Mengenal Indonesia

farel prayoga

Perjalanan Karir Farel Prayoga, Penyanyi Cilik Viral yang Dulunya Pengamen Jalanan

Share this :

Wong ko ngene, kok dibanding-bandingke~~

Duh, masih terngiang-ngiang nih suara penyanyi cilik viral yang kemarin nyanyi pas HUT RI ke-77 di istana. Sobat MI pasti udah pada tau dong Farel Prayoga, si anak dengan suara emas yang nyanyi lagu “Ojo Dibandingke” yang berhasil menggoyang istana. Kayaknya jarang banget kita nemuin anak sekecil itu suka sama lagu-lagu campursari. Sobat MI penasaran gak sih sama perjalanan karir Farel dan kehidupannya setelah tampil di istana kemarin? Kalau penasaran, langsung aja baca artikelnya sampe habis, ya! 

Berhasil Membuat Istana Bergoyang

farel prayoga

Sumber : Solopos.com

Sobat MI pasti udah tau dong penyanyi cilik Farel Prayoga yang lagi viral belakangan ini? Bukan viral karena sensasi, bocah satu ini justru viral karena prestasi, lho. Farel berhasil menggoyang istana negara dengan suara merdunya saat menyanyikan lagu “Ojo Dibandingke” di perayaan HUT RI ke-77 kemarin. Baru nyanyi bait pertama, Farel sudah berhasil membuat penonton riuh karena kaget dengan suara merdunya.

Farel tampil sederhana dengan memakai baju adat khas suku Osing Banyuwangi. Ternyata pakaian tersebut merupakan seragam sekolah yang ia pakai setiap hari Kamis. Bukan hanya bajunya, udeng bermotif batik juga atribut seragam sekolah Farel. Keren ya? Pasti guru-guru di sekolahnya bangga banget sama Farel!

Bisa dibilang, penampilan Farel bisa membuat acara 17 agustus yang biasanya serius jadi meriah. Pak Jokowi aja sampe senyum-senyum terus. Saat nyanyi bagian reff, para tamu undangan serta menteri seperti pak Erick Thohir dan pak Prabowo Subianto mulai turun untuk berjoget bareng-bareng. Bahkan sejumlah perwira militer yang biasanya kaku pun ikutan goyang. Seru banget gak sih kalo kita bisa ikutan joget disana? 

Sebelum nyanyi di istana, mungkin ada beberapa dari Sobat MI yang belum tau tentang Farel. Sebenarnya siapa sih Farel Prayoga? Yuk, kita baca profilnya!

Profil Farel Prayoga

farel prayoga
Sumber : youtube.com/Aneka Safari Indonesia

Setelah tampil di istana, nama Farel Prayoga mulai dikenal banyak orang. Pastinya, kita semua penasaran dong siapa sih sebenernya anak ini? Si penyanyi cilik Farel Prayoga ternyata memang sudah bergelut di dunia tarik suara. Hebatnya, anak sekecil itu udah suka lagu-lagu campursari. 

Farel sendiri lahir di Banyuwangi pada tanggal 8 Agustus 2010 dan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Saat ini, Farel adalah siswa kelas 6 di SDN 2 Kepundungan Banyuwangi. Siapa sangka, perjalanan karirnya dimulai dari menjadi pengamen jalanan. Sejak tahun 2020, Farel biasa menemani ayahnya ngamen setelah pulang sekolah. 

Karena suara emasnya, Farel berhasil menarik perhatian produser dan saat ini Farel bergabung dengan label Aneka Safari Record, sebuah label musik dari Banyuwangi. Farel banyak mengcover lagu campursari. Bukan cuma lagu “Ojo Dibandingke”, Farel juga pernah tampil di beberapa channel YouTube menyanyikan lagu “Joko Tingkir”, “Tiara”, “Ngamen”, “Satru 2”, dan masih banyak yang lainnya.

Sekarang, Farel masih suka cover-cover lagu nih. Yuk, kita kepoin penampilan Farel lainnya.

Dapat Beasiswa Sampai Kuliah

farel dapat beasiswa

Sumber : Ardian Fanani/detikJatim

Berkat prestasi dan bakat yang dimilikinya, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan Farel beasiswa penuh sampai kuliah. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, selaku Bupati Banyuwangi menyampaikan perihal beasiswa tersebut di depan Farel dan pegawai di lingkungan Pemkab Banyuwangi. 

Seperti pesan Presiden Jokowi, Farel harus tetap sekolah meskipun sekarang sudah menjadi artis, sehingga Pemkab Banyuwangi memberikan fasilitas beasiswa. Bantuan yang diberikan bukan hanya untuk Farel, kedua orangtua Farel juga mendapatkan bantuan berwirausaha, jika suatu saat nanti ingin membuka usaha/bisnis.

Didapuk Menjadi Duta Kekayaan Intelektual

duta kekayaan intelektual
Sumber : dgip.go.id

Pada hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022 di acara Tasyakuran Hari Dharma Karyadika ke 77 Kemenkumham di Jakarta, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menunjuk Farel Prayoga sebagai Duta Kekayaan Intelektual Pelajar di bidang Seni dan Budaya Tahun 2022. Pada acara tersebut juga, Farel kembali menghibur dengan menyanyikan lagu “Ojo Dibandingke” dan “Joko Tingkir”.

Acara tersebut diadakan sekaligus untuk memberikan piagam penghargaan bagi pelajar yang berprestasi di Bidang Seni dan Budaya tahun 2022. Penobatan Farel sebagai duta adalah bagian dari upaya promosi dan pengenalan budaya lokal kepada pelajar dan anak-anak muda, diharapkan pelajar yang lain juga bisa ikut mencintai dan melestarikan budaya lokal seperti Farel.

Selain itu, Farel juga telah mengantongi hak kekayaan intelektual (HAKI) atas pertunjukannya di Istana Negara. Jadi siapapun yang menggunakan atau mengutip video Farel kemarin, harus membayar royalti.

Keren banget ya adik kita yang satu ini, Sobat MI? Di umur semuda itu, Farel udah bisa menginspirasi pelajar lainnya untuk mencintai budaya Indonesia di bidang musik. Apalagi Farel menjadi penyanyi cilik viral karena prestasi, bukan sensasi. Pokoknya kita doain semoga karir Farel kedepannya makin lancar dan cemerlang, ya!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik  disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template