MENILIK TANAMAN HIAS YANG POPULER DI TAHUN 2021

MENILIK TANAMAN HIAS YANG POPULER DI TAHUN 2021

Semenjak adanya pandemi, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Masyarakat pun mulai mencari aktivitas baru untuk dilakukan di rumah aja.  Aktivitas tersebut salah satunya adalah merawat dan menanam tanaman hias.

 

Kegiatan merawat tanaman pun sempat menjadi tren sejak tahun 2020. Masyarakat seakan latah dan berbondong-bondong menjadikan kegiatan ini sebagai hobi baru. Bahkan banyak di antaranya yang menjadikan tanaman hias sebagai ladang bisnis lho!

 

Selain menambah aktivitas selama di rumah aja, merawat tanaman  juga dapat mempercantik rumah. Kegiatan ini pun terbilang cukup mudah. Tak perlu lahan yang luas, hanya bermodal pot, tanah, dan bibit tanaman kamu pun bisa memulai kegiatan menanam.

 

Tren ini  rupanya juga  berdampak pada kepopuleran jenis-jenis tanaman tertentu. Sempat ada beberapa tanaman  yang viral semasa awal pandemi. Nah, di tahun 2021 ini, kira-kira tanaman apa saja ya yang masih populer atau sedang naik daun?

1. Aglaonema

Tanaman Hias
Sumber Gambar: suara.com

Aglaonema atau biasa disebut dengan aglonema ini rupanya masih berkerabat dengan talas-talasan atau aracaeae lho. Di Indonesia, aglonema dikenal dengan sebutan ‘sri rezeki’, barangkali tanaman ini dianggap dapat membawa rezeki oleh masyarakat.

 

Daya tarik tanaman ini  terdapat pada daunnya. Aglonema memiliki daun yang eksotis, bahkan selain disebut tanaman pembawa rezeki, aglonema pun mendapat julukan sebagai ratu daun yang paling eksotis lho!

 

Popularitas aglonema pada tahun 2021 pun cukup mendominasi. Dilansir dari kompas.com, harga aglonema yang paling tinggi dapat menyentuh nominal Rp.500.000,00. Harga tersebut untuk jenis aglonema big leaf, aglonema andini, dan aglonema bidadari.

 

Jika menaruh aglonsma di bawah/di lantai sudah biasa, kamu dapat menjadikan aglonema sebagai tanaman hias gantung lho! Niscaya akan membuat dekorasi rumahmu semakin indah.

2. Monstera

Tanaman Hias
Sumber Gambar: Tribun.com

Pasti banyak yang sudah tidak asing dengan tanaman satu ini. Ya, monstera! Tanaman yang sempat naik daun dan melejit di tahun 2020 rupanya masih populer lho di tahun 2021.

 

Ciri khas tanaman ini adalah daunnya yang berbolong. Eits, bolong-bolong tersebut bukan karena dimakan ulat ya! Di Indonesia, monstera dikenal dengan sebutan ‘janda bolong’.

 

Ketika kepopuleran monstera berada di atas awan, harganya mampu menembus hingga jutaan rupiah. Namun, kini kamu bisa mendapatkan tanaman ini hanya dengan merogoh kocek di bawah Rp.50.000,00.

 

Meskipun harganya merosot tajam, tapi tanaman ini masih banyak digandrungi oleh masyarakat. Monstera masih menjadi tanaman yang menarik untuk dimiliki guna mempercantik rumah.

 

Yahoo!berita pun menjabarkan cara perawatan monstera yang terbilang cukup mudah. Kamu tak perlu menyiram tanaman ini setiap hari, bahkan tanaman ini bisa disimpan di dalam rumah karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari. 

3. Kaktus

Tanaman Hias
Sumber Gambar: cnnindonesia.com

Kaktus merupakan tanaman yang identik dengan durinya. Namun, duri tersebutlah yang justru menambah keindahan tersendiri pada tanaman ini. Rupanya pepatah untuk mendapatkan suatu yang indah harus rela menanggung duri itu benar ya!

