Mengenal Indonesia

gaya hidup zero waste

Simak Yuk 5 Gaya Hidup Zero Waste, Langkah Sederhana Menyelamatkan Lingkungan!

Share this :

Kenaikan angka kelahiran manusia, turut membawa perubahan besar bagi iklim. Semakin banyak manusia di bumi, semakin besar pula dampak ekologis yang ditimbulkan. Belakangan, terdapat salah satu upaya mutakhir untuk menyelamatkan iklim, salah satunya melalui gaya hidup Zero Waste.

Gaya hidup ini mendorong setiap manusia untuk mengurangi sampah dengan mendaur ulang setiap produk sekali pakai. Tujuan utama dari gaya hidup ini adalah mengurangi sampah yang umumnya hanya bisa digunakan sekali.

Berbagai jenis sampah seperti botol plastik, botol kaca, koran, dan berbagai jenis produk yang sekali pakai, umumnya menjadi penyumbang besar sampah di Indonesia maupun dunia. Oleh karena itu, kali ini penulis ingin mengenalkan kepada Sobat MI beberapa fakta mengenai gaya hidup Zero Waste! Simak ulasan berikut ya!

gaya hidup zero waste
Sumber: prodiahohi.co.id

1. Solusi Khas Anak Muda

Gaya hidup Zero Waste sendiri begitu populer di kalangan milenial, khususnya remaja Indonesia. Melalui gaya hidup ini, setiap orang dari muda sampai tua bisa berperan aktif dalam menyelamatkan lingkungan.

2. Menerapkan 5R

Salah satu aspek paling penting dari gaya hidup Zero Waste adalah 5R, yakni Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot atau dalam Bahasa Indonesia berarti Menolak, Mengurangi, Menggunakan Kembali, Mendaur Ulang, dan Membusukkan.

Hal ini menjadi tindakan tepat kita dalam mengolah sampah. Artinya, kita bisa mulai dengan menolak menggunakan plastik sekali pakai, mengurangi penggunaan plastik atau sampah sekali pakai, menerapkan penggunaan tas belanja, membantu pembusukan sampah organik, dan mendaur ulang setiap sampah sekali pakai.

Baca Juga: Bahaya, Inilah Berbagai Dampak Sampah Plastik

3. Berpikir Sebelum Membeli

Ini nih yang penting banget untuk diterapkan mulai sekarang, kebiasaan berpikir sebelum membeli. Selain memikirkan budget, kamu juga harus berpikir apakah bahan ini termasuk ramah lingkungan atau sebaliknya.

Pun kalau termasuk ke sampah anorganik, maka Sobat MI juga perlu memikirkan daur ulang apa yang bisa dimanfaatkan dari barang tersebut. Salah satu hal simple seperti penggunaan tas plastik yang kini bisa kamu ganti dengan tas yang bisa dipakai berulang kali, baik untuk belanja basah (sayur, daging) maupun belanja kering (shampoo, sabun).

4. Memisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Sadar ga sih Sobat MI, kalau dari SD dulu kita sudah dikenalin mengenai pengelompokkan sampah organik dan anorganik lho! Namun, ketika kita bertambah besar, rasanya kepedulian terhadap materi dasar ini perlahan memudar.

Setelah menyadari berbagai dampak lingkungan seperti banjir, tanah longsor, sampai perubahan iklim, kita bisa mulai menyelamatkan lingkungan dengan memisahkan sampah organik dan anorganik.

Sobat MI bisa mendaur ulang berbagai sampah anorganik, sedangkan untuk sampah organik seperti sayur-sayuran atau nasi, bisa digunakan sebagai pupuk alami yang sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah.

Baca Juga: Ketahui 4 Fakta Unik Gizi Manusia yang Masih Jarang Diketahui Masyarakat Luas

5. Mulai Dari Sekarang!

Kini Sobat MI sudah mengetahui beberapa fakta sekaligus penjelasan singkat mengenai gaya hidup Zero Waste, so kini saatnya Sobat MI menjadi agen perubahan untuk lingkungan kita ini.

Mulai dari membiasakan diri menggunakan tas belanja (jangan sekali pakai), memisahkan sampah organik dan anorganik, sampai bergabung ke berbagai organisasi atau komunitas yang berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan.

Saran dari penulis, apapun passion atau pekerjaan kita, sebanyak apapun ilmu pengetahuan yang kita pelajari, jangan sampai kita lupa untuk tetap berkontribusi melestarikan lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai gaya hidup Zero Waste. Sekarang Sobat MI sudah tahu nih berbagai fakta sekaligus penjelasan singkat mengenai gaya hidup ini, so kini sebagai generasi muda, sudah saatnya kita peduli terhadap lingkungan kita.

Mulai dari langkah kecil dengan mengurangi penggunaan plastik, kita secara ga langsung telat berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan. Jadi, yuk mulai dari sekarang!

About Post Author

2 thoughts on “Simak Yuk 5 Gaya Hidup Zero Waste, Langkah Sederhana Menyelamatkan Lingkungan!”

  1. Pingback: Kenalan Yuk dengan Founder Bye-bye Plastic, Selamatkan Lingkungan Sejak Dini – Mengenal Indonesia

  2. Pingback: Review Rustic Market Surabaya, Coffee Shop Surabaya dengan Menu Super Terjangkau!

Leave a Comment

Education Template