Mengenal Indonesia

5 Sambal di Berbagai Daerah, dari Sambal Terasi sampai sambal Matah

5 Sambal di Berbagai Daerah, dari Sambal Terasi sampai Sambal Matah

Share this :

Sambal-Halo Sobat MI! Indonesia kaya akan warisan kuliner di tiap daerahnya. Bukan hanya makanannya saja loh yang spesial, pelengkapnya pun tidak kalah spesial, yap! Sambalnya.

Artikel ini akan membahas kuliner sambal khas daerah di Indonesia, dari sambl terasi sampai sambal matah!

Yuk kita jelajahi beberapa sambal khas daerah yang ada di Indonesia!

1. Sambal Terasi: Jawa Barat

 Jawa Barat kaya akan warisan budaya. Tidak terkecuali warisan kulinernya yang tidak lepas dari kelezatan sambal terasinya. Sambal ini menggunakan terasi atau belacan sebagai bahan utamanya. Dengan kombinasi cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, gula, dan tomat, sambal terasi memberikan cita rasa yang unik dan pastinya menggugah selera.

BACA JUGA: Menikmati 5 Makanan Khas Sulawesi Selatan dalam Jejak Kuliner Nusantara

2. Sambal Dabu-Dabu: Manado

Manado, kota di ujung utara pulau Sulawesi ini terkenal dengan hidangan khasnya yang pedas dan berani. Salah satunya yaitu sambal dabu-dabu yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat, daun jeruk, air jeruk nipis, dan garam, sambal ini memberikan rasa segar, pedas, dan asam yang membangkitkan selera makan. Sambal Dabu-dabu merupakan pelengkap yang sempurna untuk hidangan khas Manado.

3. Sambal Balado: Padang

Berpindah ke bagian barat Indonesia, Padang memiliki warisan kuliner yang istimewa. Keistimewaan tersebut merupakan cita rasa pedas yang khas dari sebuah sambal, apalagi kalau bukan sambal balado. Bahan dasar sambal yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan garam menciptakan rasa pedas yang khas untuk menemani tiap hidangan.

4. Sambal Colo-Colo: Maluku

Maluku memiliki sambal unik yang disebut sambal colo-colo. Sambal ini terbuat dari berbagai macam bahan seperti cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, daun kemangi, tomat, dan air jeruk nipis. Sambal ini akan memberikan rasa pedas, segar, dan sedikit asam yang membangkitkan selera makan.

BACA JUGA: 5 Kuliner Semarang Terhits, Yakin Gak Mau Nyoba?

5. Sambal Matah

Pulau yang biasa disebut pulau dewata ini terkenal dengan keindahan alamnya. Tetapi kulinernya pun juga sangat dicari oleh turis lokal maupun mancanegara. Khususnya sambal khasnya yang bernama sambal matah ini.

Sambal matah, terbuat dari bahan-bahan segar seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serai, daun jeruk, dan jeruk nipis yang memberikan rasa segar di tiap suapannya. Sambal ini selalu ada hampir di setiap masakan khas Bali.

Itu tadi 5 kuliner sambal, dari sambal terasi sampai sampai matah, mana nih favorit kamu?

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik di sini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

Share this :

Leave a Comment