Mengenal Indonesia

mumun film horror indonesia

Film Horor Indonesia Terseram Sepanjang Tahun 2022, Berani Nonton?

Share this :

Akhir-akhir ini film horor Indonesia lagi banyak peminatnya ya. Dari awal tahun, kita disuguhkan oleh film-film horor yang seru banget. Apalagi minggu kemarin Pengabdi Setan 2 baru aja tayang. Sobat MI udah nonton belum nih? Buat Sobat MI para pecinta film horor, ada banyak banget loh rekomendasi film horor Indonesia terseram sepanjang tahun 2022. Pingin tau apa aja? Baca artikel ini sampai selesai, ya. Ada bocoran film horor terbaru yang mau rilis juga loh!

1. Trah 7

film horor trah 7

Film yang dirilis pada 13 Januari 2022 ini diproduksi oleh DLK Production, diproduseri oleh Ferial Rachmany dan dibintangi aktor dan aktris muda Indonesia, seperti Kevin Torsten (Nico), Shantiq Schagerl (Allea), Gary Iskak (Karta), Erwin Cortez (Karyono), Vanny Maisella (Stella), Avriellya Shaqilla (Lisa) dan masih banyak lainnya. 

Dalam bahasa Jawa sendiri, trah 7 arti nya tujuh turunan. Cerita film ini berawal dari seorang pria bernama Karyono yang ingin menjadi orang kaya, namun dia memakai cara instan yaitu dengan meminta bantuan setan. Pada awalnya, Karyono hidup bahagia dan menikmati kekayaan yang dia miliki. Namun, dalam pemujaan setan ada beberapa hal yang tidak boleh dilanggar.

Memang dasarnya Karyono adalah orang yang serakah dan ceroboh. Suatu hari, dia melakukan hal yang dilanggar dalam perjanjian tersebut dan mendapat balasan dari dosa yang dia perbuat. Bukan hanya Karyono yang dihantui oleh setan, kutukan ini akan terus berlangsung sampai tujuh turunan untuk jadi pengikut iblis Halaka. Bener-bener deh, dia yang muja setan tapi anak cucunya yang kena imbasnya!

Masalah semakin runyam saat sekelompok remaja datang ke desa tempat kutukan tersebut. Tak disangka-sangka, seorang remaja bernama Nico ternyata adalah keturunan ke-7 dari Karyono. Kejadian demi kejadian menyeramkan menimpa mereka, bahkan teman-teman Nico juga harus kena imbasnya. 

Penasaran ingin lihat apa yang terjadi dengan Nico dan teman-temannya? Sebelum nonton filmnya, Sobat MI lihat dulu trailer-nya. 

2. Teluh

film teluh 2022

Sumber : imdb.com

Dari judul filmnya aja kita udah bisa menebak apa konflik yang akan terjadi dalam film ini, yaitu seputar ilmu hitam. Film yang rilis pada 20 Januari 2022 ini disutradarai oleh Dedy Mercy dan dibintangi oleh Baron Hermanto (Indra), Ferdi Ali (Yudha), Monique Henry (Diana), Farahdiba Ferreira (Yulia), Daisy S. Brata (Farida) dan masih banyak yang lainnya.

Kisah berawal dari perempuan bernama Yulia yang meninggal secara misterius. Jasad Yulia digantung, sehingga orang-orang mengira Yulia melakukan bunuh diri. Namun anehnya, sebelum Yulia meninggal diduga dia mendapatkan teluh. Teluh adalah salah satu ilmu hitam paling menyeramkan yang bertujuan untuk mencelakai seseorang yang dibenci. 

Yulia sendiri adalah karyawan sekaligus wanita simpanan pak Indra, direktur dan pemilik sebuah perusahaan batik. Dengan kata lain, Yulia adalah selingkuhannya pak Indra. 6 bulan setelah kematian Yulia, hal-hal aneh mulai terjadi di keluarga pak Indra. Berawal dari kirimian daru (bola api) yang jatuh di atap rumahnya, yang dipercaya sebagai tanda malapetaka.

Semenjak kejadian itu, satu persatu keluarga pak Indra mengalami kejadian mistis. Pak Indra sebagai kepala keluarga, mencoba untuk menghentikan teluh yang dikirimkan pada keluarganya.

3. KKN Desa Penari

KKN Desa Penari

Sumber : imdb.com

Siapa sih yang gak tau cerita KKN Desa Penari yang sempet viral di twitter tahun 2019. Menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang sedang menjalani program KKN ke suatu daerah di Jawa Timur, namun nama daerahnya memang tidak disebutkan karena kabarnya kisah ini adalah kisah nyata. Salah satu hal yang membuat cerita ini viral adalah netizen yang berusaha menebak-nebak nama daerah, nama kampus bahkan sampai kepo mencari informasi mahasiswa yang mengalami kejadian tersebut.

