Mengenal Indonesia

Ekspresi Melalui Tulisan

Kenapa dibilang pamali?

Sumber Foto : yukepo.com

      Mungkin dari beberapa kalian semua pernah mendengar kata “pamali” ini, dulu pas gua kecil sering banget untuk ngelakuin sesuatu yang ga boleh pasti muncul kata pamali. Ya….contohnya kaya dulu orang tua ngelarang kita pas kecil buat jangan bersiul malam-malam begitu juga buka payung di dalam rumah pun ga boleh. Dulu gua pas kecil mendengar kata tersebut, langsung ga meneruskan perilaku yang pantang dilakukan itu. Hingga akhirnya, beberapa minggu yang lalu gua kepikiran tentang arti dari kata pamali dan mencari tahu.

      Hasil yang gua dapat yaitu pamali menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tabu atau arti lainnya adalah pantangan. Kata pamali ini muncul dikalangan masyarakat Sunda yang jaman dahulu digunakan untuk menjaga sopan santun, menjaga kelestarian alam dan mendidik masyarakat. Pamali yang berkaitan dengan menjaga sopan santun yaitu ketika duduk jangan menaikan kaki tinggi-tinggi, karena apabila kita sedang mengobrol dan duduk dengan menaikan kaki, hal tersebut akan merendahkan lawan bicara kita. Kemudian pamali yang berkaitan menjaga kelestarian alam yaitu tidak boleh menguburkan jenazah dikawasan dusun, agar air tanah tidak terkontaminasi zat-zat yang berbahaya dari jenazah. Terakhir pamali yang mendidik masyarakat salah satu contohnya tidak boleh meninggalkan nasi di piring setelah makan yang maksud disini adalah makanan harus dihabiskan.

      Ya..memang ada juga pamali yang tidak masuk akal di kita seperti tidak boleh menyapu serta memotong kuku dimalam hari dan seperti yang gua bilang juga diparagraf pertama. Masyarakat dulu meyakini bahwa disetiap pamali, apabila kita melanggar nantinya kita akan terkena musibah/bahaya. Oleh karena itu, orang tua yang masih meyakini pamali akan menjadi marah apabila kita melakukan hal pamali tersebut.

      Setelah mengetahui arti pamali, semoga rasa penasaran kalian hilang dan jangan heran lagi apabila mendengar kata tersebut ya. Itu saja informasi yang gua bisa kasih tahu ke kalian, kalo ada tambahan informasi yang ga gua jelasin diatas bisa kasih tahu dengan tulis komentar dibawah ya guys….




Sumber :

http://majalah1000guru.net/2017/01/pamali-sunda/

https://kumparan.com/dukun-millennial/penjelasan-dan-mitos-soal-kata-pamali-1tEbxNWKDNj/full
https://lektur.id/arti-pamali/
http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-pamali/
https://www.greeners.co/berita/budaya-pamali-mampu-jaga-kelestarian-alam-kampung-kuta/