Berburu Kue Lapis Khas Surabaya, Wajib Kamu Jadikan Oleh-Oleh!

Berburu Kue Lapis Khas Surabaya, Wajib Kamu Jadikan Oleh-Oleh!

Asal Muasal Kue Lapis Surabaya

Kue lapis Surabaya merupakan salah satu makanan manis yang khas dari kota Surabaya. Kue yang mempunyai lapisan kuning dan coklat ini menjadi oleh-oleh wajib yang dibawa wisatawan saat berkunjung ke kota Surabaya. Rasanya yang gurih, lembut, dan manis selai menjadi daya pikat dan kesukaan para turis lokal dan mancanegara.

Kue lapis Surabaya terdiri dari dua lapis dan tiga lapis. Dua lapis terdiri dari warna kuning dan coklat, sedangkan yang tiga lapis terdiri dari warna kuning, coklat dan kuning. Kue ini memang menjadi favorit orang Indonesia dari dahulu, karena dibuat dari bahan yang sederhana.

Dalam sejarahnya, Kue lapis Surabaya tercatat sebagai warisan Hindia Belanda, dulunya dikenal dengan nama Spekkoek. Masyarakat Jawa Timur juga sering menyebut kue lapis Surabaya ini dengan sebutan spikoe. Seiring berkembangnya zaman, rasa kue lapis Surabaya telah disesuaikan dengan lidah dan citarasa Indonesia. Kue lapis Surabaya sering disajikan  di acara-acara khusus seperti saat Lebaran, Natal, Imlek, Pernikahan dan acara istimewa lainnya.

BACA JUGA : MENGULIK KEUNIKAN SOTO KUDUS, MAKANAN KHAS KOTA SANTRI

Filosofi Kue Lapis Surabaya

Jangan salah, kue lapis juga mempunyai filosofi lho! Dahulu, Kue lapis adalah kudapan khas pada perayaan acara Imlek. Bentuk kue yang berlapis-lapis dipercaya sebagai simbol kemakmuran yang berlipat atau keuntungan yang terus bertambah.

Ditambah tahap pembuatannya yang rumit demi menghasilkan lapis yang lezat, Kue lapis ini melambangkan perjalanan atau proses hidup seseorang dalam mewujudkan impiannya. Meskipun prosesnya sulit dan membutuhkan waktu yang lama, tetapi pasti hasilnya memuaskan dan membanggakan.

Tempat Berburu Kue Lapis di Surabaya

Setelah kita membahas mengenai asal muasal dan filosofi Kue lapis Surabaya. Kali ini kami akan sajikan rekomendasi beberapa tempat untuk mencicipi dan membeli Kue lapis khas Surabaya. Karena kue lapis ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh lho!

1. Kue Lapis Surabaya Ny Hartono

kue lapis nutella
Foto: kuelapissurabaya.com

Sebagai salah satu produsen kue oleh-oleh khas Surabaya, Ny. Hartono Kitchen adalah salah satu toko kue favorit bagi wisatawan yang datang ke Surabaya. Hampir semua varian kue lapis Surabaya Ny. Hartono sangat diminati oleh pemesan. Dari rasa original, strawberry, dan blueberry sampai yang spesial seperti Nutella, Ovomaltine, dan Skippy.

Biasanya oleh-oleh khas Surabaya ini cepat habis terjual sebelum siang karena tingginya pesanan. Dengan memakai resep lapis Surabaya peninggalan leluhur atau kuno, menjadikan produk  ini menjadi one of the best!

Seluruh kue lapis di Ny. Hartono Kitchen fresh from the oven! Membuatnya pun tidak memakai bahan pengawet apapun. Kue lapis Surabaya Ny. Hartono bisa bertahan kurang lebih lima hari di suhu ruang dan bertahan seminggu atau 10 hari jika disimpan di dalam kulkas  .

Jadi, bagi kamu yang menginginkan kue lapis Surabaya secara langsung membeli dan memesan langsung di toko Ny. Hartono Kitchen maupun pesan online melalui website http://kuelapissurabaya.com/

2. Spikoe Resep Kuno

oleh oleh surabaya spikoe livana
Foto: www.tripzilla.id

Spikoe Resep Kuno adalah merek yang sangat populer untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya. Kue Spikoe Resep Kuno ini sangat terkenal dan sudah berdiri sejak tahun 2000, sehingga menjadi oleh-oleh wajib khas Surabaya.

Tidak hanya dapat menikmati kue lapis original di toko ini, ada berbagai macam varian rasa, seperti kue lapis dengan kismis, spikoe speculaas dan spikoe prunes . Kombinasi isian ini membuat rasa kue lapis jadi semakin bervariasi dan tentunya lezat.

