Mengenal Indonesia

5 Rekomendasi Wisata Hutan Indonesia dengan Panorama Tercantik!

Share this :

Wisata hutan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang mencintai alam dan ingin menghabiskan waktu untuk healing tanpa lelah berlebih. Hutan tidak hanya mengajakmu berkelana menyusuri rimbun hijau yang menyejukkan mata, melainkan juga mampu merefresh kembali segala pikiran berat di perkotaan.

Eits, ternyata Indonesia memiliki banyak wisata hutan yang menarik banget untuk dikunjungi lho. Kira-kira wisata di mana saja sih? Yuk, simak langsung beberapa rekomendasinya di bawah ini Sobat!

1. Taman Nasional Way Kambas

Sumber: wanaswara.com

Wisata hutan Indonesia yang pertama ialah Taman Nasional Way Kambas. Taman Nasional ini terletak di Lampung tepatnya di wilayah Labuhan Ratu, Lampung Timur. Way Kambas sendiri dikenal sebagai sekolah gajah, sekaligus tempat perlindungan bagi Gajah Sumatra hingga badak sumatera.

Oh iya, untuk masuk ke wilayah Taman Nasional Way Kambas, kamu memerlukan izin dan tidak sembarang turis bisa masuk ya. Terdapat beberapa persyaratan yang bisa kamu cek melalui website resmi dari Taman Nasional, dengan klik link ini.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Sumber: travel.kompas.com

Wisata hutan Indonesia berikutnya terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, yakni Taman Nasional Ujung Kulon. Tahukah kamu kalau Ujung Kulon menjadi taman nasional tertua di Indonesia sekaligus situs Warisan Dunia yang diresmikan oleh UNESCO pada tahun 1991.

Untuk berkunjung ke Taman Nasional satu ini kamu cukup menghabiskan kocek di bawah 100.000 (untuk wisatawan dalam negeri) dan sekitar 150.000 (untuk turis asing). Terdapat banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Taman Nasional ini Sobat, mulai dari snorkling, surfing, hiking, hingga mengamati berbagai satwa yang ada.

3. Taman Nasional Tanjung Puting

Sumber: travellink-indonesia.com

Beralih ke Kalimantan, kali ini ada wisata hutan Indonesia yang tak kalah menarik sekaligus keren dari dua Taman Nasional di atas. Kali ini ada Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Taman Nasional ini memiliki beberapa objek wisata, seperti Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Leakey, dan Camp Pondok Ambung. Selain itu, sobat MI juga bisa melihat berbagai pesona eksotis dari satwa endemik Indonesia maupun flora menarik seperti kantong semar, meranti, hingga keruing.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

Sumber: dolandolen.com

Wisata hutan Indonesia berikutnya terletak di Sumatera Utara dan Aceh, yakni Taman Nasional Gunung Leuser atau akrab disingkat sebagai TNGL. Taman nasional ini menjadi rumah bagi puluhan orangutan, gajah sumatera, badak sumatera, dan berbagai satwa endemik khas Indonesia lainnya.

TNGL sendiri menjadi tempat yang paling cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan gemar menjelajahi alam. Kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersantai sembari memandang pepohonan maupun menjelajah lebih dalam Taman Nasional bersama porter atau pemandu yang disediakan.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Sumber: katadata.co.id

Wisata hutan yang terakhir datang dari ujung Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi. Taman Nasional Alas Purwo menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang ingin mencari keheningan dengan nuansa cukup mistis.

Taman Nasional ini juga menyimpan berbagai jenis satwa unik khas Indonesia seperti banteng, lutung, kancil, macam tutul, rangkong badak, dan masih banyak lagi. Eits, tak hanya itu, Alas Purwo juga acap kali menjadi tempat ritual Pagerwesi bagi umat Hindu.

Kamu yang hendak berkunjung ke Taman Nasional ini bisa menikmati berbagai keindahan alam seperti Savana, berbagai tempat peninggalan sejarah yang cukup sakral, hingga kawasan hutan mangrove yang memanjakan mata.

Nah, di atas adalah beberapa wisata hutan Indonesia yang cantik dan menarik banget untuk kamu kunjungi saat akhir pekan nanti. Oh iya, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan sekaligus aturan yang diterapkan di setiap wisata hutan. So, selamat healing Sobat MI!

About Post Author

1 thought on “5 Rekomendasi Wisata Hutan Indonesia dengan Panorama Tercantik!”

  1. Pingback: Mengenal Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Kuliner Khas Pulau Dewata

Leave a Comment

Education Template