Mengenal Indonesia

tanduk kerbau rumah tongkonan

Keunikan Rumah Adat Tongkonan, Simbol Derajat Sosial Masyarakat Toraja

Share this :

Hai Sobat MI! Sekarang kita main agak jauh dulu nih ke salah satu daerang paling unik di Indonesia, yaitu Tana Toraja. Kenapa unik? Karena Tana Toraja memiliki filosofi dan sejarah yang menarik. Tak terkecuali, rumah adatnya yaitu rumah adat tongkonan. Keunikan rumah adat tongkonan terletak di setiap bagian rumahnya, mulai dari rangka bangunan sampai ornamennya.

BACA JUGA : Mengenal Rumah Adat Wae Rebo, Desa Diatas Awan yang Eksotis

Ada 3 jenis rumah adat tongkonan

Tidak hanya satu, ada beberapa jenis rumah adat tongkonan. Walaupun bentuknya hampir serupa, setiap jenis rumah memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. Jenis rumah adat tongkonan dibagi atas dasar kedudukan penguasa atau penghuni rumahnya secara turun-temurun.

1. Tongkonan Layuk

Dulu, tongkonan layuk digunakan sebagai pusat pemerintahan dan ditempati oleh ketua adat, biasanya dipakai untuk menyusun peraturan aturan-aturan sosial dan keagamaan. Ornamen yang paling terlihat jelas dari tongkonan layuk adalah patung kepala kerbau di depan rumah.

2. Tongkonan Pekamberan

Tongkonan pekamberan atau Pekaindoran berfungsi sebagai tempat pelaksana aturan pemerintah dan adat setempat.  Jenis rumah adat tongkonan pekamberan ini digunakan oleh keluarga yang memiliki otoritas tinggi. 

3. Tongkonan Batu A’riri

Tongkonan batu a’riri sedikit berbeda dengan rumah tongkonan jenis lain. Jenis rumah adat tongkonan ini berukuran lebih kecil dan tidak ada ukiran di dindingnya. Tongkonan batu a’riri diperuntukan untuk masyarakat biasa.

Bangunan selalu menghadap utara

rumah adat tongkonan
Sumber : arsy.co.id

Arah dan bentuk rumah adat tongkonan tidak dibangun sembarangan. Masyarakat Toraja percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari bagian utara. Maka dari itu, kalau kamu berkunjung ke Toraja, kamu akan melihat rumah adat tongkonan yang berjejer ke arah utara atau ke arah ulunna lino (kepala dunia). Hal tersebut juga bermaksud agar masyarakat Toraja yang sudah meninggal dapat berkumpul dengan nenek moyangnya di utara.

Bentuk atap rumah adat tongkonan menyerupai perahu

atap rumah tongkonan
Sumber : utakatikotak.com

Ada banyak rumah adat di Indonesia yang bentuknya menyerupai perahu, salah satunya adalah rumah adat tongkonan. Tidak sembarangan, bentuk perahu adalah sebuah kepercayaan bahwa dulu leluhur masyarakat Toraja pernah mengarungi lautan untuk mencapai pulau Sulawesi. Tapi ada juga orang yang bilang bahwa atap rumah tongkonan menyerupai tanduk kerbau.

Atapnya terbuat dari bambu dan daun kelapa. Walaupun hanya terbuat dari bahan alami, atap ini mampu bertahan hingga puluhan tahun jika dirawat. Maka dari itu, jangan heran kalau kamu ke Tana Toraja dan mendapati atap rumah tongkonan yang sudah ditumbuhi tanaman atau alang-alang.

Dibangun tanpa menggunakan paku

Sobat MI percaya gak kalau rumah tongkonan yang begitu besar dibangun tanpa menggunakan paku? Bentuk rumah tongkonan adalah rumah panggung yang terbuat dari kayu dan bambu. Kayu yang biasa dipakai adalah kayu aru dan kayu besi yang terkenal kokoh hingga ratusan tahun. Rumah tongkonan berdiri diatas batu-batu alam. Semua bahan tersebut disusun sedemikian rupa tanpa menggunakan semen dan paku. 

Tanduk kerbau sebagai simbol derajat sosial

tanduk kerbau rumah tongkonan
Sumber : ruparupa.com

Salah satu keunikan rumah adat tongkonan adalah tanduk kerbau yang berjajar di depan rumah. Ornamen ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang datang kesana. Tanduk kerbau bukan sembarang penghias, namu melambangkan kemakmuran dan kemampuan ekonomi sang pemilik rumah. 

Setiap upacara adat di Toraja seperti acara pemakaman akan mengorbankan kerbau, dan harga seekor kerbau tidaklah murah. Maka dari itu, semakin banyak dan semakin tinggi tanduk yang terpasang di depan rumah, maka semakin makmur pula perekonomian dan status sosial pemilik rumah tersebut.

Terdapat patung kepala kerbau, naga dan kepala ayam

patung kepala kerbau
Sumber : 99.co/Mukhammad Iqbal

Selain tanduk kerbau, di depan rumah adat tongkonan juga terpasang patung kepala kerbau. Ada 3 jenis patung kerbau, yaitu kerbau hitam, kerbau putih dan kerbau belang. Ada juga yang menggunakan patung kepala ayam atau naga, yang menunjukan bahwa pemilik rumah itu adalah orang yang dihormati.

BACA JUGA : Fakta Unik Rumah Adat Betawi, Gak Cuma Rumah Kebaya!

Ukiran indah pada dinding depan rumah

ukiran rumah adat tongkonan
Sumber : atiqohhasan.com

Jika Sobat MI melihat rumah tongkonan, hal pertama yang menarik perhatian kamu pasti simbol-simbol dan ukiran indah yang ada pada dinding rumah tongkonan. Jumlah simbolnya bisa sampai 60 buah loh. Ukiran tersebut menggambarkan kehidupan dan kegiatan sehari-hari masyarakat Tana Toraja.

Beberapa simbol tersebut diantaranya adalah ukiran matahari atau pa’barre allo, ayam jantan, kepala kerbau atau pa’ tedong yang bermakna kemakmuran dan garis-garis lurus atau pa’sussuk. Bentuk tajam artinya kekayaan, bentuk gelombang air artinya kesuburan, serta ada juga motif binatang dan tanaman.

Makna 4 warna dasar rumah adat tongkonan

ukiran rumah adat tongkonan
Sumber : Selasar.com

Terdapat 4 warna dasar pada rumah tongkonan, warna ini dapat terlihat jelas dari ukiran di dinding. Ada warna Hitam (malotong), merah (mararang), kuning (mariri) dan putih (mabusa). 

Warna hitam adalah warna dasar yang artinya kegelapan atau kematian. Dalam upacara kematian di Toraja, Sobat MI juga dapat melihat warna hitam yang mendominasi. Warna kuning adalh simbol anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Sobat MI dapat menemui warna kuning dalam acara pernikahan. Kemudian, warna merah merah menyimbolkan kehidupan berupa darah dan warna putih merupakan simbol tulang yang berarti suci.

BACA JUGA : Keunikan Rumah Adat Minangkabau, Rumah Gadang

Ternyata banyak banget ya fakta-fakta dan keunikan rumah tongkonan. Jangan hanya fokus pada keindahan bangunannya saja, tapi Sobat MI harus mengerti juga filosofi dibalik rumah adat tongkonan. Sekarang, coba deh kasih tau keunikanlau rumah adat di daerah asal Sobat MI. Tulis di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di akun social media mengenal indonesia dan website mengenalindonesia.com.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template