Alamat : Jl. Rungkut Madya No. 41, Surabaya

Jam Buka : 07.00 – 21.00 WIB (Setiap Hari)

Harga : Mulai dari Rp. 80.000

3. Spikoe Livana

kue lapis spikoe livana
Foto: shopee.co.id

Spikoe Livana merupakan merek tersohor dan telah membuka banyak cabang di Indonesia. Sehingga kamu yang tidak sempat membeli oleh-oleh kue lapis di Surabaya dapat membelinya di Jakarta. Varian rasa dari toko Spikoe Livana ini sangat unik, jadi jangan sampai melewatkan toko roti ini!

Tidak hanya lapisan coklat dan kuning, di sini kamu dapat menemukan sangat banyak varian kue lapis atau spiku. Spikoe Livana juga dapat digabungkan dengan lapis brownies. Ada juga kue lapis Surabaya bermotif batik yang menggabungkan berbagai bahan untuk lapisannya.

Rasa kue lapis yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari moka, pandan sampai coklat kismis. Untuk kamu yang suka mencoba rasa-rasa baru pada makanan, Spikoe Livana ini sesuai untuk kamu coba!

Alamat : Jl. Rungkut Madya No. 41, Surabaya

Jam Buka : 07.00 – 20.00 WIB (Setiap hari)

Harga : Mulai dari Rp. 57.000

Baca juga: Gurih Segar Lontong Kupang Khas Sidoarjo, Santapan Wajib Saat Berkunjung ke Jawa Timur

4. Spikoe kekinian di D’Neven Bakehouse

oleh oleh surabaya kekinian d'neven bakehouse
Foto: pergikuliner.com

Ingin mencoba rasa-rasa kue lapis Surabaya atau spikoe yang unik? D’Neven Bakehouse tempatnya. Di toko ini, kamu dapat menemukan koleksi rasa kue lapis yang bikin penasaran, seperti kue lapis  rasa durian. Pastinya toko ini juga menjual kue lapis dengan rasa tradisional.

Lapis-lapis spikoenya tidak selalu berwarna coklat dan kuning. Ada triple chocolate spiku yang tersusun dari seluruh lapisan coklat dan triple vanilla spiku yang seluruh lapisannya berwarna kuning. Uniknya, ada menu charcoal cheese cake spiku yang menggunakan campuran selai blueberry yang merekatkan tiga rasa spikoe jadi satu.

D’Neven Bakehouse juga menawarkan berbagai topping untuk mendekorasi permukaan kue lapis pilihanmu. Hiasan yang cantik membuat kue lapis Surabaya cocok untuk dihantarkan sebagai kue ulang tahun atau hadiah untuk orang terdekatmu. Cantik dan kreatif, kan?

Alamat : Ciputra World, Gn. Sari, Surabaya

Jam Buka : Setiap hari, 10.00 – 21.00 WIB

Harga : Mulai dari Rp. 80.000

5. Spikus (spiku kukus)

oleh oleh surabaya kue lapis kukus
Foto: https://web.facebook.com/spikukukusjawatimur

Ingin mencoba spikoe yang diolah dengan metode lain? Spikus adalah singkatandari spikoe kukus yang menjadikan produk spikoenya memiliki citarasa berbeda. Spikus menawarkan rasa mocca raisin , choco lava dan black and white choco Silverqueen. Porsi yang ditawarkan pun bervariasi, tidak hanya potongan dalam boks. Di Spikus kamu juga bisa memperoleh kue lapis dalam toples kecil. Berbagai macam ukuran mulai dari toples, boks mini atau boks besar menjadikan kamu leluasa untuk mengatur porsi spikoe yang kamu inginkan.

BACA JUGA : REKOMENDASI 7 TEMPAT NONGKRONG DI MALANG DENGAN NUANSA ALAM

Alamat : Jl. Gunung Anyar Harapan Blok ZD No. 28, Gn. Anyar, Surabaya

Jam Buka : Senin-Sabtu, 08.30 – 16.30 WIB

Harga : Mulai dari Rp. 80.000

Bibliography

Kompas.com. (2021, February 03). Resep Kue Lapis Legit Surabaya, Kue Tradisional Khas Imlek. Sumber: https://www.kompas.com/food/read/2021/02/03/131835975/resep-kue-lapis-legit-surabaya-kue-tradisional-khas-imlek?page=all

Tripzilla. (2020, December 07). Toko Kue Spikoe Terkenal di Surabaya. https://www.tripzilla.id/toko-kue-spikoe-terkenal-yang-wajib-kamu-kunjungi-di-surabaya/28328

Toko Bogajaya. (2021, March 10). Sejarah Lapis Surabaya?. https://www.tokobogajaya.com/sejarah-lapis-surabaya/

One thought on “Berburu Kue Lapis Khas Surabaya, Wajib Kamu Jadikan Oleh-Oleh!

Leave a Reply