Mengenal Indonesia

tempat wisata Jogja Hutan Pinus Pengger

6 Tempat Wisata Jogja: Selain Malioboro yang Fotogenik!

Share this :

Tempat wisata Jogja yang paling diingat memang Malioboro. Sebab Malioboro adalah jantungnya Kota Jogja. Tapi, ada loh tempat wisata Jogja yang gak kalah epiknya dengan Malioboro.

Ada Bukit Lintang Sewu dan Hutan Pinus Pengger dengan wisata alamnya yang fotogenik. Selain itu, ada Pantai Siung dengan sederet tebing yang menjulang tinggi. Ini dia 6 tempat wisata Jogja selain Malioboro yang perlu sobat MI kunjungi.

1. Bukit Lintang Sewu

tempat wisata Jogja bukit lintang sewu
sumber : raskita.com

Tempat wisata murah di Jogja yang bisa sobat MI kunjungi adalah Bukit Lintang Sewu. Bukit Lintang Sewu adalah tempat wisata Jogja yang berada di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul. Jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta, sobat MI hanya membutuhkan waktu kisaran satu jam.

Bukit Lintang Sewu menjadi tempat wisata di Jogja yang ramai dikunjungi. Sebab, epiknya bukan main.

Spot foto yang ditawarkan di sana meliputi rumah terbalik, gardu pandang yang didesain seperti rumah dengan keadaan terbalik, dan live music.

Selain itu, Bukit Lintang Sewu juga menyediakan penginapan loh. Penginapan di sana bergaya glamorous camping dengan desain rumah seperti panggung.

Satu kamar bisa diisi oleh empat orang dan maksimal enam orang. Biaya tambahan penginapan untuk satu orang dipatok Rp18.000.

Jika tertarik untuk camping di sana, sobat MI bisa langsung reservasi secara online. Informasi detailnya bisa dilihat di instagramnya, @bukitlintangsewu.

Bukit Lintang Sewu buka mulai pukul 08.00 WIB-21.00 WIB. Harga tiketnya terbilang murah yaitu Rp5.000 per orang.

2. Kalibiru

tempat wisata Jogja Kalibiru
sumber : shutterstock/Naufal Ilham R

Kalibiru adalah desa wisata yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tepatnya di Kelurahan Hargowilis, Kecamatan Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Wisata ini buka mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

Spot foto yang gak boleh ketinggalan di sana adalah menara pandang. Pada menara ini sobat MI bisa menikmati keindahan Waduk Sermo dari ketinggian.

Kalian pecinta adrenalin? Jangan lupa untuk menikmati sensasi flying fox di Kalibiru.

Harga tiket masuk Kalibiru dipatok mulai Rp10.000 per orang. Murahkan?

Sementara untuk kalian yang hendak menginap, bisa banget. Wisata Kalibiru menyediakan penginapan dengan harga Rp100.000 per malam.

3. Tumpeng Menoreh

tempat wisata Jogja Tumpeng Menoreh
sumber : instagram.com/tumpengmenoreh

Tumpeng Menoreh adalah tempat wisata yang berbentuk hexagonal dan berada di wilayah perbukitan.

Secara administratif berada di Desa Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk memasuki Tumpeng Menoreh, sobat MI perlu merogoh kocek sebesar Rp50.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk voucher makan Rp25.000 yang bisa ditukarkan di area restoran.

Tumpeng Menoreh buka selama 24 jam. Waktu terbaik menikmati suasana Tumpeng Menoreh adalah menjelang matahari terbit dan terbenam.

Jika berkunjung pada siang hari, sobat MI bisa menikmati berbagai kuliner sambil menikmati pemandangan tiga gunung besar di Jawa yaitu Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing.

Tumpeng Menoreh juga memiliki wahana lift dengan ketinggian 100 meter yang akan mengantar sobat MI ke Tumpeng Ayu.

Pemandangan dan sensasi berbeda akan dirasakan selama menaiki lift tersebut.

Fasilitas yang disediakan di sini pun lengkap. Mulai dari camping ground, cafe, hingga area parkir dan kamar mandi umum.

