Mengenal Indonesia

Lagi Wisata di Jawa Barat? Wajib Cobain 7 Makanan Khas Bandung yang Paling Populer Berikut!

Lagi Wisata di Jawa Barat? Wajib Cobain 7 Makanan Khas Bandung yang Paling Populer Berikut!

Share this :

Halo Sobat MI! Bandung, salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki ratusan destinasi wisata yang menakjubkan. Mulai dari museum sejarah, spot wisata alam, dan wisata belanja oleh-oleh. Tak hanya sampai di sana saja lho, ternyata kabupaten ini juga memiliki makanan khas Bandung yang lezat dan populer karena seringkali dijadikan sebagai tujuan utama para pengunjung wisata.

Nah, buat Sobat MI yang lagi mencari wisata kuliner karena lagi berwisata di Bandung, wajib banget sih buat mencicipi kuliner Bandung yang sangat variatif. Bahkan, tak sedikit para traveler yang memutuskan untuk berkunjung kembali ke Bandung karena ketagihan dengan rasa yang lezat dari makanannya.

Meskipun berada di tengah serbuan makanan dan jajanan kekinian, makanan khas Bandung tetap tidak bisa dilupakan karena cita rasanya yang khas. Didukung juga dengan harga yang terjangkau dan mudah didapat, menyebabkan kuliner Bandung menjadi pilihan terbaik buat Sobat MI, nih! Nah, kira-kira makanan khas Bandung yang paling populer apa saja, ya? Yuk, simak informasi berikut ini!

Berikut 6 Makanan Khas Bandung yang Paling Populer!

1. Karedok

Karedok

Sumber: dreamstime.com

Sobat MI udah pernah mencicipi salah satu makanan khas Jawa Barat ini belum? Buat yang belum pernah mengkonsumsi karedok atau akrab disapa salad sunda, makanan ini cocok banget lho buat kamu yang nyari makanan di Bandung dengan gizi yang tinggi. Hal ini disebabkan karena mulai dari bahan, tata cara pengolahan, sampai dengan penyajian ke pelanggan, makanan ini diakhiri dengan kesegaran,

Namun, khusus buat Sobat MI yang ingin menambahkan rasa pedas, jangan lupa buat request di awal agar bisa diolah dengan tingkat kepedasan di atas rata-rata, ya! Karedok sendiri berisikan beberapa bahan mirip gado-gado, seperti sayur toge, kol, kacang panjang, dan mentimun. Kemudian, sayuran tersebut akan diaduk secara merata dengan bumbu kacang yang gurih dan nikmat.

Salah satu penjual karedok yang cukup favorit di kota Bandung adalah Warung Cihapit Bu Siti. Selain karedok, buat kamu yang pengen wisata kuliner juga bisa nyobain menu lain seperti lotek, pecel, dan gado-gado, lho! Dijamin semuanya bikin sehat!

Lokasi: Jl. Cihapit No.6, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

BACA JUGA : Kamu Tahu ga tentang Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Legendaris?

2. Surabi

Sumber: Freepik.com

Kamu lagi nyari makanan khas Bandung yang nge-hits buat pamer di media sosial? Kayaknya surabi bisa jadi pilihan terbaik, nih! Dengan varian rasa, toping, dan tampilan yang menggemaskan, tak heran kalau kuliner Bandung ini menjadi primadona baik para pendatang maupun kaum urban Bandung.

Dibuat dengan tepung beras yang dibakar di atas mangkuk tanah liat dan tungku api, menyebabkan rasa tradisional dari makanan ini masih sangat kental. Apalagi disajikan dengan gula merah cair atau akrab disebut Kinca, Surabi pasti terasa sangat lezat, lho! 

Seiring dengan perkembangan zaman, Surabi juga mengalami perkembangan mengenai varian rasa yang tersedia nih, Sobat MI! Beberapa varian yang tersedia seperti rasa coklat, keju, dan durian. Sobat MI lagi nyari tempat Surabi yang paling populer di Bandung? Boleh bangun buat berkunjung ke Surabi Cihapit yang berdiri sejak 1991. Menu yang paling terkenal adalah surabi oncom, tetapi varian lain juga ga kalah bikin ketagihan, lho!

Lokasi: Jl. Cihapit, Cihapit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 2,000 IDR per biji

3. Gehu Jeletot

Gehu Jeletot

Sumber: xresep.co

Salah satu makanan khas Jawa Barat berikutnya ini sangat cocok buat para pecinta rasa pedas, nih! Kuliner Bandung ini banyak diburu oleh para pecinta kuliner karena menawarkan rasa pedas, gurih, dan menyenangkan ketika melahapnya. Selain taburan sayuran yang ada di dalam tahu, makanan khas Bandung juga berisi irisan wortel dan sayur kol serta irisan daging sapi untuk menambah cita rasa.

