Masakan Khas Idul Adha 2021, Olahan Daging Kambing Khas Jawa Timur

Masakan Khas Idul Adha 2021, Olahan Daging Kambing Khas Jawa Timur

Masakan Khas Idul Adha 2021Olahan daging kambing khas Jawa Timur punya rasa yang istimewa. Olahan daging kambing di Jawa Timur terkenal dengan kuliner yang akan rempah dan pedas. Kamu bisa menjadikan olahan daging kambing ini sebagai inspirasi menu kambing saat Idul Adha.

Olahan daging kambing khas Jawa Timur ini bisa menjadi ide atau inspirasi kamu agar bisa dinikmati bersama keluarga di rumah. Berikut beberapa menu inspirasi masakan Idul Adha olahan daging kambing khas Jawa Timur.

Krengsengan Kambing

Krengsengan Idul Adha 2021
Foto: masakandapurku.com

Krengsengan mungkin sedikit asing di dengar kebanyakan orang, tapi cita rasa kuliner yang satu ini tidak kalah dengan makanan khas Jawa Timur lainnya. Krengsengan merupakan makanan khas Jawa Timur khususnya Surabaya yang bentuknya sekilas mirip semur, yang membedakan adalah makanan ini berbahan dasar daging kambing.

Krengsengan berbahan dasar kambing yang di iris kecil dan dibumbui dengan tumisan bawang merah, bawang putih, pala, ketumbar. Semua bumbu dihaluskan dan ditambahkan kecap saat memasaknya. Proses memasak krengsengan pun tidak terlalu banyak kuah agar kuahnya berwarna coklat tua.

Krengsengan memiliki rasa yang enak. Perpaduan sedikit tekstur daging kambing yang empuk dan sedikit manis menjadikan kuliner khas Jawa Timur ini begitu nikmat saat kita mencicipinya. Krengsengan biasanya juga dicampur dengan jeroan kambing. Selain daging kambing, kudapan ini juga bisa dibuat dengan daging sapi. Kamu bisa menemukan makanan ini di Surabaya dan daerah Jawa Timur lainnya.

Baca juga: Mengulik Keunikan Soto Kudus, Makanan Khas Kota Santri

Nasi Becek

nasi becek idul adha 2021
Foto: Resepyummy.com

Nasi becek atau masyarakat biasa menyebutnya sego becek merupakan kuliner khas Nganjuk, Jawa Timur. Sekilas, nasi becek terlihat seperti soto babat. Bedanya nasi becek menggunakan daging kambing. Nasi becek berisi potongan daging kambing, kuah santan gurih, disajikan dengan sambal kacang dan sate kambing yang telah dilepas dari tusuknya. Nasi becek punya cita rasa yang gurih dan pedas.

Gulai Kambing Kacang Hijau

gulai kambing kacang hijau
Foto: inews.com

Kacang hijau biasanya diolah menjadi bubur atau makanan manis lainnya bukan? Nah di Jawa Timur kacang hijau menjadi bahan dasar membuat masakan gulai. Gulai kambing kacang hijau, merupakan salah satu jenis kuliner khas Jawa Timur yang banyak menarik rasa penasaran pelancong.

Gulai kambing kacang hijau merupakan olahan masakan khas idul adha daging kambing yang dipadukan dengan kacang hijau. Kedua bahan ini diolah bersama dengan banyak rempah seperti kapulaga, kayu manis, pala, jahe, kunyit, merica dan lengkuas. Gulai kambing kacang hijau bisa banyak ditemukan di Surabaya dan daerah Jawa Timur lainnya. Biasanya, gulai kambing kacang hijau disantap bersama dengan roti canai atau roti maryam.

