Cerita Horor yang Populer di Indonesia

Cerita Horor yang Populer di Indonesia

Cerita horor merupakan jenis cerita yang dapat menimbulkan perasaan ngeri atau takut. Kebanyakan cerita tersebut berupa fiksi yang menyertakan unsur hantu atau yang berkaitan dengan kepercayaan budaya di suatu daerah.

 

Bahkan, beberapa di antaranya sengaja dibuat dengan tujuan tertentu, seperti meningkatkan pariwisata, sebagai media meraih kepopuleran dan masih banyak lagi.

 

Di Indonesia terdapat cerita seram yang sempat melejit dan masih populer hingga saat ini. Beberapa cerita tersebut di antaranya:

1. KKN di Desa Penari

Cerita Horor
Sumber Gambar: idntimes.com

Pasti cerita seram ini sudah dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia. Ya, KKN di Desa Penari merupakan cerita yang berasal dari sebuah akun twitter bernama Simple Man yang viral pada akhir tahun 2019. Kepopulerannya pernah menduduki trending nomor satu di twitter, dan bahkan telah dijadikan sebuah film.

 

Kisah ini berisi tentang 6 mahasiswa yang hendak melaksanakan KKN di kota B dan tepatnya di suatu desa di Jawa Timur yang berinisial desa W. 

 

Selanjutnya, ketika di perjalanan mereka melewati kota dengan inisial J. Selama perjalanan itu pula ditulis bahwa ada sosok penari yang menyambut kedatangan mereka. 

 

Dari kisah tersebut, penulis mengangkat nilai tradisional/budaya asli yang menggiring pembaca kepada sosok penari yang menjadi icon kota Banyuwangi.

 

Cerita mistis tersebut menjadi realitas kehidupan yang terjadi kemudian direkonstruksi kembali untuk melahirkan citra penari sebagai ikon kota yang berbau mistis, aktivitas ritual yang terus dijaga hingga sampai saat ini.

2. Bus Hantu Bekasi-Bandung

Cerita Horor
Sumber Gambar: hot.liputan6,com

 

Kali ini adalah kisah yang berasal dari  akun Instagram milik Habibi bernama @hebosto. Cerita mistis ini dijamin dapat membuat orang-orang was-was jika hendak menaiki bus pada malam hari.

 

Bermula ketika Habibi tak kunjung ditagih ongkos naik bus oleh kondektur yang membuatnya curiga. Kecurigaannya pun bertambah ketika melihat penumpang sekelilingnya berwajah pucat dan tak menjawab satupun pertanyaan yang ia lontarkan.

 

Pada akhirnya, ia pun memutuskan untuk turun dari bus tersebut, karena ia merasa ada hal yang aneh dan tidak beres, ditambah pada bus tua yang ia naiki terdapat kemasan minuman jadul yang sudah tidak diproduksi lagi.

 

Setelah turun dari bus tersebut ia merasa gatal dan sulit hilang selama berhari-hari. Meskipun begitu, ia bersyukur berhasil turun dan selamat dari bus yang menyeramkan itu.

3. Kisah Lubang Buaya, Jakarta

Cerita Horor
Sumber Gambar: tribunnews.com

Barangkali kisah ini dapat dikategorikan sebagai cerita mistis nyata, mengingat terdapat peristiwa sejarah di dalamnya. 

 

Tanggal 1 Oktober 1965 menjadi  salah satu episode penting dalam sejarah modern Indonesia, karena  pada tanggal tersebut terjadi peristiwa yang selama masa pemerintahan Orde Baru dinamai “Pengkhianatan Gerakan 30 September (G30S/PKI)”.

 

Sebuah peristiwa yang menandai padamnya rezim Soekarno dan munculnya rezim Soeharto. Kejadian ini diikuti dengan pembunuhan massal ratusan ribu atau mungkin jutaan orang PKI, serta orang-orang yang dilabeli Komunis, atau yang punya hubungan dengan Komunis. 

 

Peristiwa berdarah G30S/PKI turut membuat tujuh orang jenderal gugur di masa itu. Jenderal-jenderal tersebut dibunuh, lalu jasadnya dikubur ke dalam sebuah lubang sempit di Cipayung, Jakarta Timur yang bernama Lubang Buaya.

 

Atas kejadian tersebut, hingga kini Lubang Buaya menjadi tempat yang memiliki nuansa seram. Menurut masyarakat sekitar, sering terjadi penampakan pada malam hari berupa tentara yang wajahnya berlumuran darah. 

4. Hantu Mister Gepeng

Cerita Horor
Sumber Gambar: wartabromo.com

Generasi 90an pasti tahu cerita hantu tentang Mister Gepeng ini. Mari bernostalgia dengan cerita hantu yang satu ini, walaupun saat ini kepopulerannya sudah mulai meredup. 

 

Terdapat beberapa versi cerita seputar Mister Gepeng ini. Yang pertama mengatakan bahwa Mister Gepeng adalah seorang pengusaha kaya raya yang tewas karena terjepit di dalam lift rumah sakit.

 

Versi lainnya mengatakan bahwa Mister Gepeng tewas karena terlindas buldoser. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Mister Gepeng adalah seorang dokter yang tewas.

 

Mitos tentang Mister Gepeng memang bermacam-macam. Pada intinya, Mister Gepeng adalah orang yang tewas dalam keadaan tubuh gepeng dan berlumuran darah.

5. Pulau Seram Alas Purwo, Banyuwangi

Cerita Horor
Sumber Gambar: anekatempatwisata.com

Sekilas tidak ada yang aneh dengan Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur ini, tetapi tempat ini sering dianggap sebagai tempat yang horor dan identik dengan mistis.

 

Barangkali anggapan itu berlandaskan dari fakta bahwa kawasan ini adalah tanah tertua di Pulau Jawa. Selain itu, di pulau ini terdapat makam Gandrung yang biasa dijadikan tempat ritual.

 

Terdapat pula cerita mistis yang berkembang di masyarakat berupa bagi siapa saja yang masuk ke kawasan tersebut tidak akan bisa keluar lagi. Kawasan yang dimaksud adalah kawasan terlarang yang ada di pulau tersebut.

Kira-kira itulah beberapa cerita horor yang populer di Indonesia. Apakah cerita tersebut sukses membuatmu ngeri? Jika kamu memiliki keberanian yang tinggi, kamu juga bisa mengunjungi tempat seram di Indonesia di 3 Tempat Wisata Paling Seram di Indonesia

 

Referensi

 

Damm, Muhammad. (2017). Lubang Buaya, Kuburan Para Pahlawan: Abjeksi dalam Historiografi Peristiwa 1 Oktober 1965. ANTROPOLOGI INDONESIA, No. 2, 105-124.

 

Hasan, Nurul. (2020). KONSTRUKSI STIGMA MISTIS KOTA BANYUWANGI DALAM CERITA KKN DI DESA PENARI. Mubarrik: Jurnal Dakwah dan Sosial, 3(2), 139-156.

 

Millenial, Dukun. (2020). Mitos Hantu ‘Mister Gepeng’. Diakses pada 9 Oktober 2021 melalui kumparan.com

 

Leave a Reply