Makna Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Makna Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Makna Warna Seragam Sekolah
Gambar: lenterakecil.com

Makna warna seragam sekolah di Indonesia sangat khas. Membahas hal tersebut tidak terasa sudah setahun lamanya kita tidak bisa melakukan aktivitas yang biasanya dapat dilakukan secara langsung karena adanya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), salah satunya pergi ke sekolah. Padahal, banyak orang bilang masa sekolah adalah masa yang paling indah, setuju nggak, nih? Memang ada betulnya, sih, karena di sekolah selain kita bisa belajar, kita juga bisa bermain dengan teman-teman di sekolah.

Tidak hanya itu, di sekolah kita juga diajarkan berbagai hal yang nggak bisa kita dapat di luar sekolah. Kenangan-kenangan semasa sekolah juga susah untuk dilupain. Lupa mengerjakan tugas, nggak bawa buku, terlambat ke sekolah, dihukum keliling lapangan, dan dipanggil guru BK adalah beberapa kenangan yang susah untuk dilupa, dan justru kadang lucu untuk dikenang. Salah satu ciri khas yang membedakan antara anak yang masih sekolah dan bukan adalah penggunaan seragam. Yup, anak sekolah identik dengan seragam. Tapi, kalian tau nggak, sih, ada filosofi tersendiri dari warna seragam sekolah di Indonesia? Kalau belum tahu, yuk kita bahas!

         Seperti yang sudah kita ketahui, tiap jenjang pendidikan memiliki warna yang berbeda-beda. Makna Warna Seragam Sekolah seperti merah putih untuk Sekolah Dasar (SD), biru putih untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan abu-abu putih untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Nah, pengenaan seragam ini sebetulnya sudah ada sejak zaman penjajahan, tepatnya zaman penjajahan Jepang, loh! Dilansir dari ilmupedia.com, pada saat itu, memang sudah ada aturan untuk mengenakan standar bagi pelajar, namun pihak yang berwenang belum menentukan warna apa yang ditetapkan bagi setiap jenjang pendidikan. Tujuan dari penggunaan seragam pada siswa sekolah sendiri adalah sebagai lambang kesetaraan bagi sosial bagi seluruh siswa.

         Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada saat pemerintahan Soeharto, tanggal 17 Maret 1982 keluarlah ketetapan mengenai pemisahan warna seragam sekolah. Makna warna seragam sekolah juga bersumber dari ide yang dicetuskan oleh Bapak Idik Sulaiman, yang saat itu menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemudian, ketetapan itu tercatat dalam Surat Keputusan Direktoran Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52. Selain berjasa dalam menetapkan makna warna seragam sekolah, Beliau juga orang yang berperan dalam lambang OSIS dan paskibraka, loh!

 

Makna Warna Seragam Sekolah
Gambar: kompasiana.com

1.   Warna Merah pada Seragam SD

Ketika memasuki masa sekolah dasar, kita mengenakan seragam berwarna merah putih. Pemilihan makna warna seragam sekolah merah ini nggak sembarangan loh, guys! Dikutip dari idntimes.com, warna merah dipilih karena menurut psikolog, dapat memberikan rasa semangat, keberanian, dan kekuatan, sehingga cocok digunakan anak berumur 6-12 tahun, yang mana lagi masuk ke fase ceria-cerianya. Digunakannya warna merah pada seragam SD diharapkan dapat menumbuhkan lagi rasa semangat untuk menuntut ilmu dan lebih rajin untuk belajar.

 

Makna Warna Seragam Sekolah
Gambar: penerbitcmedia.com

2.   Warna Biru pada Seragam SMP

Setelah lulus dari SD, kita memasuki masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Memasuki masa SMP, biasanya kita udah mengalami pubertas dan mulai mencari jati diri kita. Banyak yang bilang, ketika sudah memasuki masa pubertas, kita cenderung menjadi lebih moody, atau gampang berubah moodnya. Barusan senyum, eh tiba-tiba jadi bad mood. Nah, pemilihan warna biru donker pada seragam SMP juga bukan tanpa alasan, loh! Warna biru dipilih dengan harapan agar kita bisa lebih stabil, sehingga cocok banget untuk anak-anak yang baru beranjak dewasa ini. Tidak hanya itu, warna biru juga melambangkan rasa percaya diri, kecerdasan, dan hubungan dengan seksama. Dengan pemilihan warna ini, para remaja diharapkan bisa membangun rasa percaya diri mereka dan menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Baca juga : Online Learning: Tantangan Selama Masa Pandemi

Makna Warna Seragam Sekolah
Gambar: merdeka.com

3.   Warna Abu-Abu pada Seragam SMA

Masa SMA ini digadang-gadang sebagai masa terbaik dan paling seru selama sekolah, setuju nggak, nih? Memasuki masa SMA, anak-anak telah beranjak dewasa, sudah banyak pula yang menemukan jati dirinya, sudah cukup dewasa dan memiliki plan yang lebih matang untuk masa depan. Abu-abu dipilih untuk seragam SMA karena melambangkan keseriusan, kedewasaan, kearifan, dan kemandirian, Sehingga warna abu-abu sangat cocok untuk mereka yang dianggap sudah semakin dewasa dan mandiri ini.

         Nah, itu dia makna filosifis di balik pemisahan warna seragam siswa di Indonesia. Namun, ada satu sekolah yang tidak menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan di atas, loh! Dikutip dari hipwee.com, alih-alih menggunakan seragam berwarna merah putih seperti siswa SD lainnya, siswa di sana menggunakan seragam berwarna hitam putih. Sekolah itu adalah SD Negeri 351 di kawasan Adat Ammatoa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba.

    Suku Kajang Ammatoa menjunjung tinggi warna hitam, dan sekolah ini turut serta dalam mengimplementasikannya. Hitam merupakan lambang kejujuran yang harus dipatuhi, sedangkan warna putih melambangkan penerangan. Atas izin pemerintah daerah. sekolah ini diizinkan untuk menggunakan warna yang berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya.

Referensi

Bayu Bahrul. 2018. “Penjelasan Dibalik Warna Seragam Sekolah Indonesia yang Setiap Hari Kamu Pakai”. https://ilmupedia.co.id/articles/seragam-sekolah-indonesia/full

Fhai. 2017. “Pakai Seragam Sekolah Tiap Hari, Tapi Mungkin Dikit yang Tahu Makna atau Kenapa Warnanya Beda-beda”. https://www.hipwee.com/feature/seragam-sekolah-di-indonesia-mulai-dari-sejarah-hingga-arti-warna-masing-masing-tingkatannya/

Miuqiqu. 2018. “Kenapa Seragam Sekolah Kita Warnanya Seperti Itu?”. https://www.idntimes.com/life/education/windi-dwi-nanda/kenapa-seragam-sekolah-kita-warnanya-seperti-itu-c1c2/3

Leave a Reply