Kare Kambing

Foto: lokadata.id

Masakan khas idul adha selanjutnya adalah kare kambing. Kuliner ini bisa kamu jumpai di Surabaya, bahkan menjadi salah satu kuliner legendaris di kota ini. Kare ini berbeda dengan yang lainnya, kare kambing khas Surabaya biasanya berisi daging, hati, paru, dan babat kambing. Daging kambing yang dipotong kecil-kecil, diolah bersama bumbu kare yang kaya akan rempah. Perpaduan antara rempah ini membuat daging kambing menjadi tidak berbau kambing dan menjadi lebih empuk. Kare kambing lebih nikmat jika disantap bersama nasi hangat dan perasan jeruk nipis.

Soto Kambing Malang

Masakan Khas Idul Adha
Foto: merdeka.com

Soto merupakan kuliner Nusantara yang banyak disukai oleh semua orang. Hadir dengan beragam variasi olahan bumbu, soto menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu. Umumnya, soto dari berbagai daerah menggunakan daging ayam dan daging sapi. Namun, di kota Malang, soto hadir dengan variasi baru yakni dengan menggunakan daging kambing.

Menjelang perayaan Idul Adha, kambing merupakan salah satu hewan kurban yang banyak disembelih. Tak heran, jika terkadang, Ibu di rumah harus siap dengan berbagai ide resep untuk mengolah daging kambing menjadi hidangan di atas meja yang lezat. Nah, buat kamu yang ingin mengolah daging kambing selain menjadi sate, soto kambing Malang bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Ullen Sentalu : Wisata Pegunungan yang Dapat di Jumpai di Yogyakarta

Sop Kaki Kambing Surabaya

sop kaki kambing
Foto: bisniswisata.co.id

Surabaya memiliki banyak sajian makanan berbahan daging kambing. Salah satunya yaitu mengolah kaki kambing untuk dijadikan sop. Meskipun mengandung kolesterol tinggi, olahan daging kambing ini selalu memikat para pecinta kuliner. Dalam seporsi sop kaki kambing terdapat kuah kental putih, irisan tomat, irisan bawang bombay serta ditaburi emping melinjo. Perpaduan rasanya menghasilkan komposisi asin dan juga gurih yang nikmat.

Lapis Daging Kambing

lapis daging kambing
Foto: masakandapurku.com

Satu lagi hidangan kambing dengan citarasa santan kelapa yang hmmm, membuat gurihnya semakin mantap! Resep asli Indonesia, Lapis Daging Kambing merupakan makanan khas Jawa Timur. Berbeda dengan semur, lapis daging kambing memiliki kuah kental yang hitam pekat dan manis, olahan masakan yang pas buat dicoba oleh keluarga saat idul adha.

Nasi Kebuli Kambing

nasi kebuli idul adha 2021
foto: inews.id

Di Surabaya terdapat sebuah kawasan yang mayoritas penduduknya berdarah Arab. Tempatnya sangat dekat dengan Wisata Religi Sunan Ampel. Sedikit kisah mengenai Nasi Kebuli, sebenarnya kuliner asli Nusantara (berasal dari Betawi), namun dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah, dapat dilihat dari penggunaan bumbu rempahnya yang banyak sehingga menghasilkan cita rasa yang kuat sekali. Rasa nasi kebuli daging mirip gulai, tetapi yang ada di Surabaya berbeda dengan lainnya. Karena, meninggalkan sensasi pedas di mulut dalam beberapa kali suap.

Nah itu dia beberapa Olahan daging kambing khas Jawa Timur. Bagaimana sudah punya ide untuk mengolah daging kambing saat Idul Adha tiba?

Bibliography

Eattemptionsby. (2019, July 03). 5 Sajian Kuliner Halal Khas Timur Tengah di Surabaya. Retrivied July 08, 2021, from kumparan.com

Indonesiakaya. Krengsengan, Olahan Daging Kambing Khas Surabaya. Retrivied July 08, 2021, from indonesiakaya.com

Sendari, A. (2020, July 29). 4 Olahan Daging Kambing Khas Jawa Timur, Jadi Inspirasi Menu Idul Adha. Retrivied July 08, 2021, from suarabaya.liputan6.com

Leave a Reply