Mengenal Indonesia

film kartini

Rayakan 17 Agustus, Yuk Nonton Film Pahlawan Indonesia untuk Tingkatkan Rasa Nasionalisme

Share this :

Hai Sobat MI, gak nyangka ya tanggal 17 Agustus nanti kita akan menyambut perayaan HUT RI ke-77. Sobat MI ikut lomba 17-an gak nih di komplek rumah kalian? Atau jangan-jangan kalian diem aja dirumah? Buat kalian yang gak ada kegiatan, kalian bisa nih ajak sahabat dan keluarga kalian nonton bareng film perjuangan kemerdekaan Indonesia. Habis nonton film pahlawan Indonesia, dijamin rasa nasionalisme kalian akan makin tinggi!

1. Soekarno : Indonesia Merdeka (2013)

film pahlawan indonesia
Sumber : fimela.com

Cerita tentang kehidupan Bung Karno bukanlah cerita yang baru kita dengar. Dari SD sampai SMA, kita pasti sudah sering mendengar cerita hidup presiden pertama Indonesia ini saat pelajaran sejarah Indonesia. Namun, film Soekarno : Indonesia Merdeka, dikemas dengan cara yang menarik. Tidak hanya menceritakan perjuangan Soekarno untuk Indonesia, namun juga kehidupan pribadi dan kisah cintanya, membuat kita merasa lebih dekat dan mengenal sosok beliau.

Film yang rilis pada tanggal 11 Desember 2013 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan ditulis oleh Ben Sihombing. Film ini terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-87, namun tidak masuk nominasi. 

Diperankan oleh bintang papan atas Indonesia seperti Ario Bayu (Soekarno), Lukman Sardi (Hatta), Mathias Muchus (Hassan Din), Henky Solaiman (Koh Ah Tjun), Tika Bravani (Fatmawati) dan banyak lainnya. Pada saat itu, film ini sukses menarik lebih dari 900 ribu penonton dan mendapat pujian dari para pecinta film, walaupun banyak juga menimbulkan kontroversi.

Film ini dimulai dari lahirnya seorang anak laki-laki bernama Kusno. Sayangnya, anak tersebut sering sakit-sakitan dan mengganti namanya jadi Soekarno. Harapannya, Soekarno yang bertubuh kurus bisa menjadi pria yang gagah dan pemberani. Benar saja, sedari kecil kita bisa melihat semangat dan tekad yang besar untuk negaranya.

film soekarno

Beranjak dewasa, Soekarno sudah melakukan berbagai kegiatan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Apalagi saat beliau berumur 24 tahun dan berhasil meneriakan di atas podium bahwa Indonesia harus merdeka. Akibat tindakannya, beliau harus masuk penjara karena dituduh sebagai pemberontak.

Pada film ini, kita juga akan melihat kisah cinta Soekarno dengan Ibu negara, terutama dengan Ibu Fatmawati yang menjahit bendera merah putih. Di Tengah kemelut rumah tangganya, cerita perjuangan Soekarno untuk memerdekakan Indonesia tetap berlanjut, namun kali ini bersama Bung Hatta dan pemuda lainnya. Hingga akhirnya kemerdekaan Indonesia dapat terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah melewati berbagai rintangan dan masalah.

Tentunya merayakan 17 Agustus dengan menonton film perjuangan kemerdekaan Indonesia belum lengkap kalau kamu gak nonton film ini. Biar makin penasaran, coba deh nonton dulu trailer film nya.

2. Jenderal Soedirman (2015)

Jenderal Soedirman
Sumber : imdb.com

Film ini disutradarai oleh Viva Westi dan rilis di bioskop tepat 10 hari setelah peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-70 pada 27 Agustus 2015. Dibintangi oleh aktris dan aktor kebanggaan Indonesia, yaitu Adipati Dolken (Soedirman), Ibnu Jamil (Tjokropranolo), Gogot Suryanto (Karsani), Mathias Muchus (Tan Malaka), Baim Wong (Soekarno), Nugie (Mohammad Hatta), Lukman Sardi (Joesoef Ronodipoero) dan masih banyak lainnya.