Saat diumumkan akan dibuat film, KKN desa penari menjadi film horor Indonesia yang paling ditunggu-tunggu. Setelah tertunda selama 2 tahun karena beberapa masalah, akhirnya film ini rilis tanggal 20 April 2022. Diproduksi oleh MD Pictures, disutradarai oleh Awi Sutradarai, dan dibintangi oleh Tissa Biani (Nur), Adinda Thomas (Widya), Achmad Megantara (Bima), Aghniny Haque (Ayu), Calvin Jeremy (Anton), M Fajar Nugraha (Wahyu), Kiki Narendra (Pak Prabu), Aulia Sarah (Badarawuhi) dan masih banyak lainnya.

Kalau kamu penggemar berat thread-nya di twitter, jangan berekspektasi ceritanya akan sama persis, ya. Tentu saja ada beberapa bagian yang ga ditunjukin di film, seperti kebanyakan film yang diadaptasi dari novel atau cerita viral lain. Pada intinya, film ini menceritakan sekelompok mahasiswa yang diganggu hantu penari penunggu desa tersebut. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena salah satu mahasiswa KKN tersebut ada yang melanggar peraturan.

Buat kamu yang belum tau dan belum nonton film ini, coba deh nonton dulu. Film ini mendapatkan lebih dari 9 juta penonton dalam 75 hari penayangan, lho! Wah, sebagus itu kan berarti filmnya. Kalau penasaran, nih lihat dulu trailer-nya.

4. Ivanna

ivanna

Sumber : lsf.co.id

Dirilis pada 13 Juli 2022, Ivanna adalah film horor terbaru yang diadaptasi dari novel Ivanna van Dijk karya Risa Saraswati. Kayaknya film-film yang diadaptasi dari novelnya kak Risa selalu sukses menarik perhatian penonton nih. Film Ivanna masih berhubungan dengan dari Danur 2: Maddah yang bercerita tentang masa lalu dari hantu Ivanna. Film ini diproduseri oleh Manoj Punjabi dan dibintangi Caitlin Halderman (Ambar), Jovarel Callum (Dika), Junior Roberts (Arthur), Shandy William (Agus), Sonia Alyssa (Ivanna van Dijk), Taskya Namya (Rina) dan masih banyak yang lainnya. 

Film ini menceritakan tentang Ambar dan Dika, sepasang adik-kakak yatim piatu. Setelah orang tua mereka meninggal, merek mengunjungi panti jompo milik sahabat orang tuanya. Selama di panti jompo, mereka dan orang-orang yang tinggal disana sering diteror oleh hantu Ivanna yang arwahnya masih menyimpan dendam.

Ambar yang kebetulan memiliki kemampuan untuk melihat hantu, dapat mengetahui latar belakang kehidupan Ivanna. Hantu Ivanna sangat membenci orang Melayu, karena pada akhir hayatnya Ivanna diperlakukan tidak baik oleh bangsa pribumi. Padahal, selama hidupnya Ivanna adalah orang yang baik.

Langsung aja deh ditonton kalo Sobat MI penasaran upaya Ambar dan Dika menghentikan teror hantu Ivanna.

5. The Doll 3

the doll 3

Sumber : imdb.com

Dirilis pada 26 Mei 2022, “The Doll 3” adalah seri terakhir dari The Doll. The Doll pertama dirilis tahun 2016. Kemudian di tahun 2017, “The Doll 2” rilis, diikuti oleh film “Sabrina” di tahun 2018. Jika melihat seri-seri sebelumnya, The Doll selalu menjadi film horor Indonesia yang paling menyeramkan, terutama karena banyaknya darah dan adegan sadis.

Film ini disutradarai oleh Rocky Soraya, diproduksi oleh Hitmaker Studios dan dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Jessica Mila (Tara Anindita), Winky Wiryawan (Aryan), Montserrat Gizelle (Mikha), Zizie Zidane (Gian), Sara Wijayanto (Bu Laras), Jeremy Thomas (Pak Raynard), Masayu Anastasia (Rere) dan masih banyak lainnya.

Film ini diawali oleh kecelakaan yang dialami sebuah keluarga, yang selamat hanya sang kayak dan adik, Tara dan Gian. Walaupun selamat, kejadian itu ternyata menorehkan trauma yang cukup dalam. Sampai akhirnya, Gian melakukan bunuh diri. Tara yang mengalami kesedihan mendalam setelah ditinggal Gian, mencoba memanggil arwah Gian ke dalam boneka Bobby.

Berbeda dengan Sabrina yang tidak bisa bergerak dan hanya menjadi perantara, boneka Bobby ini bisa bergerak dan menjadi pelaku kejahatan. Arwah dalam boneka tersebut memang benar Gian, namun Gian berubah menjadi pribadi yang pemarah dan pencemburu karena sekarang kakaknya sudah memiliki kehidupan baru. Bahkan tunangan Tara dan anak dari tunangannya juga ikut dicelakai oleh boneka ini.

