Mengintip Pesona Alam Pantai Nguluran melalui Teras Kaca

Mengintip Pesona Alam Pantai Nguluran melalui Teras Kaca

Teras Kaca Pantai Nguluran
Gambar: travelspromo.com

Teras Kaca Pantai Nguluran Kota Yogyakarta terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang indah. Tidak hanya mempunyai tempat nongkrong ala muda-mudi masa kini, Yogyakarta juga menyimpan keindahan alam yang nggak kalah keren dengan daerah lainnya, mulai dari air terjun, gunung, hingga pantai. Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang bisa dikunjungi jika kalian ingin ke pantai adalah Gunungkidul. Pantai Drini, pantai Indrayanti, pantai Gesing, dan pantai Krakal adalah contoh beberapa pantai ternama di Gunungkidul. Namun, masih banyak sekali di Gunungkidul, salah satunya adalah Pantai Nguluran.

         Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui pantai ini, karena pantai ini masih tergolong baru, namun jangan khawatir karena pantai ini juga indah banget kalau dibandingkan dengan pantai-pantai ternama lainnya, kok! Pantai Ngaluran berlokasi di dusun Bolang, desa Girikarto, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai pantai Nguluran dari kota Yogyakarta memang cukup jauh dan melelahkan, namun ketika kita sudah sampai di sana, rasa capeknya bakal terkalahkan sama pesona keindahan pantai ini, kok.

         Dilansir dari mytrip123.com, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar 10.000 untuk masuk yang belum termasuk tiket parkir. Untuk tiket parkir motor sendiri harganya adalah 3.000 rupiah dan mobil 10.000 rupiah. Oh ya, salah satu hal yang membuat pantai ini sekarang lumayan terkenal di kalangan wisatawan adalah spot-spot fotonya yang instagramable banget. Nah, untuk menikmati spot-spot foto tersebut, kalian harus mengeluarkan sejumlah uang lagi.

Baca juga : Ullen Sentalu : Wisata Pegunungan yang Dapat di Jumapi di Yogyakarta

Teras Kaca: Destinasi Wisata Utama Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran
Gambar: sobatjogja.com

eperti pantai-pantai lainnya, pantai Nguluran juga ramai dikunjungi ketika hari libur tiba. Tidak hanya menyajikan pesona alam yang luar biasa dengan air lautnya yang biru, bukit karang yang indah, dan pasir putihnya. Namun, pantai Nguluran juga mempunyai beberapa fasilitas lainnya, salah satu fasilitas yang paling dikenal dari pantai ini adalah spot-spot fotonya yang cantik.

         Mengutip dari kelloggsync.com, pada mulanya fasilitas yang tersedia di pantai Nguluran masih sedikit. Hal ini dikarenakan pantai tersebut masih merupakan destinasi wisata baru, sehingga bangunan yang dibangun hanyalah rumah yang didesain untuk pribadi, bukan untuk kalangan umum. Namun saat ini sudah dibangun berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan.

         Di pantai Nguluran, kalian nggak bisa bermain air, ya, guys! Karena lokasi pantai Nguluran yang berbentuk tebing nggak memungkinkan kita untuk main basah-basahan. Maka dari itu, di sini kalian bisa berfoto-foto ria di teras kaca. Dilansir dari nativeindonesia.com, kalian hanya bisa melihat indahnya air laut di pantai Nguluran dan menikmati spot foto yang letaknya ada di atas tebing.

         Teras kaca yang di sini memang terkenal cukup ekstrem, karena letaknya yang menjorok ke laut. Dari teras kaca tersebut, kalian bisa melihat pemandangan laut dari atas, loh! Buat orang yang takut dengan ketinggian memang ini cukup mengerikan jika dibayangkan. Karena jika kalian ingin sampai ke teras kaca, kalian harus gardu panjang yang terbuat dari kaca dan beton, dari sini kalian juga bisa menyaksikan ombak-ombak lautan setinggi belasan meter di bawah kaki kalian.

         Tidak perlu khawatir dengan keamanan di teras kaca sana, ya! Karena dijamin aman banget, kok. Bahan yang digunakan teras kaca ini adalah kaca setebal 1,3 meter yang telah memenuhi standar serta ditopang dengan baja yang kuat. Jadi, ngga perlu takut ya, guys! Jangan lupa untuk berfoto-foto ria di teras kaca juga, ya. Dijamin foto kalian bakal instagramable banget!

Spot Foto Cantik Ala Pantai Nguluran: Mulai dari Teras Kaca hingga Becak Terbang

Teras Kaca Pantai Nguluran
Gambar: nativeindonesia.com

Tidak hanya teras kaca, pantai Nguluran memiliki fasilitas lain yang bisa kalian gunakan untuk foto-foto atau sekedar bermain, loh! Yang pertama adalah spot yang mirip dengan teras kaca, yaitu glass boat. Hal yang membedakan antara glass boat dengan teras kaca adalah glass boat berbentuk kapal, sedangkan teras kaca tidak. Namun keduanya bahannya sama-sama dari kaca.

         Selain glass boat, kalian juga bisa menikmati wahana Jogja Swing! Di Jogja Swing, kalian bisa bermain ayunan panjang yang berada di dekat tebing. Spot ini juga lumayan memacu adrenalin seperti glass boat dan teras kaca tadi, karena ketika berayun, rasanya kalian seperti terjun bebas dari tebing. Tetapi tenang saja, keamanan di sini sudah sangat terjaga, kok. Jogja swing sudah terpasang pengaman sehingga kalian nggak akan jatuh. Berani coba?

         Selanjutnya ada becak terbang. Lucu, ya, namanya becak terbang? Iya, diberi nama becak terbang karena becak ini dilengkapi dengan sayap yang ditempatkan di atas landasan yang tinggi dengan latar lautan lepas. Nggak kalah instagramable dengan spot lainnya, di becak terbang kalian juga bisa mengambil gambar dengan teman atau pasangan kalian, loh!

Referensi

Rudi. 2019. “Teras Kaca Pantai Nguluran, Menguji Nyali Menggapai Keindahan”. https://www.nativeindonesia.com/teras-kaca-pantai-nguluran/ 

Jessica Susanti. 2020. “Pantai Nguluran”. https://kelloggsnyc.com/pantai-nguluran/ 

mytrip123. “Pantai Nguluran, Tempat Selfi Anti Mainstream di Jogja.” mytrip123.com/pantai-nguluran 

Leave a Reply