan Bajo akhir-akhir ini tengah naik daun dan menjadi salah satu destinasi impian wisatawan. Kawasan timur wilayah Indonesia ini semakin kuat menarik perhatian wisatawan. Menikmati pantai berpasir putih hingga menjumpai  fauna etnik menjadi bucket list liburan banyak orang. Di daerah ini, kamu juga bisa berkunjung ke salah satu situs warisan dunia UNESCO, yaitu Taman Nasional Pulau Komodo.

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Sangking banyaknya para wisatawan sering bingung menentukan hal-hal apa yang ingin dilakukan setiap harinya. Supaya tidak kebingungan, ada baiknya kamu mencoba 5 kegiatan seru menikmati alam dengan maksimal. Berikut ulasannya!

 

Ke Labuan Bajo dengan Berlayar Naik Kapal Mewah Phinisi

Kapal Phinisi
Foto: SalamRansel.com

Ingin berkeliling pulau lewat jalur laut dengan cara yang mewah dan eksklusif? Kamu bisa berlayar dengan kapal phinisi yang akan mengantar berkeliling pulau-pulau di Labuan Bajo. Kapal layar khas Indonesia ini memiliki desain interior yang mewah, kamar yang nyaman dengan fasilitas cukup lengkap, hingga tempat bersantai yang langsung menghadap laut.

Untuk bisa menikmati perjalanan berkeliling dengan kapal phinisi mewah, kamu bisa menyewa keseluruhan kapal dengan harga sekitar Rp50.000.000 untuk 3 hari 2 malam. Tentunya tidak sendiri, kamu bisa membagi budget tersebut untuk 4 – 10 orang penumpang.

Melihat Komodo di Pulau Rinca

Labuan Bajo
Foto: tripzilla.id

Pulau Rinca merupakan salah satu pulau yang termasuk gugusan Taman Nasional Komodo.  Dari Labuan Bajo, kamu harus menyeberang ke pulau ini dengan waktu tempuh sekitar 3 jam menggunakan boat . Di Pulau Rinca, terdapat kawasan Loh Liang yang bisa kamu kunjungi. Loh liang adalah tempat dimana wisatawan dapat melihat komodo langsung dari jarak dekat. Tentunya, hal ini akan memacu adrenalin kamu sekaligus memberikan pengalaman yang tak terlupakan. 

Di Loh Liang, terdapat sekitar 2.000 komodo yang bisa kamu saksikan secara langsung dengan melihat sendiri tingkah lakunya. Pengunjung disarankan datang sebelum siang hari untuk melihat komodo yang sedang aktif bergerak, sehingga mudah untuk berinteraksi. Mengenai keamanan, para pawang atau yang sering disebut ranger siap menemani wisatawan saat berinteraksi dengan komodo.

Baca juga: Cafe Instagramable di Bandung : District Cafe Dago

Melihat Pemandangan Indah di Atas Pulau Padar

Pulau PADAR LABUAN BAJO
Foto: tripzilla.id

Tidak ada kata lain yang bisa menggantikan kata menakjubkan ketika mengunjungi Pulau Padar. Rasanya, pernyataan bahwa pulau Padar merupakan wujud  surga kecil bukanlah hal yang berlebihan, bukan begitu?

Pulau Padar memiliki keunikan tersendiri, seperti ketika musim kemarau, seluruh kawasan tampak kering dan pemandangan pegunungan akan berwarna kuning. Di saat inilah, banyak wisatawan yang memotret keindahan sebagai objek fotografi atau sekadar swafoto. Berbeda saat musim hujan, pulau ini akan berubah menjadi sabana hijau yang menyegarkan mata. Jika ingin trekking dengan suasana yang tak begitu panas, kamu bisa berkunjung pada bulan November – Februari. Sementara, jika ingin melihat padang pasir ala pulau ini, datanglah pada Maret – Oktober.

Scuba Diving di Manta Point

Foto: Liputan6.com

Keindahan alam bawah laut di kawasan Labuan Bajo memang tidak perlu diragukan lagi. Snorkeling maupun diving dapat menjadi pilihan aktivitas yang menarik. Spot diving terbaik di Labuan Bajo terdapat di Manta Point Komodo.

Sesuai namanya, di Manta Point kamu bisa menemukan banyak sekali  ikan pari manta yang hidup bebas. Datanglah pada bulan November karena saat itulah kamu bisa menemukan gerombolan ikan pari manta berlalu-lalang. Kalau belum memiliki lisensi diving, kamu bisa snorkeling untuk melihat ikan pari manta yang senang berenang dekat dari permukaan air laut.

Baca juga: Virtual Tourism Sebagai Solusi Wisata Ramah Lingkungan

Pink Beach

Foto: Travel.kompas.com

Pink Beach merupakan salah satu pantai unik yang sedang populer di kalangan wisatawan . Sesuai namanya, pantai ini mempunyai butiran pasir berwarna merah mudah yang berkilau.

Pantai berpasir pink ini berada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Pantai ini adalah salah satu pantai dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Paparan sinar matahari membuat pasir pantai ini tampak berkilau bagai mutiara. Kamu wajib berfoto di pasir berwarna merah mudah ini! Usai puas berfoto, kamu bisa bermain air, snorkeling atau sekadar berjemur untuk menghabiskan waktu di Pink Beach.

Melihat kelelawar di Pulau Kalong

Foto: Lifeztyle.id

Selain komodo, di Labuan  Bajo juga kamu bisa melihat kumpulan kelelawar. Berkunjung ke Pulau Kalong, bisa ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Labuan Bajo. Datanglah saat sore hari agar kamu bisa melihat kelelawar berbondong – bondong terbang memenuhi langit. Siapkan kamera dan foto momen di saat kawanan kelelawar keluar dari pepohonan dan terbang bebas. Hal ini akan memberikan pengalaman yang mengesankan.

Jika sudah mengetahui apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan, kini saatnya kamu merencanakan liburan ke Labuan Bajo. Coba dan nikmati sendiri keindahan alam dan aktivitas seru  bersama teman-teman, keluarga maupun pasangan. Selamat menikmati keindahan wisata Labuan Bajo!

Bibliography

Traveloka. (2020, Jan 17). Pelesir ke Labuan Bajo, Kamu Wajib Lakukan 9 Hal Seru Ini!. Retrieved June 25,2021, from traveloka.com

Yanuar, M. (2018, March 27). 17 destinasi wisata di labuan bajo yang akan membuatmu tercengang. Retrieved June 25, 2021, from https://www.tripzilla.id/ 

Riyan, N. (2020, August 31). 10 Tempat di Labuan Bajo, Bisa Kemana Saja?. Retrieved June 25, 2021from travel.kompas.com

Leave a Reply