Mereka berusaha sekuat tenaga untuk menghentikan kejahatan boneka Bobby. Buat Sobat MI yang penasaran, kuy langsung di cek trailer-nya.

6. The Sacred Riana 2

the sacred riana 2

Sumber : 21cineplex.com

Kalau kamu penggemar sulap pasti tau The Sacred Riana dong? Ternyata The Sacred Riana atau Riana Antoinette membintangi film horor loh. Dirilis pada 28 Juli 2022, “The Sacred Riana 2: Bloody Mary” merupakan sekuel dari film “The Sacred Riana: Beginning” yang rilis tahun 2019 lalu. Film ini disutradarai oleh Billy Christian dan dibintangi oleh The Sacred Riana (Riana), Jessiana Maririera (Riana kecil), Aura Kasih (Bu Klara), Elina Joerg (Elsa), Shenina Cinnamon (Merry), Aisyah Aqilah Azhar (Nina), Ciara Nadine (Anggi), Carolina Passoni (Bloody Mary) dan masih banyak lainnya.

Kisah ini diawali dengan Riana yang kehilangan boneka kesayangannya, Riani. Riana mendapat kabar bahwa boneka Riani ada di asrama Elodia, asrama khusus perempuan yang sering digunakan untuk pemanggilan Bloody Mary. Asrama Elodia memiliki 100 cermin di seluruh penjuru bangunan, tujuannya agar siswi Elodia yang ingin melakukan kejahatan atau perbuatan buruk, merasa malu dengan perbuatannya.

Akibat ritual tersebut, siswi-siswi Elodia diteror oleh arwah jahat, kabarnya boneka Riani lah yang menjadi alasan dari semua kekacauan ini. Pingin tau gimana serunya Riana mencari boneka kesayangannya? Langsung aja di cek cuplikan filmnya nih!

7. Pengabdi Setan 2 : Communion

film horror indonesia terbaru

Sumber : detik.com

Ada film yang lagi hangat-hangatnya di bioskop nih, Sobat MI udah pada nonton belum? “Pengabdi Setan 2: Communion” adalah sebuah film horor terbaru di tahun 2022 yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar sebagai sekuel dari film tahun 2017, Pengabdi Setan. Film yang rilis pada 4 Agustus 2022 ini masih dibintangi oleh pemeran dari film pertamanya, yaitu Tara Basro (Rini Suwono), Endy Arfian (Toni Suwono), Nasar Anuz (Bondi Suwono), Bront Palarae (Bahri Suwono/Bapak), Ayu Laksmi (Mawarni Suwono/Ibu), Muhammad Adhiyat (Ian Suwono) dan masih banyak lainnya.

Film ini tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta film horor. Kisah kali ini masih menceritakan keluarga Suwono yang berusaha melanjutkan hidup setelah kejadian traumatis yang dialami mereka 5 tahun silam. Saat ini, mereka tinggal di rumah susun yang dihuni banyak orang. Tujuannya jika suatu saat terjadi hal buruk, mereka bisa langsung meminta pertolongan.

Namun sayangnya, ekspektasi mereka tidak sesuai dengan realita. Teror menyeramkan pun mulai berdatangan, sehingga keluarga mereka harus mengulang kembali kejadian 5 tahun yang lalu. Kira-kira, Rini dan keluarga bisa selamat gak ya? Buat yang udah nonton boleh dong komen dibawah! 

8. Mumun

mumun film horror indonesia

Sumber : diorama.suaramerdeka.com

Bagi pecinta film horor, ada lagi nih rekomendasi film horor Indonesia yang wajib masuk watch-list kamu. Teror pocong mumun bakal balik lagi menghantui kita semua. Yap, serial “Jadi Pocong” karya Mandra yang pernah populer di tahun 2002 bakal di remake lagi nih dengan judul “Mumun”. Rencananya, film ini tayang tanggal 1 September 2022.

Mumun disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diproduksi oleh Dee Company serta dibintangi oleh Acha Septriasa (Mumun/Mimin), Dimas Aditya (Juned), H. Mandra (Bang Husein), Volland Hummongio (Jefri), Beddu (Jack) dan masih banyak yang lainnya.

Secara garis besar, film ini menceritakan tentang arwah penasaran Mumun yang tali pocongnya lupa dibuka, akhirnya mumun bergentayangan mengganggu orang-orang untuk meminta kembali tali pocongnya. Dalam trailer-nya, sosok Mumun terlihat sangat menyeramkan, dengan kain kafan lusuh, wajah yang pucat dan mata hijau menyala. Biar makin greget, mendingan Sobat MI liat dulu nih trailernya.

Pasti diantara list film horor Indonesia diatas udah ada yang Sobat MI tonton, kan? Sebenarnya masih banyak lagi film horor Indonesia di tahun 2022 yang sudah tayang, cuman yang diatas tuh recommended banget buat kamu tonton. Jadi, mana film horor Indonesia terseram versi kamu? Coba jawab di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik  disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

About Post Author

Leave a Comment

Education Template