Latar waktu pada film ini adalah kondisi dimana Indonesia sudah merdeka, namun keadaan Indonesia saat itu masih sangat lemah, karena pada saat itu Belanda masih menguasai beberapa daerah di Indonesia. Berbeda dengan film biografi lainnya, film pahlawan indonesia yang satu ini tidak membahas kehidupan pribadinya, melainkan fokus terhadap perjuangannya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang belum stabil. 

Setelah Belanda mengingkari perjanjian Renville dan menyerang Yogyakarta yang saat itu masih menjadi Ibu Kota Republik, kemudian Soekarno-Hatta pun ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka. Jenderal Soedirman dengan segala tekadnya melakukan perjalanan ke Selatan dan memimpin perang gerilya melawan Belanda.

jenderal soedirman
Sumber : beritagar.com

Padahal, saat itu Jenderal Soedirman sedang mengidap sakit paru-paru kronis. Selama 7 bulan lamanya perang berlangsung, beliau tidak pernah menyerah walau harus menahan rasa sakit. Strategi perang gerilya dimulai dari kota Yogyakarta hingga desa Pacitan, yang bertujuan untuk memecah konsentrasi Belanda. Perang ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan berpindah-pindah tempat, menyeberangi sungai, lembah, hutan dan gunung.

Sebagai tokoh penting yang berjuang melawan penjajah agar Indonesia bisa mendapatkan kemerdekaan seutuhnya, film Jenderal Soedirman sangat layak Sobat MI tonton saat 17 Agustus. Yuk, kita lihat dulu cuplikan filmnya!

3. Tjokroaminoto (2015)

film pahlawan indonesia
Sumber : imdb.com

“Raja Jawa Tanpa Mahkota”, itulah julukan yang diberikan pemerintah Hindia Belanda terhadap guru besar HOS Tjokroaminoto. Kalau berbicara tentang perjuangan bangsa Indonesia, rasanya tidak lengkap tanpa memasukan HOS Tjokroaminoto ke dalam list.  Pada saat itu, pemikirannya banyak melahirkan berbagai macam ideologi bangsa Indonesia.

Film ini dirilis pada 9 April 2015, disutradarai oleh Garin Nugroho dan diproduseri Christine Hakim. Diperankan oleh bintang kebanggan Indonesia, seperti Reza Rahadian (Oemar Said Tjokroaminoto), Putri Ayudya (Soeharsikin), Didi Petet (Haji Hasan), Sujiwo Tejo (Mangoensoemo), Deva Mahenra (Koesno), Chelsea Islan (Stella), Ibnu Jamil (Haji Agoes Salim) dan masih banyak yang lainnya.

Dari awal film, kita sudah diperlihatkan tingkah Pak Tjokro kecil yang iseng mengusili seorang wanita keturunan Belanda yang bekerja di sekolahnya. Dari sini saja kita sudah bisa melihat jiwa pemberontak dan ketidaksukaannya terhadap penjajah sejak kecil.

film pahlawan indonesia

HOS Tjokroaminoto terlahir di keluarga bangsawan dan religius. Namun, kondisi tersebut tidak membuat dirinya bahagia. Beliau semakin jelas melihat kesenjangan yang terjadi di masyarakat.  Beliau kemudian nekat meninggalkan gelar kebangsawanannya demi mengabdi kepada negara dengan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya.

HOS Tjokroaminoto adalah guru dari tokoh-tokoh terkenal, seperti Soekarno, Semaoen, Alimin, Musso, Kartosoewirjo yang berjuang untuk bangsanya dengan pemikirannya masing-masing. Murid favoritnya, Soekarno dengan Nasionalismenya, Semaoen, Alimin dan Muso dengan Partai Komunis Indonesia, sedangkan Kartosoewirjo dengan pemikiran Islam.

4. Kartini (2017)

film kartini
Sumber : imdb.com

Habis Gelap Terbitlah Terang, itulah judul buku yang ditulis oleh R.A Kartini Kartini yang menceritakan perjuangannya menuntut kesetaraan perempuan dan laki-laki. Jika berbicara tentang perjuangan, nama R.A Kartini juga tidak boleh dilupakan. Walaupun tidak berangkat ke medang perang dan mengangkat senjata, R.A Kartini berperan besar untuk mencerdaskan anak bangsa, terutama mengangkat derajat perempuan Indonesia.

