Mengenal Indonesia

ilustrasi traveling sendiri

Gak Usah Takut, Ini 6 Tips Traveling Sendiri untuk Pemula

Share this :

Apa sih yang Sobat MI bayangkan kalau mendengar kata solo traveling? Walaupun bagi sebagian orang terdengar agak menakutkan, seenggaknya kamu harus coba solo traveling sekali selama hidupmu, karena banyak banget pelajaran yang akan kamu dapatkan. Bagi Sobat MI yang baru pertama kali mau coba solo traveling, pasti butuh banyak informasi supaya gak salah-salah. Nih, ada beberapa tips traveling sendiri untuk Sobat MI yang masih pemula, yang udah berpengalaman juga bisa menerapkan, kok. 

1. Cari info lengkap mengenai kota yang akan dituju

ilustrasi rencana liburan
Sumber : pexels.com/Brady Knoll

Langkah pertama dan yang paling penting saat ingin traveling sendiri adalah mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang destinasi wisata pilihanmu. Gak mungkin dong kalian mau pergi ke suatu tempat tapi gak tau apa-apa tentang tempat tersebut?

Karena zaman udah canggih, Sobat MI bisa memanfaatkan internet untuk cari infonya. Bisa lewat pengalaman travel blogger, youtuber atau baca-baca review di platform wisata kayak tripadvisor. Lakukan riset mengenai objek wisata, transportasi selama disana, akomodasi, tempat makan dan keamanan kota tersebut.

Satu lagi tips solo traveling untuk pemula, kalau mau lebih aman lebih baik kamu memilih kota atau destinasi wisata yang dekat-dekat saja dulu. Kalau bisa kamu memiliki kenalan atau kerabat di kota tersebut yang siap membantu jika sewaktu-waktu kamu kesulitan. Kalau kayak gini, hati jadi lebih tenang, kan?

2. Siapkan itinerary perjalanan sebaik mungkin

ilustrasi traveling sendiri
Sumber : pexels.com/Mike Glezos

Nah, setelah cari-cari info tentang daerah yang mau Sobat MI tuju, sekarang saatnya membuat rencana perjalananmu jadi lebih spesifik. Walaupun baru pertama kali traveling sendiri, Sobat MI juga bisa kok bikin itinerary atau rencana perjalanan sendiri. Gak perlu pakai jasa tour planner atau beli paket tour. Emang itinerary itu apa sih? Sepenting itukah membuat itinerary sebelum solo traveling? 

Itinerary perjalanan adalah rencana atau panduan tentang tujuan, kegiatan, anggaran, waktu dan destinasi wisata yang di-list secara spesifik. Tujuannya agar liburanmu berjalan dengan lancar, tepat waktu dan tidak over budget. Jadi, penting banget nih menyusun itinerary sebelum pergi.

Tips pertama untuk membuat itinerary adalah menentukan lama tinggal atau lama menginap. Tentukan durasi yang realistis dengan budget dan waktumu ya. Misalnya Sobat MI ingin liburan ke Bali, rasanya 3 hari 2 malam saja sudah cukup untuk explore pulau Bali, gak perlu sampai berminggu-minggu.

Selanjutnya untuk memilih objek wisata, Sobat MI tidak boleh asal pilih, ya. Agar bisa irit waktu dan uang, lebih baik kamu memilih destinasi wisata yang searah supaya gak bolak-balik. Dari utara ke selatan, atau sebaliknya. Supaya lebih jelas, kamu bisa lihat dulu di google maps. Contohnya kayak gini…

ilustrasi itinerary
Sumber : google maps

Kalau sudah tau arahnya mau kemana, kalian bisa menentukan perkiraan waktu perjalanan, biaya tiket transportasi dan rencana lokasi penginapan. 

Kalian bisa bikin itinerary di excel atau ditulis juga bisa. Nih, contoh tabel itinerary biar lebih jelas dan Sobat MI gak kebingungan. Kalian bisa sesuaikan dengan destinasi wisata, transportasi dan kegiatan kalian sendiri, ya.

itinerary
Sumber : ulzie.wordpress.com

Kalo mau lebih mudah, Sobat MI bisa pakai template itinerary disini, ya. Banyak template itinerary gratis yang bisa kalian gunakan.

3. Lakukan perencanaan budget

ilustrasi budgeting
Sumber : pexels.com/Karolina Grabowska

Setelah menentukan Salah satu hal yang paling penting jika kamu mau traveling sendirian adalah melakukan budgeting. Maka dari itu, sangat penting melakukan riset terlebih dahulu, supaya kamu bisa tau berapa harga tiket masuk tempat wisata, biaya transportasi, harga makanan dan minuman di daerah tersebut serta. Tips solo traveling untuk pemula, sebaiknya kalian membagi anggaran kebutuhan dasar dan kebutuhan tambahan dan biaya tak terduga. 