Sederhananya, gehu merupakan tahu yang digoreng dengan tepung, kemudian diisikan dengan isian bermacam-macam sesuai dengan selera. Namun, yang paling utama adalah berisikan cabai rawit yang pedas. 

Nah, buat Sobat MI yang mau membeli kuliner Bandung ini, boleh mampir ke Gehu Hot Jeletot, ya! Meskipun harganya terbilang cukup tinggi, tetapi kalau dibandingkan dengan produk sejenis di Bandung, kualitas yang ditawarkan memang sangat istimewa, kok!

Lokasi: JL. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Margahayu Barat, Sekejati, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Rp2.000 per buah

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Makanan Khas Padang yang Wajib Kamu Coba!

4. Nasi Tutug Oncom

Sumber: republika.co.id

Mungkin sekilas kalau dilihat dari namanya saja, Sobat MI udah bisa menebak komposisi dari makanan khas Bandung yang satu ini, bukan? Nasi Tutug Oncom dibuat dengan cara menumbuk nasi dan kemudian dicampur dengan oncom. Tak lupa untuk menambahkan lauk pauk sesuai dengan seleramu, ya!

Namun, beberapa rekomendasi lauk pauk yang bisa bikin wisata kulinermu menjadi menyenangkan adalah ayam goreng, taju, dan tempe panas. Tak lupa juga agar menjadi lengkap disajikan dengan sambal dan lalapan. Buat kamu yang lagi nyari tempat untuk membeli Nasi Tutug Oncom, bisa mampir ke Nasi Tutug Oncom Bi Kokom di daerah Lengkong, ya! Karena, di tempat ini tidak hanya menawarkan rasa yang pas, tetapi juga fasilitas yang memadai.

Lokasi: Jl. Macan, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari Rp8.000 hingga Rp25.000, situasional menyesuaikan dengan lauk yang dipilih

5. Colenak

Sumber: Freepik.com

Colenak atau akrab dikenal dengan nama tape bakar merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sudah mendunia, lho! Bagaimana tidak, kamu pernah ga membayangkan cita rasa tape singkong yang dibakar kemudian dicocol pada gula merah yang telah dipanaskan dengan parutan kelapa? Pastinya bikin ngiler dan ketagihan ga, sih?

Nama Colenak sendiri merupakan singkatan dari Dicocol Enak. Hal ini disebabkan karena cara memakan kuliner Bandung yang satu ini hanya perlu mencocol peuyeum dengan gula jawa dan kelapa terlebih dahulu. Salah satu tempat buat kamu yang pengen mencicipi makanan khas Bandung ini adalah di Colenak Murdi Putra, yang konon sudah berdiri sejak 1930. 

Lokasi: Jalan Ahmad Yani No. 733, Cicaheum, Kiaracondong, Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Rp10.000 per bungkus

BACA JUGA : Yuk, Kenalan sama Ayam Betutu Khas Gilimanuk!

6. Peuyeum

Sumber: Freepik.com

Nah, tadi di atas ada pembahasan mengenai Peuyeum, buat Sobat MI yang belum tau, makanan khas Bandung yang satu ini begitu identik dengan Kota Krembang. Bukan sekadar tape singkong biasa, Peuyeum merupakan tape yang memiliki kadar air jauh lebih sedikit sehingga bisa bertahan jauh lebih lama.

Perihal cara pengolahan kuliner Bandung yang satu ini sebenarnya cukup beragam, salah satunya seperti dipanggang terlebih dahulu kemudian di teflon. Uniknya, peuyeum bisa menjadi makanan yang disantap secara langsung atau bisa juga dijadikan sebagai bahan dasar untuk olahan camilan kesukaan kamu. 

Sebenarnya terdapat banyak tempat untuk bisa mendapatkan Peuyeum. Salah satu yang sangat recommended untuk Sobat MI kunjungi adalah di sentra di Desa Citatah.

Lokasi: Jalan Bandung-Cianjur, Kampung Cimerang, Desa Citatah, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Harga: Rp15.000 per kilogram

Itu dia Sobat MI beberapa rekomendasi makanan khas Bandung yang sangat populer dan wajib buat kamu coba. Namun, kalau kamu dan keluargamu sedang merencanakan untuk melanjutkan perjalanan ke Jawa Barat bagian lain, jangan lupa juga untuk mencicipi beberapa makanan khas Jawa Barat yang pastinya juga ga kalah lezatnya, ya!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan Mengenal Indonesia ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik di sini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di akun social media mengenal indonesia dan website mengenalindonesia.com.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template