Mengenal Indonesia

Rekomendasi Tempat Bukber di Jogja yang Maknyus, Cocok untuk Keluarga dan Teman

Share this :

Halo Sobat MI! Ramadhan merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh umat muslim. Banyak kebiasaan yang dilakukan oleh umat muslim di Indonesia, salah satunya adalah tradisi buka bersama. Beberapa rekomendasi tempat bukber di Jogja dari MI ini dapat kamu coba di bulan ramadhan ini bersama teman, keluarga, atau kerabat.

Mau tahu apa saja rekomendasi tempat bukber Jogja dari MI? Simak informasinya berikut ini!

1. House of Raminten

Sumber: Instagram/House of Raminten

Rekomendasi tempat bukber di Jogja pertama adalah House of Raminten. Restoran ini menyajikan hidangan Jawa klasik dengan suasana tradisional, seperti sego bakar dan sego kuning. Rasa yang ditawarkan oleh hidangan di House of Raminten tidak main-main enaknya.

Pengunjung langsung disambut oleh suasana klasik nan tradisional ketika pertama kali menginjakkan kaki di restoran ini. Pelayannya pun menggunakan busana tradisional. Makanan disajikan dalam bentuk bakul, tumpeng, dan sekul.

Walaupun begitu, restoran ini sangat ramai pengunjung ketika waktu buka puasa. Oleh karena itu, Sobat MI bisa melakukan reservasi tempat terlebih dahulu, ya!

Alamat: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 5 ribu – 28 ribu

2. Lesehan Sayidan

Sumber: Facebook/Lesehan Sayidan

Lesehan Sayidan adalah rekomendasi tempat buka puasa di Jogja yang cocok bagi Sobat MI yang ingin makan dengan harga terjangkau. Walaupun tempatnya bisa dibilang sederhana, Lesehan Sayidan tetap menawarkan sajian makanan yang lazis.

Sobat MI juga bisa melihat pemandangan Sungai Code yang ditemani langit petang yang indah ketika bukber di tempat ini. Sajian makanan di Lesehan Sayidan juga cukup bervariasi, seperti lele, ayam, dan nasi goreng.

Alamat: Bintaran kulon Mg 2 No. 1, RT.01/RW.01, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 3 ribu – 90 ribu

3. Lombok Idjo Diponegoro

Sumber: Restaurant Guru

Seperti namanya, Lombok Idjo Diponegoro menawarkan berbagai makanan dengan rasa pedas. Bagi Sobat MI pecinta makanan pedas, rekomendasi tempat buka puasa di Jogja ini merupakan pilihan yang pas.

Lokasinya berada di Jalan Diponegoro yang sangat strategis dan tidak jauh dari Tugu Jogja dan kawasan Malioboro menjadi poin plus bagi restoran ini. Berbagai panganan lezat yang disajikan di restoran ini antara lain sayur asem, empal daging, ayam kampung, dan es timun seret.

Suasana tradisional sangat terasa ketika menginjakkan kaki di restoran ini. Tempatnya yang luas membuat restoran ini dapat menampung banyak orang ketika waktu buka puasa.

Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro No.64, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 5 ribu – 85 ribu

4. Waroeng SS

Sumber: Waroeng SS

Restoran legendaris ini sepertinya sudah banyak dikenal oleh pecinta kuliner. Tidak hanya warga Jogja, restoran ini sering kedatangan pengunjung dari luar kota yang penasaran dengan kelezatan panganan di restoran ini.

Waroeng SS merupakan rekomendasi tempat bukber di Jogja selanjutnya dari MI. Bagi Sobat MI pecinta makanan pedas, Waroeng SS merupakan pilihan yang tepat untuk berbuka puasa.

Waroeng SS menyajikan berbagai jenis makanan yang pastinya lazis, seperti ayam, gurame, nila, dan bebek. Waroeng SS memiliki berbagai jenis sambal yang bisa sobat MI coba, seperti sambal bawang joss, lombok hijau, terasi, dan sambal tempe.

Terdapat 18 cabang Waroeng SS di Kota Yogyakarta. Restoran asli Jogja ini juga telah merambah ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Bali, seperti Jakarta, Bandung, dan Malang.

Alamat:: Jl. Kyai Mojo No.68, Bener, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 3 ribu – 26 ribu 

5. Restoran Bumbu Desa

Sumber: Facebook/Bumbu Desa

Rekomendasi tempat bukber di Jogja selanjutnya adalah Restoran Bumbu Desa. Restoran ini menawarkan hidangan Sunda tradisional yang nikmat. 

Nilai plus lainnya yang bisa kamu temukan di tempat bukber jogja yang satu ini adalah tempatnya yang luas. Selain itu, restoran ini juga memiliki teras terbuka yang cocok bagi Sobat MI yang ingin bersantai ditemani semilir hembusan angin.

Keunikan dari restoran ini adalah sifatnya yang prasmanan. Sobat MI bisa mengambil berbagai panganan yang diinginkan, seperti ayam kampung, ikan tempe, tahu, dan kangkung, dengan dibantu oleh pramusaji di sepanjang meja.