Biaya kebutuhan dasar bisa berupa akomodasi, makan dan minum, transportasi pulang-pergi serta tiket masuk objek wisata. Biaya tambahan bisa berupa souvenir kalau Sobat MI ada niat beli oleh-oleh buat keluarga dirumah. Kemudian, Sobat Mi juga harus siapin uang lebih untuk biaya tak terduga, siapa tau kan ada pengeluaran diluar rencana.

Supaya gak boros, jangan simpan uangmu di satu tempat, apalagi menyimpan semua uangmu dalam dompet. Terlalu banyak pegang uang cash bisa bikin kamu boros dan gak inget budget. Yuk, kita biasain cashless. Sobat MI bisa ambil uang cash secukupnya, terus simpan selebihnya di ATM atau e-money.

4. Pastikan akomodasi di lokasi yang aman dan strategis

ilustrasi traveling sendiri
Sumber : pexels.com/cottonbro

Lokasi penginapan juga gak boleh di sepelekan. Walaupun kamu irit budget dan mau cari penginapan semurah mungkin, pastikan juga kenyamanan dan keamanan lingkungannya, ya. Jangan sampai pas kamu sampai, penginapan mu ternyata ada di gang gelap yang sepi dan lingkungannya kotor. Duh, Serem kan kalau mau keluar beli makan malem-malem?

ilustrasi penginapan
Sumber : pexels.com/Ketut Subiyanto
Kalau mau murah, Sobat MI bisa memilih hotel sharing room atau yang pakai bunk bed itu loh, siapa tau bisa dapet temen baru juga. Tapi kalo mau sendirian, banyak kok hotel-hotel murah yang kualitasnya oke, asalkan kamu jangan males nyari. Oiya, jangan lupa memilih penginapan yang strategis dan dekat jalan raya, tempat makan, ATM, tempat ibadah atau tempat-tempat penting lainnya. Supaya lebih mudah, kamu bisa liat referensi penginapan yang bagus dari tripadvisor, youtube atau travel blogger. Kebetulan ada beberapa rekomendasi channel youtube yang bagus nih biar kamu bisa dapet penginapan murah dan nyaman. Cek aja channel youtube BoboCantik, GA, We are Trip Hunter atau Ric snt. Tinggal pilih sesuai destinasi wisata pilihanmu deh!

5. Jangan packing terlalu banyak barang

ilustrasi packing
Sumber : pexels.com/Brady Knoll

Duh, ngebayangin kamar berantakan karena packing aja sebenernya udah males. Cuman mau gimana lagi, sebelum liburan tentunya kita harus packing dulu. Bagi sebagian orang packing adalah kegiatan yang paling merepotkan dan menyebalkan. Tapi, tetap aja Sobat MI gak boleh asal-asalan kalau packing. Banyak loh metode yang bisa diterapkan agar bisa packing minimalis.

ilustrasi packing
Sumber : pexels.com/Timur Weber
Daripada dilipat biasa dan ditumpuk, Sobat MI bisa menggulung baju agar tidak terlalu makan tempat. Tapi, cara ini tidak disarankan untuk baju yang mudah kusut. Untuk beberapa baju pergi, kamu bisa menggunakan vacuum bag. Harga vacuum bag gak mahal kok dan bisa dipakai berkali-kali.Jangan simpan gadget, dompet atau barang penting lainnya ditempat yang susah dijangkau. Ribet kan kalau kamu harus buka-buka koper dulu buat cari dompet? Lebih baik, kamu bawa tas kecil khusus untuk barang-barang penting seperti HP, uang, ATM dan bekal makanan.Satu lagi, bawa barang secukupnya saja dan pilihlah baju yang benar-benar akan kamu gunakan. Kalau Sobat MI hanya berencana pergi 3-4 hari ke kota yang tidak terlalu jauh, rasanya gak perlu bawa koper terlalu besar.  Kalau Sobat MI bawa barang terlalu banyak, nantinya kalian akan kerepotan sendiri. Lagipula bawa barang secukupnya juga meminimalisir terjadi hal-hal yang gak diinginkan, seperti keteledoran atau tindakan kriminal.Kalau mau lihat tips lebih lengkapnya, Sobat MI bisa nih terapkan tips packing baju minimalis ala Keluyuran. Nih, langsung cek aja videonya!

6. Pastikan kuota internet dan baterai HP penuh

Sumber : pexels.com/Ingo Joseph

Tips solo traveling terakhir adalah memastikan kuota internet kamu cukup selama perjalanan. Karena masih pemula, kamu akan banyak menggunakan internet untuk buka google maps, searching dan lain-lain. Walaupun kedengarannya gak terlalu penting, tapi harus diterapkan biar kamu gak kerepotan nanti. Selain itu, jangan lupa bawa powerbank agar HP-mu tetap menyala, ya.

Gimana tips traveling sendiri diatas? Gak ribet-ribet banget, kan? Asalkan kamu sabar, gak males cari informasi sebelum berangkat dan mengikuti langkah-langkah diatas, traveling sendiri gak akan jadi masalah. Malah kamu bakal ketagihan dan mau solo traveling lagi. Kalau Sobat MI udah pernah solo traveling kemana nih? Coba sebutin destinasi wisata impian kalian di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik  disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template