Mengenal Indonesia

film hasduk berpola

Peringati Hari Pramuka, Ini 3 Film Tentang Pramuka yang Wajib Kamu Tonton

Share this :

Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari pramuka Indonesia. Kira-kira, Sobat MI yang anak pramuka ada kegiatan apa nih? Buat kalian yang bukan anak pramuka, jangan sedih dulu. Walaupun bukan anak pramuka, kalian juga bisa ikut ngerayain hari pramuka dengan cara sendiri. Sobat MI bisa nih nonton film tentang pramuka bareng temen-temen atau keluarga, buat seru-seruan aja!

Nih, ada rekomendasi film Indonesia tentang pramuka. Bukan cuman seru, tapi ada banyak pelajaran dan nilai moral yang bisa diambil.

1. Lima Elang (2011)

film tentang pramuka
Sumber : cinematerial.com

Film tentang pramuka selanjutnya adalah 5 Elang yang dirilis pada 25 Agustus 2011. Disutradarai oleh Rudi Soedjarwo, dengan bintang cilik unggulan pada masanya Christoffer Nelwan (Baron), Iqbaal Ramadhan (Rusdi), Teuku Ryzki (Anton), Bastian Steel (Aldi), Monica Sayangbati (Sindai), Andi Bersama (Amir) dan masih banyak yang lainnya. Lima elang mendapatkan penghargaan sebagai film dengan penata suara terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2011.

film lima elang

Secara garis besar, film ini menceritakan tentang persahabatan 5 anak yang dipertemukan lewat acara kemah pramuka. Cerita awal dimulai dari Baron yang kesal karena harus ikut pindah dengan orang tuanya dari Jakarta ke Balikpapan. Karena kekesalannya, dia memutuskan untuk menutup diri.

Saat kegiatan kemah pramuka, Baron harus satu regu dengan Rusdi, Anton dan Aldi,  mereka juga bertemu dengan Sindai. Hubungan mereka mulai semakin dekat saat masalah demi masalah datang dan harus diselesaikan bersama-sama. Belum lagi ditengah jalan, Rusdi dan Anton sempat diculik oleh penebang hutan liar. Wah, semakin menegangkan nih ceritanya.

Banyak sekali hal positif yang bisa diambil dalam film ini, terutama tentang persahabatan dan pentingnya kerja sama. Film ini juga bisa bikin kamu nostalgia masa kecil, lho. Coba deh nonton dulu trailernya, pasti langsung suka!

2. Hasduk Berpola (2013)

hasduk berpola

Sumber : kumparan.com

Hasduk Berpola adalah film tentang pramuka yang rilis 21 Maret 2013 yang merupakan adaptasi cerpen karya Bagas D. Bawono dengan judul yang sama, sementara skenarionya ditulis oleh novelis Kirana Kejora. Film yang disutradarai oleh Harris Nizam ini berhasil memenangi kategori “Film Favorit Pilihan Pemirsa” di festival Apresiasi Film Indonesia 2013.

Dibintangi oleh Bangkit Prasetyo (Budi), Idris Sardi (Masnun), Iga Mawarni (Rahayu), Fay Nabila (Bening), Petra Sihombing (Kak Indra), Alisia Rininta (Kak Nuri), Calvin Jeremy (Kak Nandi) dan masih banyak lagi. Kerennya, ada banyak dialog di film ini yang pakai bahasa daerah, jadi kerasa banget nih kalo Indonesia itu kaya akan bahasa daerah.

film hasduk berpola
Sumber : youtube.com/Stromotion Stroworld

Sedikit bocoran tentang film ini, awal kisah menceritakan keluarga yang hidup sederhana, bahkan bisa dibilang serba kekurangan. Masnun, sang kakek yang merupakan veteran mantan pejuang ’45 yang selalu disanjung sebagai pahlawan, namun hidupnya kini terlunta-lunta. Masnun hidup bersama anaknya, Rahayu dan 2 cucunya, Budi dan Bening. Akibat sulitnya kehidupan di Surabaya, mereka memutuskan untuk pindah ke Bojonegoro, berharap hidup mereka bisa menjadi lebih baik. 

Sang cucu, Budi memiliki masalahnya sendiri di sekolah. Dia berniat untuk mengalahkan Kemal, musuhnya yang sangat aktif di kegiatan pramuka. Sayangnya, Budi tidak memiliki cukup uang untuk membeli perlengkapan pramuka. Bahkan demi membeli hasduk saja, Budi harus bekerja menjadi kuli panggul di pasar. Wah, keren banget ya perjuangannya untuk ikut kegiatan pramuka. 

Sampai akhirnya, Masnun menceritakan kisah masa lalunya kepada Budi. Ternyata masih ada hal yang belum terselesaikan yang membuat Budi ingin memenuhi mimpi kakeknya tersebut. Pokoknya, perjuangan Budi bisa bikin kita malu sendiri karena gak semua orang memiliki semangat nasionalisme seperti itu. Pingin lihat gimana perjuangan Budi dalam kegiatan pramuka dan mewujudkan mimpi kakeknya? Nih, nonton dulu cuplikannya biar makin penasaran.

3. Laskar Semut Merah (2014)

laskar semut merah

Berbeda dengan film-film sebelumnya, Laskar Semut Merah konsepnya drama musikal, jadi ada nyanyi-nyanyi gitu deh, dijamin Sobat MI gak bakal bosen nontonnya. Film ini juga hits banget loh pas liburan sekolah dulu. Film ini dibintangi oleh sejumlah bintang cilik pendatang baru pada masanya, seperti Letitia Olga, Nadya Aurora, Tya Bachtiar, Elavaretta Kailarashel, Qeisha Arvaniputri, Revalina Eisya dan Ami Asrial Tankot. 

Hampir sama dengan film 5 Elang, Laskar Semut merah juga menceritakan kisah persahabatan antara 5 anak perempuan yaitu Shinta, Sarah, Chyntia, Sari dan Anita yang menamai regu pramuka mereka semut merah. Mereka pun mengikuti kegiatan kemah pramuka di tengah hutan. Namun, di tengah kegembiraan dan keceriaan, mereka tidak menyadari bahwa ada bahaya yang mengancam.

Banyak adegan lucu, namun banyak juga adegan menegangkan yang akan membuat  film ini makin seru. Cocok banget ditonton bareng keluarga di ari pramuka, apalagi kalo kamu punya adik yang masih kecil. Kalo tertarik mau nonton, nih Sobat MI bisa liat dulu cuplikan filmnya.

Gimana? Seru-seru banget kan? Kalo bisa Sobat MI nonton sekalian tiga-tiganya biar gak penasaran. Ayo kita rayakan hari pramuka Indonesia dengan menonton film-film karya anak bangsa!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

Share this :

Leave a Comment