Film yang dirilis pada 19 April 2017 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas, seperti Dian Sastrowardoyo (Raden Adjeng Kartini), Neysa Chan (Raden Adjeng Kartini kecil), Deddy Sutomo (Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat), Christine Hakim (M.A. Ngasirah), Djenar Maesa Ayu (Raden Adjeng Moeriam), Acha Septriasa (Roekmini), Ayushita (Kardinah), Reza Rahadian (Sosrokartono), Adinia Wirasti (Soelastri) dan masih banyak lainnya.

film kartini

Sumber : beritagar.id

Film ini mengambil latar waktu di awal 1900 Masehi, dimana saat itu perempuan masih dipandang sebelah mata dan tidak diperbolehkan untuk mengenyam pendidikan. Motivasi Kartini ingin menuntut kesetaraan gender diawali karena ia melihat langsung ibunya yang merupakan wanita biasa (bukan keturunan ningrat) menjadi pembantu dirumahnya sendiri. 

Suatu hari, Sosrokartono, kakak Kartini memberikan buku-buku bacaan sebelum dia pergi ke Belanda. R.A Kartini mulai membaca buku-buku tersebut dan rasa haus pengetahuan pun mulai tumbuh. Kartini kemudian mengajak saudara perempuannya, Roekmini dan Kardinah untuk mendirikan sekolah dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jepara. 

Film pahlawan Indonesia yang satu ini banyak emosi yang akan Sobat MI rasakan saat menonton film ini. Biar Sobat MI makin penasaran, nih bisa diintip dulu trailer-nya.

5. Wage (2017)

film Wage

Sobat MI tau gak sih kalau lagu kebangsaan yang biasa kita nyanyikan saat upacara senin pagi itu punya sejarah yang panjang? Maka dari itu, setiap lagu Indonesia Raya diputar, sudah seharusnya kita berdiri dengan sikap sempurna, menghayati lagu kebangsaan yang sedang diputar.

Dalam film ini, kita akan diperlihatkan kisah hidup Wage, pencipta lagu kebangsaan kita, yang tidak pernah kita pelajari di bangku sekolah. Film ini dirilis pada 28 Oktober 2017, disutradarai oleh John de Rantau dan diperankan oleh bintang-bintang papan atas seperti Rendra Bagus Pamungkas (Wage Rudolf Supratman), Teuku Rifnu Wikana (Fritz), Putri Ayudya (Roekiyem), Wouter Frezzer (Van Eldick), Prisia Nasution (Gadis), Bram Makahekum (Sosro Kartono), Juan Azmi (Amir Syarifuddin) dan lain-lain. 

Di awal film, kita akan diperlihatkan WR Supratman kecil yang kerap mendapat tindak kekerasan dari ayahnya. Sejak kecil, beliau memang sudah berbakat dalam bidang musik dan sering tampil di cafe-cafe Belanda. Pemikiran-pemikirannya selalu ditentang oleh banyak orang, sehingga beliau sering disebut sebagai pemberontak. 

film wage

Walaupun begitu, Beliau tidak menyerah dan terus berjuang untuk bangsa Indonesia melalui musik. Lagu Indonesia Raya sendiri ditampilkan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda 2 menggunakan biola tanpa syair. Sayangnya, WR Supratman tak bisa merasakan kemerdekaan, karena beliau meninggal 7 tahun sebelum proklamasi akibat sakit keras.

Bahkan sampai akhir hayatnya pun, beliau masih menggenggam naskah lagu ditangannya. Wah, keren banget ya perjuangannya Sobat MI? Pastinya film pahlawan Indonesia ini wajib banget kalian tonton saat 17 Agustus.

Kemerdekaan Indonesia telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita dengan tumpah darah dan air mata. Sebagai generasi muda, sudah sepatutnya kita mengisi perayaan kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Walaupun tidak ikut berjuang di medan perang, Sobat MI bisa menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Kira-kira kalian dari list film perjuangan kemerdekaan diatas, mana yang pingin kamu tonton? Coba tulis di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik  disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template