Alamat:: Jl. Kartini No.8, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 5 rbu – 90 ribu

BACA JUGA: Rekomendasi 9 Cafe Alam di Bandung dengan View Bagus dan Suasana Asri

6. Nanamia Pizzeria

Sumber: PegiPegi

Bagi Sobat MI yang ingin berbuka puasa dengan hidangan western, Nanamia Pizzeria merupakan pilihan yang tepat. Sesuai namanya, restoran yang berkonsep mediterranean ini menyajikan pizza sebagai menu andalannya.

Pizza yang disajikan tentu memiliki rasa yang khas, karena dipanggang di atas kayu bakar. Apabila Sobat MI masih merasa lapar, Nanamia Pizzeria juga memiliki beberapa menu western food lain, seperti panini, spaghetti, ravioli, dan aneka dessert khas Italia.

Keunggulan lainnya dari restoran ini adalah tempatnya yang luas, nyaman, dan memiliki ornamen yang unik dan modern khas mediterania. Terdapat pula area ruang terbuka hijau, yang tentunya cocok sebagai tempat bercengkerama ketika berbuka puasa.

Alamat: Jl. Tirtodipuran No.1, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 15 ribu – 75 ribu

7. Osea Resto and Bar

Sumber: Instagram/Osea Resto

Rekomendasi tempat bukber di Jogja lainnya adalah Osea Resto and Bar. Sama seperti Nanamia Pizzeria, tempat bukber Jogja yang satu ini menawarkan berbagai panganan berkonsep western, seperti pizza, spaghetti, calamari, dan burger.

Osea Resto and Bar menyajikan dekorasi bagus dan tematik ala pantai di Pulau Bali yang nyaman dan Instagrammable. Tempatnya yang semi outdoor juga bisa menjadi pertimbangan bagi Sobat MI dari Jogja yang ingin berbuka puasa di tempat yang anti-mainstream.

Alamat: Jl. Pakem – Turi No.23, Blembem Lor, Harjobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.

Harga: Rp 18 ribu – 95 ribu

8. ViaVia Jogja

Sumber: GoTravelly

ViaVia merupakan rekomendasi tempat bukber di Jogja berikutnya dari MI. ViaVia menyajikan berbagai macam panganan yang pastinya lazis untuk disantap. Mulai dari makanan Indonesia hingga Western tersedia di sini, seperti laksa, sop buntut, dan caesar salad.

Selain restoran, ViaVia juga memiliki toko kue (bakery), yang sudah melegenda di Kota Jogja. Aneka panganan ringan yang disediakan di bakery ini antara lain carrot cake, cinnamon roll, baguette, croissant, dan cookies.

Tempatnya yang berkonsep modern tentu saja cocok bagi kalian yang ingin mencari tempat bukber Jogja yang Instagramable. Namun, tempatnya cukup kecil, sehingga Sobat MI bisa melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan bukber di sini.

Alamat: Jl. Prawirotaman No.30, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 25 ribu – 200 ribu

9. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Sumber: IDN Times/Nindias Khalika

Bagi kalian yang ingin berbuka puasa di angkringan khas Kota Jogja, Angkringan Lik Man merupakan pilihan yang tepat. Rekomendasi tempat bukber di Jogja yang satu ini sudah melegenda dan terkenal di kalangan masyarakat kota Jogja.

Sama seperti angkringan lain, Angkringan Kopi Joss Lik Man menyajikan berbagai panganan seperti nasi kucing, bacem, sate-satean, dan gorengan. Menu andalan di angkringan ini adalah kopi joss, yaitu kopi panas yang diberi arang hitam.

Alamat: Pasar Kranggan, Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 2 ribu – 20 ribu

10. Bale Babakaran

Sumber: Tribun Jogja/Hamim Thohari

Rekomendasi tempat bukber di Jogja terakhir dari MI adalah Bale Bebakaran. Sesuai namanya, restoran ini menyajikan berbagai macam makanan yang dibakar, yang pastinya lazis untuk disantap, seperti lele, ayam, puyuh, nila, bebek, dan gurame

Bagi kalian yang tidak suka makanan yang dibakar, tenang saja, ya! Bale Babakaran juga menyediakan aneka makanan yang digoreng, kok. Restoran ini juga menyediakan berbagai macam sambal pelengkap yang endul sekali, seperti sambal terasi, bajak, kecap, limau, dan bawang. 

Oiya, walaupun tempatnya luas, banyak sekali masyarakat Jogja yang mengadakan bukber di restoran ini. Oleh karena itu, ada baiknya Sobat MI melakukan reservasi terlebih dahulu. Terdapat 6 cabang Bale Bebakaran di Jogja, yaitu di Umbulharjo (pusat), Gejayan, Kinanti, Godean, Sutomo, dan Nologaten.

Alamat: Jl. Menteri Supeno No.100, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 2 ribu – 70 ribu

BACA JUGA: 3 Coffee Shop Bandung: Instagramable Dengan Konsep Unik, Bikin Nyaman Deh!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

Share this :

Leave a Comment