 

Sebenarnya kaktus sudah menjadi tanaman favorit banyak orang sejak dulu. Tren merawat tanaman selama pandemi rupanya mengangkat nama kaktus sebagai tanaman yang populer dan diminati masyarakat.

 

Bentuk tanaman kaktus yang beraneka ragam bisa dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Tanaman ini pun tidak membutuhkan lahan yang banyak. Bermodal pot saja kamu sudah bisa merawat tanaman ini. 

4. Lidah Mertua

Tanaman Hias
Sumber Gambar: popbela.com

Dari namanya mungkin tanaman ini terkesan sedikit seram ya. Namun, lidah mertua ini bukanlah lidah mertua yang sesungguhnya. Ini hanyalah sebatas sebutan untuk jenis sebuah tanaman.

 

Lidah mertua adalah tanaman yang perawatannya terbilang sederhana. Namun, berbeda dengan monstera yang tidak memerlukan banyak sinar matahari, tanaman ini justru harus mendapatkan penyinaran matahari yang cukup.

 

Asupan air pada lidah mertua pun harus tercukupi. Dengan begitu, lidah mertua akan tumbuh dengan cantik. Untuk perawatan daunnya, kamu hanya perlu menyekanya dengan air dan tampilan lidah mertua yang mengkilap pun bisa kamu dapatkan.

5. Sukulen

Tanaman Hias
Sumber Gambar: Liputan6.com

Banyak sekali orang yang tertukar antara tanaman kaktus dan sukulen. Sebenarnya keduanya masih berkerabat. Kaktus biasanya berukuran besar, sedangkan sukulen ukurannya lebih kecil, bahkan tergolong mini.

 

Tahukah kamu bahwa sukulen bukanlah sebuah nama tanaman, melainkan sebuah klasifikasi pada sebuah tanaman yang berbagai macam jenis. Sukulen sendiri berasal dari bahasa Latin dan memiliki arti ‘jus’ atau ‘getah’.

 

Serupa dengan kaktus, sukulen dapat tumbuh dengan subur di tanah yang gersang sekalipun. Tanaman ini pun populer dan banyak diminati masyarakat, karena perawatannya yang relatif minim.

 

Sukulen memiliki tampilan yang tidak biasa dan mencolok. Banyak yang menjadikan sukulen sebagai penghias ruangan.

 

Nah itulah tanaman-tanaman yang populer di tahun 2021. Beberapa di antaranya sudah populer dari tahun sebelumnya, dan ada juga yang baru populer saat ini. Dari yang telah disebutkan hampir semua merupakan tanaman hias daun, barangkali tren nanti akan ada tanaman hias bunga, kita nantikan saja ya tren tanaman pada masa yang akan datang!

 

 

Ayo lihat daftar makanan Indonesia yang telah mendunia!

Daftar Pustaka

 

Maulana, Abdul Haris. (2021). 12 Jenis Aglonema yang Diprediksi Populer di 2021. Diakses pada 19 September 2021 dari www.kompas.com/homey/read/2021/02/18/172000676/12-jenis-aglonema-yang-diprediksi-populer-di-2021

 

Maulana, Abdul Haris. (2021). Mengetahui Lebih Jelas tentang Tanaman Sukulen. Diakses padaa 19 September 2021 dari kompas.com/homey/read/2021/01/20/192400576/mengetahui-lebih-jelas-tentang-tanaman-sukulen

 

Nabila, Ardela. (2021). 5 Tren Tanaman Hias 2021, Masih Populer Sampai Sekarang. Diakses pada 19 September 2021 dari berita.yahoo.com/amphtml/5-tren-tanaman-hias-2021-072842353.html

Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Meja Belajar, Simak Selengkapnya agar semakin semangat belajar!

Leave a Reply