Mengenal Indonesia

permainan tradisional Lato Lato

Lato Lato: Sejarah, Cara Main, hingga Masuk Anime Jojo’s Bizzare Adventure!

Share this :

Lato Lato adalah permainan tradisional yang baru-baru ini viral di media sosial. Bahkan beberapa public figure hingga Presiden Joko Widodo turut memainkannya.

Sebelum dimainkan oleh beberapa public figure Indonesia, ternyata Lato Lato pernah ditayangkan di dunia perfilman loh, salah satunya di anime Jojo’s Bizzare Adventure.

Lantas, sebenarnya Lato Lato berasal dari negara Indonesia kah atau negara lain? Sejak kapan permainan ini muncul?

permainan tradisional Lato Lato
sumber : shutterstock

Sejarah Munculnya Lato Lato

Siapa yang berpikir bahwa permainan Lato Lato berasal dari Indonesia? Ternyata permainan jadul ini berasal dari negeri Paman Sam. Namun, ada juga literatur yang menyatakan dari Eropa.

Permainan Lato Lato muncul pertama kali pada tahun 1960-an. Namun, mulai populer di masyarakat Amerika tahun 1970-an. Konon, masyarakat sana menyebut Lato Lato dengan nama Clackers‘.

Tidak berselang lama, permainan Clackers dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat. Kok bisa dilarang? Ya, sebab permainan Clackers banyak menimbulkan korban jiwa.

Pada zaman dulu, bahan yang digunakan untuk membuat Clackers adalah kaca akrilik. Ketika tak sengaja terjatuh atau terbanting, Clackers akan pecah. Akibatnya banyak serpihan kaca berserakan dan melukai anggota tubuh pemain dan orang sekitarnya.

Demi keamanan dan kenyamanan penduduk Amerika Serikat, pemerintah setempat dengan sigap membuat larangan memainkan Crackers.

Viralnya Permainan Lato Lato di Indonesia

Jauh sebelum viral di media sosial TikTok, permainan Crackers sudah dikenal masyarakat Indonesia. Ini dia fase munculnya permainan Crackers di Indonesia.

Viral tahun 1990-an 

Tahun 1990-an, mainan Clackers mulai dikenal dan digemari anak-anak Indonesia. Tak jarang, penjual mainan keliling, toko-toko kecil hingga besar menjajakan mainan tersebut. Pada zaman dulu, harga Clackers hanya kisaran Rp2.000 hingga Rp5.000-an.

Kembali Viral di Tahun 2022

Akhir 2022, permainan Crackers kembali viral. Kali ini diviralkan lewat akun TikTok. Kini trend bermain Crackers kian meluas. Anak-anak kecil hingga orang dewasa berbondong-bondong mengikuti trend tersebut. Tak terkecuali petinggi negara, Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Nama Lain Lato Lato

Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan permainan Lato Lato yang berbeda-beda. Misalnya Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Makassar.

Masyarakat Jawa Tengah mengenal Lato Lato dengan sebutan ‘Tek-tek’. Berbeda lagi dengan daerah Jawa Barat. Masyarakat Sunda menyebutnya permainan ‘Nok-nok’.

Nah, kalau masyarakat Makassar menamakan permainan asal Amerika ini dengan ‘Katto-katto’.

Perfilman yang Memunculkan Lato Lato

1. Jojo’s Bizzare Adventure

Buat pecinta anime pasti tau dong serial ‘Jojo’s Bizzare Adventure’. Dalam serial ini, seorang tokoh bernama Joseph Joestar memiliki senjata mematikan yaitu Crackers.

Crackers dioperasikan dalam episode 15 manga Jojo’s Bizarre Adventure Part 2: Battle Tendency yang dikombinasikan dengan ripple.

Kombinasi itu mengubah kemampuan Clackers Joseph Joestar. Clackers ini menjadi senjata yang mematikan lantaran bisa merobek kulit hingga mengacak-acak organ tubuh lawan.

2. Beware! The Blob

Film ini adalah film horor komedi fiksi ilmiah independen yang ditayangkan Amerika Serikat. Beware! The Blob tayang di tahun 1972 dan disutradarai Larry Hagman.

3. Love and Sausages

Crackers dalam film ini terplot dalam episode The Kids in the Hall TV. Film Love and Sausages rilis pada tahun 1993.

4. Drake & Josh

Drake & Josh adalah acara televisi Amerika yang tayang pada 2007 silam. Crackers ditampilkan di episode Megan’s First Kiss‘. 

5. Zoey 101

Zoey 101 merupakan salah satu acara televisi Amerika 2008 yang mengangkat permainan Crackers di episode Rumor of Love‘. Pada episode tersebut Crackers disebut-sebut menjadi permainan terpopuler di Belanda kala itu.

Cara Main Lato Lato

Melihat orang bermain Clackers memang mudah, tapi aslinya tidak. Dalam permainan ini, sobat MI harus menggoyangkan dan menyeimbangkan kedua bola agar terus berbenturan satu sama lain. Sebagai gambaran, ini dia cara memainkannya:

1. Pastikan posisi kedua bola sejajar dan imbang.

2. Jepit bagian tengah tali Clackers diantara jari tangan.

3. Setelah itu, ayunkan tali yang sobat MI genggam hingga kedua bola saling beradu dan muncul bunyi “Tek-tek”.

Manfaat Bermain Lato Lato

Meskipun banyak berita yang beredar terkait bahaya bermain Crackers, tapi permainan ini memiliki sisi positifnya kok. Asal memainkannya masih dalam pengawasan orang dewasa, permainan ini masih aman untuk dipraktikkan.

Psikolog klinis, Danang Baskoro, M.Psi., Psikolog menyatakan bahwa bermain Crackers bisa menstimulasi otak anak. Nantinya anak akan menjadi lebih berkembang dan terampil. Selain itu, juga memberikan stimulasi kecerdasan spasial anak.

Crackers secara tidak langsung melatih kemampuan kecerdasan emosional anak. Ketika bisa mengendalikan emosi, maka konsentrasi anak akan stabil. Konsentrasi yang tinggi menjadi kunci keberhasilan memainkan Crackers.

Itu dia serba serbi permainan tradisional Lato Lato yang telah melalang buana di dunia perfilman bahkan pelosok negara.

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya sobat MI. Caranya gampang kok dengan klik sini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal Indonesia melalui postingan di website dan akun sosial media Mengenal Indonesia.

Share this :

Leave a Comment