4. Pantai Siung

tempat wisata di Jogja Pantai Siung
sumber : instagram.com/explorejogjajateng

Pantai ini berada di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Waktu tempuh menuju Pantai Siung adalah 2 hingga 3 jam dari pusat Kota Jogja.

Sesampainya di Siung, sobat MI akan dimanjakan pemandangan air laut dengan tepian pasir putih. Selain itu, hamparan batu karang yang berbentuk seperti taring.

Banyaknya karang yang menyerupai gigi taring, atau dalam Bahasa Jawa disebut siung, menjadi dasar penamaan Pantai Siung untuk kawasan tersebut.

Pantai Siung biasanya menjadi list itinerary para climber nih. Pasalnya, pantai ini dikelilingi oleh tebing.

Diketahui tebing di Pantai Siung memiliki 250 trek area pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang beragam.

Mau camping di sini? bisa banget. Sobat MI tinggal membawa peralatan camping dan mendirikannya di area antar tebing.

Tiket masuk Pantai Siung dipatok dengan harga kisaran Rp10.000-Rp15.000 per orang.

5. Hutan Pinus Pengger

tempat wisata Jogja Hutan Pinus Pengger
sumber : tripadvisor.co.id

Kangen suasana nan asri dan jauh dari hiruk pikuk kota? Coba deh mampir ke Hutan Pinus Pengger.

Hutan Pinus Pengger terletak di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Wisata alam ini menawarkan banyak pemandangan dan spot foto yang menarik. Spot tersebut diantaranya panca warna (tangan raksasa), jempol raksasa (rumah indian), jembatan Pinus Pengger, jembatan pohon, dan akar melingkar.

Tangan raksasa merupakan ikon dari Hutan Pinus Pengger yang berada di ujung tebing.

Nah, untuk foto di spot yang ada akan dikenakan biaya Rp2.000 dengan fasilitas kamera sendiri atau Rp4.000 dengan kamera fotografer.

Sementara untuk biaya tiket masuk cukup murah yaitu Rp5.000 per orang. Hutan Pinus Pengger buka mulai jam 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Baca Juga : Ada Ullen Sentalu Wisata Pegunungan paling Epik di Jogja

6. Pantai Parangtritis

tempat wisata Jogja Pantai Parangtritis
sumber : shutterstock/Peter Gueth

Panorama Pantai Parangtritis memang udah gak diragukan lagi. Epiknya bukan main. Apalagi kalo menikmati sunset di bibir pantai.

Pantai Selatan ini berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Tiket masuk Pantai Parangtritis berkisar Rp10.000 per orang.

Parangtritis menyuguhkan banyak fasilitas seperti penyewaan kuda, motor ATV, jeep, hingga kereta kuda (dokar). Kamar mandi dan warung makan pun tersedia. So, sobat MI gak akan bosen dan kelaparan disana.

Spot foto di Parangtritis tak hanya gulungan air laut dan tenggelamnya matahari loh. Di sana ada kawasan gumuk pasir yang gak kalah estetik.

Menurut Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, nama Parangtritis berasal dari kata “Parang” yang artinya batu dan “Tritis” yang artinya tetesan air.

Bicara perihal sejarah Parangtritis, memang penuh misteri dan mitos. Masyarakat Bantul dan sekitarnya meyakini bahwa Pantai Parangtritis adalah perwujudan dari kesatuan trimurti yaitu Gunung Merapi, Kraton Yogyakarta, dan Parangtritis.

Ketiga tempat diatas sering dihubungkan ketika fenomena alam terjadi di salah satu tempat itu.

Selain itu, larangan menggunakan baju  berwarna hijau pun masih kental. Masyarakat setempat masih menganggap bahwa warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul–penguasa laut Selatan–.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, wisatawan disarankan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau saat mengunjungi Pantai Selatan.

Itu dia 6 tempat wisata Jogja yang bisa sobat MI kunjungi bareng teman maupun keluarga. Dijamin ketagihan deh.

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya sobat MI. Caranya gampang kok dengan klik sini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal Indonesia melalui postingan di website dan akun sosial media Mengenal Indonesia.

Share this :

Leave a Comment