Mengenal Indonesia

Mahasiswa Telkom University Berkolaborasi dengan HIPMA Gowa Koor Parigi dalam menciptakan Digitalisasi Bagi Petani Desa

Share this :

Mahasiswa Telkom University yaitu Tim PaTani yang terdiri dari Faiz Sulfan (Ketua Tim), Nur Aurina(Anggota Tim), dan Ishfahan Dzilalin Nuha (Anggota Tm) dalam program implementasi Innovillage 2021 menghadirkan platform mitigasi penurunan hasil panen dan manajemen pertanian berupa aplikasi mobile dan web admin. 

Dalam program innovillage 2021 ini diprakarsai PT Telkom Indonesia dan Telkom University berkolaborasi dengan Himpunan Pelajar Mahasiswa(HIPMA) Gowa Koordinatorat Parigi di sektor pertanian dengan mencoba membantu permasalahan tersebut dengan mendigitalisasikan pertanian berupa Aplikasi Mobile dan Web Admin yang diharapkan mempermudah transfer ilmu kepada para petani di pelosok desa, memotong rantai pasok pertanian, dan yang paling utama mengajak para generasi muda. Karna telah kita ketahui.

Menurut Prediksi 2063 Kementerian PPN/Bappenas: Tahun 2063 Petani di Indonesia Punah disebabkan jumlah petani di Indonesia terus menurun, profesi ini sudah tidak lagi diminati kalangan generasi milenial yang menjadi penerus ekosistem kehidupan manusia.

“Sehingga dengan hal tersebut dalam program Innovillage ini kami Mahasiswa Telkom University Tim PaTani mengajak  kolaborasi dengan Himpunan Pelajar Mahasiswa(HIPMA) Gowa Koordinatorat Parigi untuk sama sama meningkatkan minat generasi muda di bidang pertanian sehingga adanya regenerasi selanjutnya” Faiz Sulfan (Ketua Tim PaTani).

Himpunan Pelajar Mahasiswa(HIPMA) Gowa Koordinatorat Parigi ini merupakan    kumpulan generasi milenial dari Desa Majannang, Kec Parigi yang berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa tetapi juga giat melakukan aktivis kemasyarakatan  di Kecamatan Parigi.

Social Project berupa Aplikasi Mobile Tim PaTani Telkom University yang launching pada 19 November 2021   ini terdiri beberapa fitur yaitu: Edukasi Pertanian, Bank Data Tani, Katalog Tani, Kontrol Tani, dan E-Pajak. Dengan melihat kebermanfaatan Social Project ini rencananya akan disertai pengendalian Hama berbasis IoT pada 2024  menyertakan pengukuran PH tanah dan perkiraan cuaca  berbasis IoT. Selain dari itu pada 2027 aplikasi ini direncanakan akan menjadi marketplace dibidang pertanian.

 

Tim PaTani, Mahasiswa Telkom Universeity dalam acara launching dan pelatihan aplikasi PaTani di Desa Majannang

“Dengan ajakan kolaborasi dalam pembuatan aplikasi Patani innovilage  kepada desa majannang yang berlokasi di Kecamatan Parigi, lembaga HIPMA Gowa Koord. Parigi yang beranggotakan mahasiswa dan pelajar dari Kecamatan Parigi mendukung pengembangan aplikasi tersebut. Dengan harapan bahwa, Kecamatan Parigi dapat menjadi daerah yang peduli dalam aspek pertanian modern dengan menggunakan Aplikasi PaTani sebagai wadah edukasi untuk para petani di Kecamatan Parigi, terkhusus di Desa Majannang. Selain dari pada itu, HIPMA GOWA Koord. Parigi  juga dapat berperan sebagai penyalur yang dapat mempromosikan aplikasi edukasi untuk petani kepada masyarakat di Kecamatan Parigi. Dengan begitu, kepedulian untuk budidaya pertanian yang berbasis teknologi dapat dikembangan dan menciptakan petani yang tidak buta akan teknologi informasi” Kata Khaerul Amri (Ketua HIPMA Gowa Koordinatorat Parigi).

About Post Author

Leave a Comment

Education Template